PDA- Pelajaran 05

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Nama Kelas : Pengantar Doktrin Alkitab
Nama Pelajaran : Sifat-sifat Alkitab (2)
Kode Pelajaran : PDA-P05


Pelajaran 05 -- SIFAT - SIFAT ALKITAB (2)

Daftar Isi

V. Sifat-sifat Alkitab (2)

  1. Keharusan (Necessity)
    1. Pengertian/Definisi
    2. Bukti-Bukti Keperluan Mutlak Alkitab
  2. Kecukupan (Sufficiency)
    1. Pengertian/Definisi
    2. Bukti-Bukti Kecukupan Alkitab di Dalam Alkitab
  3. Tidak Pernah Gagal dalam Maksudnya (Efficacy)
    1. Pengertian/Definisi
    2. Bukti-Bukti di Dalam Alkitab
  4. Kesatuan (Unity)
    1. Pengertian/Definisi
    2. Alkitab adalah "Unik"

Doa

PELAJARAN 05 : Sifat-sifat Alkitab (2)

A. Sifat-sifat Alkitab (Lanjutan)

  1. Keharusan (Necessity)
    1. Pengertian/Definisi
    2. Keharusan Alkitab berarti bahwa Alkitab benar-benar diperlukan secara mutlak untuk mengenal Kristus supaya kita dapat diselamatkan. Hanya Alkitablah yang memberitakan kebenaran Kabar Baik (Injil) tentang Kristus (Roma 1:16). Penekanannya bukan pada keperluan mengenal sifat-sifat umum Allah, melainkan secara khusus untuk mendengar Injil dan menerima kelahiran baru sehingga rohnya menjadi hidup untuk mampu merespons karya keselamatan Kristus.

      Kesimpulan: Alkitab adalah Firman Allah yang menjadi satu-satunya sumber untuk manusia menerima Injil Kristus, yang mempunyai kuasa untuk menyelamatkan. Karena itu manusia harus membaca Alkitab atau mendengar dari orang lain, pemberitaan Firman-Nya.

    3. Alkitab sangat perlu untuk kelangsungan kehidupan rohani orang yang sudah diselamatkan.
    4. Pemeliharaan Allah secara rohani akan terus berlangsung sepanjang hidup orang yang telah diselamatkan melalui makanan rohani, yaitu Firman Tuhan yang telah Allah siapkan melalui Alkitab. Dalam Firman-Nya inilah orang percaya mengetahui karakter Allah dan hukum-hukum moral Allah sehingga mereka dapat hidup menyenangkan Allah.

    5. Alkitab diperlukan untuk mengetahui kehendak Allah.
    6. Hanya melalui Alkitab, yaitu Firman Allah maka orang yang sudah diselamatkan dapat mengetahui kehendak Allah. Tanpa Alkitab tidak mungkin orang tahu bahwa Allah ada, sehingga tidak mungkin mereka dapat mengenal Allah dan kehendak-Nya. Allah telah memberikan seluruh apa yang diperlukan orang percaya untuk hidup melalui Alkitab supaya mereka dapat hidup sesuai dengan kehendak Allah.

    7. Bukti-Bukti Keperluan Mutlak Alkitab
    8. - Roma 10:13-17: Agar manusia dapat diselamatkan, mereka harus mendengar firman Injil Yesus Kristus.
      - Kisah Para Rasul 4:12: Tidak ada keselamatan di luar Kristus.
      - 1 Timotius 2:5-6: Tidak ada Pengantara lain selain Yesus Kristus untuk menjadi Pendamai antara manusia dengan Allah.

  2. Kecukupan (Sufficiency)
    1. Pengertian/Definisi
    2. Kecukupan Alkitab memiliki arti bahwa Alkitab cukup memberikan semua jawaban yang dibutuhkan oleh orang percaya untuk keselamatan dan hidup dalam keselamatannya, sehingga tidak diperlukan lagi tambahan "penyataan" lain di luar Alkitab. Dengan demikian, kita percaya bahwa Alkitab adalah firman Allah yang diperlukan oleh manusia untuk menemukan keselamatan dan hidup dalam keselamatan itu.

    3. Alkitab memberikan semua topik yang akan menjawab semua kebutuhan orang percaya.
    4. Alkitab bukanlah buku kuno yang hanya berlaku pada zaman dahulu. Allah yang Mahatahu dan Mahabenar adalah Penulis Alkitab. Dia sudah tahu apa yang sudah terjadi dan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang bahkan sampai masa kesudahan nanti. Karena itu, Firman-Nya yang kekal akan berlaku sampai selama-lamanya.

    5. Bukti-Bukti Kecukupan Alkitab di Dalam Alkitab
    6. Beberapa ayat di bawah ini menyatakan berbagai bukti kecukupan Alkitab.

      - 2 Timotius 3:15-17
      - Yakobus 1:18
      - 1 Petrus 1:23
      - Wahyu 22:18,19

  3. Tidak Pernah Gagal dalam Maksudnya (Efficacy)
    1. Pengertian/Definisi
    2. Maksud dan tujuan Alkitab adalah memberikan berita tentang Allah dan rencana keselamatan-Nya kepada manusia. Dalam menyampaikan beritanya ini, Alkitab tidak pernah gagal mencapai maksudnya, baik untuk orang yang akan menerima keselamatan ataupun untuk mereka yang akan menolak kebenaran Alkitab. Untuk orang yang akan diselamatkan, firman Allah memberikan damai sejahtera dan hidup yang kekal, untuk orang yang akan menolak firman-Nya, Allah menyatakan keadilan-Nya dengan menghukum mereka ke dalam nyala api selama-lamanya.

    3. Bukti-Bukti Dalam Alkitab
    4. Yesaya 55:11: Firman Allah tidak pernah kembali dengan sia-sia.

  4. Kesatuan (Unity)
    1. Pengertian/Definisi
    2. Alkitab memunyai satu kesatuan isi dan berita, yaitu Allah yang menyatakan diri kepada manusia dalam diri Tuhan Yesus Kristus. Walaupun terdapat 66 kitab dalam Alkitab, berita Alkitab adalah satu yaitu rencana keselamatan Allah bagi manusia yang telah jatuh ke dalam dosa. Ada satu benang merah yang menghubungkan keseluruhan berita yang disampaikan dalam Alkitab dengan pusatnya ada pada Kristus (Christo-centris).

    3. Alkitab adalah "Unik"
    4. Kesatuan Alkitab menunjukkan bahwa Alkitab berbeda dari kitab-kitab yang lain, sangat unik. Mengapa? Berikut ini adalah daftar yang membuktikan bahwa Alkitab itu sangat unik.

      - Satu-satunya kitab yang ditulis dalam jangka waktu 1600 tahun dan melibatkan kisah dari 60 generasi.
      - Ditulis oleh kurang lebih 40 penulis dari berbagai kalangan (raja, nabi, nelayan, penulis puisi, orang kaya, petani, ahli filsafat, negarawan, ahli politik, gembala, militer, dokter, dsb.).
      - Ditulis di tempat-tempat yang berbeda (di penjara, di padang belantara, di bukit, di istana, di pulau terpencil, dsb.).
      - Ditulis dalam zaman, waktu, tempat (tiga benua), dan keadaan yang berbeda-beda.
      - Ditulis dalam tiga macam bahasa (Ibrani, Aramic, Yunani).
      - Buku yang paling jujur menceritakan semua kebaikan dan kejelekan sifat manusia.
      - Buku yang berisi nubuatan dan yang kebenaran nubuatannya sudah terbukti.
      - Alkitab juga adalah buku yang dapat bertahan melalui waktu, penganiayaan, kritikan, pengrusakan, dll..
      - Alkitab adalah satu-satunya buku yang dicetak paling banyak dan diterjemahkan ke dalam jumlah bahasa yang paling banyak, dan sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia.
      - Mempunyai pengaruh luar biasa karena orang berdosa dapat diubahkan menjadi orang yang tidak berdosa dan berbalik hidup bagi Allah.

Penutup

Demikianlah isi modul Pengantar Doktrin Alkitab (PDA). Disebut pengantar karena pelajaran ini baru memberikan bagian awal dari hal-hal penting tentang Alkitab. Karena itu, modul ini perlu dilanjutkan dengan modul selanjutnya yaitu Doktrin Alkitab Lanjutan (DAL). Silakan melengkapi modul ini dengan mengunduhnya di situs peseta.org.

Akhir Pelajaran (PDA-P05)

DOA

"Tuhan yang baik, kami rindu agar Engkau membuka hati kami agar kami dapat mengasihi Engkau khususnya dapat selalu merenungkan jalan-jalan-Mu yang ada dalam firman-Mu. Amin."

Taxonomy upgrade extras: