Allah Menuntun ke Dalam Seluruh Kebenaran

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Oleh: W. Widodo

Dahulu saat lulus SMA saya diterima masuk di salah satu Perguruan Tinggi Negeri terkenal, tetapi saya berniat untuk masuk Sekolah Teologia dan mengutarakan hal ini kepada ayah saya. Ayah saya memandang saya dan dengan kalimat yang lirih, dia menjawab, "Bapak tidak punya banyak uang, kamu sudah diterima di PTN bagus, dan Bapak tidak perlu setor banyak-banyak uang untuk sekolahmu karena Bapak tidak punya. Di PTN dan dalam profesi pun kamu bisa melayani Tuhan dan sesama."

Saya tahu benar bahwa ayah saya telah bekerja keras sebagai pegawai kantor biasa untuk menghidupi kami sekeluarga dan menyekolahkan kami anak-anaknya, dan kami pun bukan berasal dari keluarga berada, maka tanpa berdebat dengan ayah saya dan hal yang dikatakannya pun benar adanya, saya mengurungkan niat untuk bersekolah di Sekolah Teologia. Saya akhirnya tetap melanjutkan sekolah di PTN.

Sembari kuliah di PTN, saya tetap belajar pemahaman Alkitab tentang prinsip-prinsip dasar iman Kristen, gereja, pelayanan, dll.. Saya pun dengan menyisihkan uang bulanan saat kuliah mencoba rutin membeli buku-buku pemahaman Alkitab dan Kristen dari Penerbit Kristen. Demikian juga sekarang saat saya telah bekerja bidang profesi. Seluruh pemahaman Alkitab yang didapat saat sebagai mahasiswa dari Persekutuan Kristen yang baik, seluruh buku-buku juga Seminar Pembinaan Iman Kristen dari tahun ke tahun hingga saya sekarang telah bekerja, membekali saya untuk memahami dan melayani sesama, baik saat bekerja maupun di keluarga dan dalam pelayanan di gereja, dalam kehidupan sebagai seorang Kristen yang perlu beriman dan bertanggungjawab, dan untuk memuliakan Allah di seluruh segi kehidupan, tanpa terkotak-kotak bidang kehidupan tersebut.

Betapa banyak pelajaran dan pemahaman Alkitab yang sudah Tuhan Allah berikan dalam kehidupan saya, dan saya tahu bahwa itu adalah pengajaran dari Roh Kudus melalui semua "channel" yang Dia buka bagi saya.

Dalam seluruh pemahaman Alkitab yang saya telah pahami dan saya bagikan dan saya lakukan bagi sesama dalam pelayanan saya, tetap menjadi peringatan bagi saya tulisan Rasul Paulus yg diilhami Roh Kudus, demikian ...

1 Timotius 4:16 (TB)
Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Maka, kembali saya teringat untuk belajar teologia tetapi anak-anak saya masih kecil dan membutuhkan sekolah. Mereka memerlukan lebih daripada saya. Maka saya mencoba browsing untuk mengetahui apa yang saya bisa lakukan agar dapat belajar lebih jauh lagi tentang teologia sebagai "kaum awam". Lalu terbukalah situs PESTA. Saya mencoba membuka dan memahami apa Situs PESTA tersebut. Setelah mencoba memahami Situs PESTA, maka saya mengambil keputusan untuk menjadi peserta DIK. Selain untuk belajar lebih jauh tentang Alkitab di PESTA, saya pun memerlukan Allah melalui pihak lain yg dapat dipertanggungjawabkan, yaitu PESTA, untuk menolong "menjernihkan" atau "mentera ulang" pemahaman Alkitab yang ada pada saya ke arah yg benar sesuai isi Alkitab, melalui diskusi-diskusi, melalui penjelasan dari moderator atau pun rekan-rekan peserta DIK.

Puji Tuhan. Betapa saya bersyukur, telah dipertemukan oleh Tuhan kepada PESTA, sebagai "hamba Allah" melalui cara "digital" untuk belajar Alkitab lebih jauh. Betapa banyak hal yg masih perlu saya pahami tentang Allah, Yesus Kristus dan kehidupan. Tapi saya tahu, bahwa Allah melalui pimpinan Roh Kudus di dalam saya ...

Yohanes 14:17 (TB)
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia MENYERTAI kamu dan akan diam di dalam kamu.

Dan kepada saya, DIA akan terus...

Yohanes 14:26 (TB)
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan MENGAJARKAN segala sesuatu kepadamu dan akan MENGINGATKAN kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 16:13 (TB)
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan MEMIMPIN kamu KE dalam SELURUH KEBENARAN; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan MEMBERITAKAN kepadamu hal-hal yang akan datang.

TERPUJILAH ALLAH TRITUNGGAL!

Komentar