Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

BLOG PESERTA KELAS PIR MEI/JUNI 2020

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Aan Yahya

Walaupun saya tidak terlibat dalam kepengurusan pemuda/remaja di gereja, tetapi dari diskusi ini, saya mendapatkan banyak tambahan pengetahuan yg ril, yg dapat saya terapkan ke anak-anak saya, apalagi dengan kondisi pandemi dan pasca pandemi (new normal), yg lebih membutuhkan perhatian lebih dalam pembinaan iman remaja. Bukan hanya harus menjalankan protokol kesehatan, menurut ketentuan pemerintah, tetapi protokol kebenaran Firman juga harus dijalankan dalam hidup ini sehingga anak remaja "zaman now" yg terbiasa dengan IT/gadgetnya tidak menjadikan IT/gadgetnya sebagai "berhala" modern dalam hidupnya. Tetapi menggunakan IT/gadgetnya untuk menunjang pertumbuhan iman mereka, perkembangan pengetahuan, atau hal-hal yg positif lainnya, yg pada akhirnya dapat memuliakan Tuhan dalam hidup anak remaja itu.

2. Fince

Puji Tuhan untuk kesempatan yang saya bisa dapatkan untuk mengikuti kelas PESTA diskusi PIR. Di mana pada tahun ini saya dipercayakan untuk mengambil bagian dalam pelayanan untuk kelas Tunas Remaja di gereja. Melalui diskusi ini, saya bisa mendapatkan pemahaman-pemahaman baru terutama hal-hal yg dibutuhkan oleh anak-anak remaja, di mana pada masa ini mereka mengalami perubahan fisik dan hal-hal lain yang membutuhkan dukungan dan perhatian dari orang tua dan pembina rohani mereka.

3. Harlinton

Dengan adanya kelas PIR ini, saya semakin paham terhadap kebutuhan mental dan kerohanian remaja, yang perlu mendapatkan perhatian dan pendampingan yang prioritas. Ini menjadi bekal saya nanti ketika mendidik dan mendampingi proses tumbuh kembang anak saya. Mendidik dan mendampingi remaja dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya sangatlah urgen untuk dikenalkan terhadap pribadi Kristus yang harus menjadi idol bagi remaja. Sehingga pengajaran tentang iman Kristen tidak dipandang dari siapa yang menyampaikannya tetapi kepada pribadi Kristus yang diberitakan. Shalom.

4. Idul

Saya percaya bahwa jika gereja tidak memperhatikan dan membina para remaja untuk mengerti bagaimana mengikut Tuhan maka gereja akan kehilangan generasi. Gereja yang tidak memuridkan dan memperlengkapi para remaja akan menjadi gereja yang pincang. Oleh karena itu melalui kelas PIR ini saya kembali diingatkan betapa penting dan urgennya mengenai pembinaan anak remaja. Tuhan kiranya menolong semua pembina dan pemimpin gereja agar dapat memperkokoh pembinaan anak remaja.

5. Jefri Kamlasi

Saya mengucap syukur dan terima kasih banyak kepada tim PESTA yang sudah memfasilitasi untuk lebih lagi belajar teologi khusus untuk topik PIR bagi kami melalui diskusi di grup ini. Tuhan kiranya memberkati pelayanan tim PESTA sehingga keharuman pengenalan akan Kristus sampai kepada lebih banyak orang lagi. Terutama bagi mereka yang lapar dan haus akan kebenaran Tuhan. Harapannya, model pembelajaran seperti ini dapat tetap dilangsungkan karena bagi saya banyak sekali manfaatnya. Terima kasih banyak.

6. Lina Kusuma Wati

Sudah lama saya ingin ikut PESTA. Tetapi terkendala dengan sarana. Tahun 2017 Saya didiagnosa ada penyempitan di pembuluh jantung koroner. Saya ingin kalau sembuh bisa ikut PESTA. Tuhan menjawab doa Saya. Ditambah lagi Tuhan menyediakan sarananya juga. Dan bukan kebetulan sewaktu saya ikut temanya tentang Pembinaan Iman Remaja. Saya sungguh bersyukur, semua karena kasih karunia-Nya.

7. Nanang Trimanta

Kesaksian saya selama mengikuti kelas PIR ini adalah mendapat berkat, pemahaman, hikmat dari dasar firman Tuhan tentang pentingnya pembinaan remaja. Pengalaman-pengalaman dari para peserta dan pembimbing diskusi sangat bagus. Memperkaya wawasan dan membuka hal hal yang baru terkait pembinaan remaja Kristen khususnya di era dan kondisi sekarang ini juga untuk mengantisipasi ke depannya. Bagi saya yang tidak terlibat langsung dalam pelayanan remaja, materi ini tetap penting dan bermanfaat minimal bagi keluarga, anak, keponakan, atau anak dari teman kerja atau gereja. Saya percaya jika ada kemauan untuk mau menjadi berkat bagi sesama, Tuhan pasti buka jalan.

8. Pricilia

Banyak pelajaran yang saya dapatkan. Lewat kelas ini saya bisa tahu pentingnya pembinaan remaja. Setiap komentar-komentar dan percakapan diskusi dalam forum ini semakin mempertajam sekaligus mendorong saya untuk mengerti dan menerapkan panggilan, membawa generasi ini kepada Kristus. Zaman terus berubah tapi Injil Kristus tetap untuk selama-lamanya.

9. Ryanti

Dengan adanya kelas PIR ini saya mulai mengerti kebutuhan mental atau sikap serta kerohanian para remaja yg memang perlu kita arahkan atau membina mereka berdasarkan kasih dan firman Tuhan. Selain itu, melalui kelas diskusi ini banyak hal baru yg saya peroleh khususnya ketika menjadi mentor yg modern. Tanpa mereka, merasa seperti menjadi guru tetapi menjadi sahabat bagi anak-anak remaja.

10. Sedison

Sejujurnya saya sedikit ragu ketika akan mengikuti kelas ini. Namun, setelah kurang lebih 2 bulan mengikuti kelas ini, secara pribadi saya bisa merasakan dan menikmati berkat Tuhan dalam mempersiapkan saya sebagai seorang pendidik dan pembina remaja melalui materi dan diskusi yang dilakukan di kelas ini. Saya sangat terkesan dengan keberadaan kelas ini, saya melihat kerinduan para anak-anak Tuhan yang sungguh luar biasa dalam mempersiapkan para remaja dengan lebih baik melalui kelas ini. Saya merasa menjadi lebih bergairah melakukan pembinaan karena saya melihat dan merasakan bahwa Tuhan memakai banyak orang dalam pelayanan remaja saat ini.

11. Sigit

Saya senang sekali dapat mengikuti kelas Pembinaan Iman Remaja (PIR) ini. Saya mendapatkan banyak "insight" mengenai bagaimana pola pembinaan iman para remaja di berbagai tempat. Saya juga memperoleh pengetahuan dan kesaksian bagaimana membina iman para remaja melalui berbagai metode dan kegiatan belajar. Teman teman di kelas PIR ini banyak yang aktif. Respons terkadang panjang kali lebar, berderai-derai, tapi membuat diskusi semakin asyik. Terima kasih banyak buat teman-teman sekelas, buat para moderator yang sabar membimbing kami dan Pak Kusuma Ks yang sangat setia dan tekun melayani kami. Terima kasih buat PESTA yang menolong saya sehingga saya jadi belajar mengenal Tuhan Yesus lebih dalam dan lebih dalam lagi. Biarlah segala puji dan hormat hanya bagi Tuhan Yesus. Amin.

12. Siska Yunita

Selama mengikuti kelas PIR ini membuka wawasan saya mengenai berbagai sisi dari kehidupan perkembangan anak remaja, yang tidak mudah dipahami karena adanya "generation gap" antara kita sebagai orang tua dan anak remaja kita. Karena itu materi yg disajikan dalam modul PIR ini sangat membantu untuk dapat lebih mengerti remaja dari berbagai sudut pandang dan membahas mengenai hal-hal yg cukup "update" untuk masa sekarang. Kiranya Tuhan Yesus memberkati pelayanan tim PESTA dengan lebih lagi.

13. Tri Sadono

Selama mengikuti kelas PIR ini, saya menjadi lebih memahami tentang pengertian pembinaan iman remaja, tujuan pembinaan iman remaja. Selain itu, kelas ini juga mempelajari tentang pembinaan iman remaja dalam Perjanjian Lama, pembinaan iman remaja dalam Perjanjian Baru, dan pembinaan iman remaja menurut Yesus. Di dalam pembinaan iman remaja, kita juga harus mengetahui karakteristik remaja, kebutuhan remaja, masalah remaja, kurikulum pembinaan iman remaja, metode pelayanan pembinaan remaja. Pembinaan iman remaja sangat penting karena remaja juga mempunyai peran di dalam Gereja.

14. Yermia

Dengan mengikuti PESTA PIR, maka itu sangat berharga bagi saya, ditambah diskusinya akan saling melengkapi. Menjadi tambahan bahan dan wawasan bagi saya dalam mengembangkan pembinaan bagi remaja dan juga bagi anak sendiri.
Terlebih di suasana sekarang yg masih adanya COVID-19, remaja harus tetap diisi kegiatan pembentukan iman remaja dengan cara online, saya mencoba untuk mengembangkan hasil belajar PIR ini dan diskusi yg diperolehnya. Terima kasih untuk bimbingan dari Bapak dan ibu Moderator, Admin PESTA yg telah memfasilitasi saya dari awal hingga selesai. Tuhan lah yg ganti membalas dengan berkat berkelimpahan.