Komentar

Akibat dari Dosa yang Pertama

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Dosa manusia yang pertama membawa akibat sebagai berikut:

1. Segera mengikuti dosa yang pertama adalah kerusakan total dari natur manusia. Dosa manusia segera merambat pada seluruh manusia dan seluruh naturnya tidak ada yang tidak tersentuh dosa; seluruh tubuh dan jiwanya menjadi dicemari dosa. Kerusakan manusia jelas dikatakan oleh Alkitab, misalnya dalam Kej. 6:5; Mzm. 14:3; Rom. 7:18. Kerusakan total di sini bukanlah berarti manusia telah rusak serusak-rusaknya. Dalam kehendak kerusakan ini menyatakan dirinya sebagai ketidakmampuan spiritual.

2. Segera terkait dengan kerusakan total adalah hilangnya persekutuan dengan Allah melalui Roh Kudus. Keadaan ini adalah sisi balik dari kerusakan total itu sendiri. Keduanya dapat disatukan dalam suatu pernyataan bahwa manusia telah kehilangan gambar dan rupa Allah, yaitu kebenaran yang hakiki. Manusia memutuskan hubungan dari sumber hidup dan berkat, dan hasilnya adalah suatu keadaan kematian rohani. Ef. 2:1,5,12; 4:18.

3. Perubahan keadaan manusia yang sesungguhnya juga tercermin dalam kesadaran dirinya. Mula-mula ada suatu kesadaran dalam kekotoran, yang kemudian terungkap dalam rasa malu, dan juga terlihat dalam hal bagaimana Adam menutupi ketelanjangannya. Dan, kemudian ada kesadaran tentang rasa bersalah yang terlihat dalam rasa takut kepada Allah.

4. Bukan saja kematian rohani, tetapi kematian jasmani juga disebabkan oleh dosa manusia yang pertama ini. Dari suatu keadaan posse non mori manusia turun menjadi non posse non mori. Setelah berdosa, maka manusia harus kembali kepada debu dari mana dia diambil (Kej. 3:19). Paulus mengatakan bahwa oleh karena satu orang maka dosa masuk ke dalam dunia dan terus diturunkan pada semua manusia (Rom. 5:12) dan upah dosa adalah maut (Rom. 6:33).

4. Perubahan ini juga menghasilkan perubahan tempat tinggal yang penting. Manusia diusir dari Taman Eden sebab taman itu melambangkan persekutuan yang dekat dengan Allah dan juga lambang dari hidup yang penuh dan berkat yang sedemikian besar yang disediakan bagi manusia, jika dia tetap teguh berpegang pada Allah. Dia diusir dari pohon kehidupan karena pohon itu adalah lambang dari hidup yang dijanjikan dalam perjanjian kerja.

Diambil dari:
Judul Buku : Teologi Sistematika; Doktrin Manusia
Judul Artikel : Akibat dari Dosa yang Pertama
Penulis : Louis Berkhof
Penerbit : Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1994
Halaman : 95-96
Kategori: 
Taxonomy upgrade extras: