Tentang Kami

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Loading

VISI & MISI PESTA ONLINE

DAFTAR ISI

  1. Latar Belakang
  2. Visi dan Misi
  3. Pengakuan Iman
  4. Daftar Kursus
  5. Metode Belajar
  6. Persyaratan Peserta
  7. Sertifikat
  8. Badan Pendiri


I. Latar Belakang

Berkembangnya pemakaian jasa internet untuk pelayanan pekerjaan Tuhan merupakan suatu lahan baru dan peluang baru bagi kemajuan pekerjaan Injil. Hal ini merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga untuk dipergunakan dengan baik. Selain memberikan kemudahan berkomunikasi, pelayanan melalui media internet juga menolong masyarakat Kristen untuk melayani pekerjaan Tuhan di ladang yang lebih luas lagi.

Dunia pendidikan teologi Kristen merupakan salah satu ladang pelayanan yang belum digarap secara maksimal. Selama ini pendidikan teologi masih menjadi monopoli calon-calon hamba Tuhan purna waktu. Dengan kemudahan yang didapat dari layanan media internet, maka kemungkinan untuk melayani masyarakat Kristen awam dengan pendidikan teologi menjadi semakin terbuka lebar. Dari latar belakang inilah PESTA didirikan dan diselenggarakan.

Ke Atas


II. Visi dan Misi

Dengan dasar keyakinan bahwa pendidikan teologia alkitabiah adalah untuk semua orang Kristen, maka PESTA memiliki visi untuk memperlengkapi orang Kristen awam dengan pendidikan teologia agar mereka semakin mengerti dan memahami panggilan hidupnya sebagai orang Kristen yang ditempatkan Tuhan dalam dunia pekerjaan di mana mereka berada.

Dengan melihat visi di atas, PESTA diharapkan dapat menjadi partner gereja dalam menjalankan tugas dan panggilannya, yaitu membangun jemaat yang dewasa dan misioner di dalam Tuhan. Oleh karena itu, misi PESTA dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Memberikan pendidikan teologia alkitabiah kepada masyarakat Kristen awam untuk tujuan pendewasaan iman.
  2. Menolong masyarakat Kristen awam untuk dapat memberikan pertanggungjawaban akan iman kepercayaannya sebagai saksi Kristus dimana mereka dipanggil dan ditempatkan.
  3. Menciptakan situasi yang kondusif untuk belajar dalam kehangatan persekutuan dengan saudara-saudara seiman dari berbagai tempat dan latar belakang.
  4. Mendorong masyarakat Kristen awam untuk membangun atau mempertajam pengaruh nilai-nilai Kristen dalam setiap aspek budaya dimana mereka melibatkan diri sehingga nama Tuhan dimuliakan.

Ke Atas


III. Pengakuan Iman PESTA

  1. Percaya bahwa Alkitab (Perjanjian Lama dan Baru) adalah Firman Tuhan yang memegang otoritas tunggal, tertinggi, dan mutlak bagi iman dan kehidupan.

  2. Percaya bahwa Allah adalah Esa, sebagai Pencipta, Penguasa, dan Pemelihara alam semesta beserta isinya; dan Ia adalah Allah Tritunggal, sebagai Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus, sehakikat dan setara dalam kuasa dan kemuliaan-Nya.

  3. Percaya bahwa Yesus Kristus adalah Allah Sejati dan Manusia Sejati; sebagai Putra tunggal Allah yang menjadi Penebus dan Penyelamat satu-satunya bagi umat manusia.

  4. Percaya bahwa Roh Kudus adalah Allah yang hidup; sebagai Oknum yang melahirbarukan manusia berdosa dan juga sebagai Iluminator yang menerangi hati, pikiran, dan perasaan manusia untuk mengerti dan menjalankan Firman-Nya.

  5. Percaya bahwa manusia yang diciptakan sebagai peta dan gambar Allah telah jatuh ke dalam dosa sehingga terpisah dari Allah dan kehilangan kemampuan untuk mengenal Dia dengan benar. Namun oleh anugerah Allah saja manusia diselamatkan dan diangkat menjadi anak-anak Allah untuk dimampukan kembali menjalankan hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

  6. Percaya bahwa Gereja yang kudus dan am adalah Tubuh Kristus di dunia dengan Kristus sebagai Kepala Gereja, yang memiliki panggilan dan misi sebagai saksi-Nya di dunia untuk memberitakan Injil dan ketuhanan Kristus.

  7. Percaya bahwa Yesus Kristus akan datang untuk kedua kalinya di dunia seperti yang dikatakan oleh Alkitab, untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Ke Atas


IV. DAFTAR KURSUS PESTA

Peserta PESTA dapat memilih dan mengikuti berbagai kursus yang disajikan sesuai dengan yang diinginkan. Namun demikian, untuk memberikan keseimbangan dalam seluruh rancangan garis besar program studinya, PESTA akan menyajikan kursus-kursus (pelajaran) sesuai dengan pembagian yang dipakai dalam Ilmu Teologia, yaitu meliputi:

  1. Kursus-kursus dalam Bidang Teologi Sistematika
    (Pelajaran tentang Doktrin-doktrin Iman Kristen)

  2. Kursus-kursus dalam Bidang Teologi Biblika
    (Pelajaran tentang Pengantar Kitab-kitab dalam Alkitab dan Penafsiran Alkitab)

  3. Kursus-kursus dalam Bidang Teologi Praktika
    (Pelajaran tentang Aplikasi Prinsip-prinsip Iman Kristen dalam Berbagai Bidang Kehidupan)

  4. Kursus-kursus dalam Bidang Teologi Historika
    (Pelajaran tentang Sejarah Gereja Umum dan Khusus dan Tokoh- tokohnya serta Sejarah Dogmatika)

Bahan-bahan kursus dapat Anda baca dan juga download di bagian KURSUS

Ke Atas


V. Metode Belajar

PESTA menerapkan sistem belajar yang menekankan pada keaktifan peserta. Dengan bahan dan alat-alat bantu yang cukup, PESTA diharapkan dapat mengembangkan kemandirian belajar peserta (independent study). Dengan bahan-bahan yang tersedia peserta diarahkan untuk banyak melakukan penelitian sendiri dengan melakukan konsultasi dengan bahan-bahan tersebut. Pembimbing/ Tutor hanya akan melayani jika peserta mengalami kesulitan dengan bahan yang dipelajari.

Bahan/Buku/Referensi dan alat-alat bantu lain yang disediakan akan diambil dari:

  1. Program SABDA (Software Alkitab Biblika Dan Alat-alat) -- kerjasama dengan Yayasan Lembaga SABDA - Divisi Software yang menyediakan program SABDA. Untuk keterangan lebih lanjut peserta dalam mengunjungi alamat Situs berikut ini: Software SABDA
  2. Beberapa buku teologia yang tersedia di toko buku Kristen. Untuk itu disarankan agar peserta dapat membeli buku-buku tersebut.

Ke Atas


VI. Persyaratan Peserta

Peserta PESTA adalah setiap orang Kristen (interdenominasi) yang rindu untuk belajar Firman Tuhan dan rindu bertumbuh menjadi murid Kristus yang setia. Untuk mengikuti program PESTA ini peserta tidak akan dipungut biaya apa pun (GRATIS).

Agar peserta dapat mengikuti kursus dengan baik, maka peserta perlu membaca PETUNJUK mengerjakan kursus dengan teliti.

Ke Atas


VII. Sertifikat


Bagi peserta yang lulus Anda berhak mendapat sertifikat non-gelar dari Yayasan Lembaga SABDA sebagai penyelenggara PESTA. Sertifikat akan dikirimkan ke alamat peserta masing-masing lewat pos. Untuk peserta yang berada di luar Indonesia, kami akan buat sertifikat dalam bentuk pdf dan akan kami kirimkan lewat email (attachment).


Kriteria peserta yang berhak mendapatkan sertifikat:


  1. Telah lulus kelas tertulis dengan nilai rata-rata diatas: 50

  2. Telah lulus kelas diskusi dengan predikat cukup aktif.

  3. Telah mengumpulkan Formulir Evaluasi yang telah diisi.

[[Catatan: berbeda dengan kelas-kelas DIK sebelumnya, mulai kelas DIK 2006 ini hanya peserta yang mendapat nilai rata-rata di atas 50 dan yang cukup aktif di kelas diskusi yang akan mendapat sertifikat.]]

Ke Atas


VIII. Badan Pendiri

PESTA berdiri dan terselenggara berkat kerjasama dari:

In-Christ.Net (Indonesian Christian Network)
YLSA (Yayasan Lembaga SABDA)

I-KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network)

Yayasan/Organisasi Lain
(Penyedia bahan-bahan)

1. Kursus Alkitab Tromolpos Immanuel, Tromol Pos 221, Salatiga

2. Kursus Tertulis Jalan Kebenaran, Lembaga Baptis, 2003

Ke Atas

Komentar