Komentar

Testimoni Peserta Kelas Bedah Natal Menurut Lukas 2

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Ana Ariesanita

Bersyukur saya berkesempatan mengikuti BNM_Lukas yang difasilitasi SABDA MLC. Saya merasa terberkati dengan materi dari BNM_Lukas yang terkonsep sehingga saya mendapatkan banyak pemahaman yang baru dari setiap pembedahan ayatnya, khususnya berkaitan dengan Natal. Selama mengikuti BNM_Lukas di kelas, saya bisa belajar dengan diskusi bersama teman-teman. Bagaimana dari teman saling menguatkan, memberi masukan, dan mendukung sehingga diskusi bisa berjalan baik dan menjadi berkat.

Bagi saya, ringkasan dari Injil Lukas 1 - 2 menuliskan peristiwa yang penting, yaitu bagaimana Bapa merelakan untuk mengorbankan Anak-Nya, dan Yesus mau melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikannya. Harapan saya untuk kelas MLC berikutnya: MLC ke depan dapat menjangkau lebih banyak jiwa yang haus dan lapar akan kebenaran firman Tuhan, menjadi salah satu tempat orang menemukan jawaban yang berkaitan dengan firman, memberikan kekuatan, teguran, penghiburan bahkan pewahyuan yang baru dalam kehidupan pribadinya terutama dalam hubungan pribadinya dengan Allah. Akhirnya, saya sampaikan banyak terima kasih kepada moderator, Kak Andy, Ibu May, dan tim SABDA MLC yang sudah melayani di BNM_Lukas kelas 2 hingga selesai. Tuhan Yesus memberkati.

2. Andi Yunita

Senang sekali bisa bergabung dan bersama-sama melakukan penggalian Injil Lukas pasal 1 dan 2. Saaya diberkati dengan hasil penggalian teman-teman yang luar biasa, juga menambah, memperluas, dan meneguhkan hal-hal yang menjadi penggalian saya dan direspons oleh peserta yang lain. Mencari dari sumber-sumber lain seperti SABDA yang menjadi referensi, tentunya semakin memudahkan untuk mengerti isi dari Injil Lukas pasal 1 dan 2.

3. Fineke Aprini Umboh

Saya terberkati dengan adanya kelas ini, penggalian ayat-ayat dalam Lukas 1 dan 2 dihubungkan dengan PL memberikan pemahaman-pemahaman yang baru dan lebih dalam dari sebelum-sebelumnya. Lukas 1 dan 2 sebenarnya sudah dibaca berulang-ulang sebelumnya. Namun dengan menghubungkannya ke PL, ada hal-hal baru yang tersingkap. Hal ini juga mengungkapkan bahwa peristiwa demi peristiwa yang terjadi tidaklah berdiri sendiri, tetapi merupakan sebuah rangkaian sejarah yang sudah diatur sedemikian rupa oleh Pencipta.
Kelahiran Yesus menggenapi banyak nubuatan di PL. Hal ini juga menyatakan bahwa PL dan PB adalah sebuah rangkaian.

Aplikasi praktis setelah mengikuti kelas ini: saya mengucap syukur untuk kelahiran Yesus dan keselamatan yang Tuhan Yesus kerjakan. Keselamatan terjadi atas inisiatif Tuhan. Terima kasih banyak untuk tim SABDA yang bekerja keras bagi terlaksananya kelas ini. Terima kasih untuk moderator dan admin. Tuhan Yesus memberkati.

4. Floriche Binti Pichara

Pertama sekali, saya mau bersyukur kepada Tuhan kerana dengan campur tangan-Nya, saya dapat mengikuti kelas hingga selesai. Walaupun mengalami kesukaran untuk membahagikan masa, saya sangat berterima kasih pada admin kelas 2, sister May dengan komitmen yang tanpa jemu mengingatkan untuk melakukan tugasan. Berkat yang saya dapat ialah cara pandang yang baru mengenai cara untuk memahami sebuah kitab. Bukan hanya sekadar membaca sampai berulang-ulang sehingga boleh sampai tahap menghafal, tetapi yang lebih penting tujuan dari kitab tersebut. Contohnya kitab Injil. Walaupun ada 4 Injil yang menceritakan kelahiran, pelayanan, dan perjalanan hidup Tuhan Yesus sepanjang di dunia, tetapi setiap Injil memiliki kekuatannya sendiri yang membuat keempat Injil ini tidak boleh hanya dibaca salah satu atau dua darinya. Dan yang terpenting bahagian kitab Injil ini adalah penggenapan janji Allah yang telah dinubuatkan pada zaman nabi-nabi juga sangat selari dengan apa yang berlaku dalam Lukas 1 dan 2 ini. Terutama dalam nubuatan Yohanes Pembaptis dan Tuhan Yesus sendiri.

Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas: Membaca dan menelaah Alkitab sendiri itu sangat baik, tetapi lebih baik bila ada teman-teman yang ikut sama menelaah seperti di dalam kelas Bedah kitab Lukas ini kerana penggalian dan ulasan dari teman-teman lainnya membantu menambah pengetahuan dan pengertian dalam memahami sebuah teks. Ringkasan pribadi dari pelajaran Lukas 1 -- 2: Untuk memahami lebih lagi tentang kelahiran Tuhan Yesus, membaca petikan dari PL tentang nubuatan kelahiran Tuhan Yesus juga harus dibaca bersama untuk pemahaman yang lebih jelas. Harapan saya untuk kelas MLC seterusnya ialah supaya tetap meneruskan penggalian-penggalian seperti ini dan mungkin juga akan ada satu hari dalam sepanjang seminggu kelas diadakan, ada satu hari diperuntukan untuk beberapa minit/jam kelas secara Zoom untuk membuat diskusi lebih menarik.

Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas: Terus mempelajari dan mempraktikkan contoh iman dari watak-watak ayat galian kali ini, seperti iman Zakharia yang walaupun dia sendiri adalah imam yang menyelenggarakan kebaktian, tetapi sempat tidak percaya dengan perkataan Tuhan yang mengakibatkan hukuman bisu untuk satu tempo, tetapi akhirnya dia memuji kebesaran Allah dan rancangan-Nya. Juga iman Maria, yang walaupun muda bahkan hanya baru bertunangan, tetapi harus menghadapi kenyataan bahwa dia akan mengandung dari Roh Kudus. Berpikir mengenai keadaan diri dan pandangan orang lain kepadanya kelak, tetapi dengan rendah hati dia berkata biarlah hanya kehendak Tuhan saja yang terjadi dalam hidupnya. Iman seperti ini sungguh memberi inspirasi kepada saya untuk terus tetap meneguhkan iman percaya kepada Yesus.

Sekian dari saya. Terima kasih tim SABDA yang terus setia membuka kelas online kepada semua orang, bahkan melampaui negara. Saya sebagai rakyat Malaysia merasa sangat bertuah dapat turut serta dalam setiap kelas yang diadakan oleh SABDA, memandang di tempat kami belum ada lagi kelas online seperti ini. Tuhan Yesus memberkati.

5. Giovanni Pedro Aprista Pakpahan

Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas: Dari materi yang diberikan, saya diberkati dengan pengetahuan-pengetahuan tentang kelahiran Yesus menurut kitab Lukas yang sangat terperinci dan terkoneksi dengan yang ada di Perjanjian Lama.

Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas: Kesannya, kelas sangat aktif berdiskusi menimbulkan pemikiran-pemikiran dalam memperkaya wawasan. Ringkasan pribadi dari pelajaran Lukas 1 -- 2: Peristiwa kelahiran Yesus didahului dengan serangkaian tanda-tanda yang dinyatakan mulai dari Imam Zakharia, gembala, dan perjalanan Maria dan Yusuf yang sudah direncanakan sejak awal mula oleh Allah. Kelahiran Yesus adalah penggenapan janji Allah

Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Menjadi berkat dalam membahas topik-topik tertentu yang berisi doktrin kekristenan. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas: Saya akan selalu menyerahkan rencana dan kehidupan kepada Allah Sang Perencana yang setia.

6. Kornelius

Pertama-tama saya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah Bapa dalam nama Tuhan Yesus Kristus telah dapat belajar membedah sebagian firman-Nya di kitab Lukas. Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas: Saya sangat terberkati dari materi BNM_Lukas. Oleh kebaikan Allah melalui kelahiran Tuhan Yesus Kristus ke dunia menjadi bukti betapa besar kasih dan rahmat-Nya kepada saya.

Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas: Saya terkesan dengan pemaparan dan diskusi dari teman teman begitu memberkati saya. Ringkasan pribadi dari pelajaran Lukas 1 -- 2: Penggenapan janji Allah akan keselamatan di Perjanjian Lama telah digenapi di Perjanjian Baru melalui kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Dimulai dari kelahiran Yohanes yang menjadi tanda untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan Yesus dalam pelayanan-Nya ke dunia.

Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Semakin melengkapi saya untuk dapat belajar mengerti akan firman Tuhan. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas: Selalu mengucap syukur akan kasih dan rahmat-Nya serta belajar mewartakan Kabar Baik tentang kabar keselamatan.

7. Lucianna Cecilia

Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas: Saya mendapatkan kesempatan yang berharga, di mana saya diberi kesempatan untuk lebih dalam merenungkan firman Tuhan dan saya pun mendapatkan hal-hal baru dari hasil penggalian teman-teman. Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas: Bu Mei sangat sabar dan setia selalu mengingatkan saya untuk menyampaikan hasil penggalian saya sehingga di tengah aktivitas saya sehari-hari, saya menerima berkat lebih dengan membaca hasil penggalian teman-teman dan saya juga "dipaksa" untuk memikirkan ayat yang harus saya gali.

Rangkuman pribadi dari pelajaran Lukas 1-2: Saya kembali diingatkan akan besarnya kasih Allah pada manusia sehingga Allah mempersiapkan dengan sangat rapi agar manusia dapat menerima keselamatan dan manusia kembali dapat bersekutu dengan intim dengan Allah, merasakan kasih-Nya, damai, dan sukacita yang Allah anugerahkan kepada kita. Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Saya masih dapat mengikuti kelas MLC yang diadakan di tengah-tengah keterbatasan waktu saya.

Aplikasi praktis: Saya rindu memiliki hubungan yang intim dengan Allah dan selalu menikmati kasih-Nya dan damai-Nya dalam setiap langkah hidup saya sehingga saya dimampukan untuk menjadi berkat dan membawa jiwa-jiwa untuk datang kepada Allah.

8. Medi L. Sihombing

Bersyukur bisa ada dalam kelas ini dan menyelesaikannya. Di sini, saya diingatkan kembali bahwa apa yang sudah Tuhan janjikan itu digenapi melalui orang-orang yang terbuka hati dan dengan segala kepatuhannya untuk menggenapi setiap rencana mulia-Nya bagi kita. Sukacita Natal selalu akan ada dengan berbagai situasi kita, tetapi Natal sebenarnya adalah pengucapan syukur bagi janji keselamatan-Nya bagi kita. Terima kasih buat kelas. Walaupun saya tidak terlalu aktif, yang kebetulan selalu berbenturan dengan aktivitas saya. Terima kasih buat tim SABDA, Bu Mey yang selalu mengingatkan saya. Terima kasih ya. Sampai bertemu di kelas berikutnya. Terima kasih.

9. Mistin Pitasari

Saya sangat bersyukur bisa bergabung di program SABDA MLC ini. Membedah kelahiran Kristus dari kaca mata nubuatan di PL sungguh sangat spesial karena jarang sekali dilakukan. Dari Bedah Natal menurut Lukas ini saya sangat diberkati bahwa Allah kita sungguh "creator" yang luar biasa. Sejak manusia pertama jatuh dalam dosa, Allah sudah merencanakan keselamatan bagi semua umat manusia melalui Yesus Kristus. Kelahiran Kristus sudah dinubuatkan beribu-ribu tahun sebelumnya oleh para nabi dan digenapi dengan tepat.

Dari Bedah Natal ini, saya mendapatkan berkat bahwa Allah tidak akan melupakan janji-Nya, Allah sudah merancangkan segala hal dalam hidup kita, masa depan kita ada di dalam tangan-Nya. Allah sudah merencanakan karya keselamatan seluruh umat manusia melalui Yesus Kristus. Allah memberikan pengharapan dan kehidupan kekal. Yesus lahir di dunia untuk memperdamaikan hubungan kita yang berdosa dengan Allah Bapa, memberikan damai di hati kita, dan memperdamaikan kita dengan sesama.

Aplikasi praktis yang saya lakukan adalah memberitakan bahwa hanya Yesuslah jalan keselamatan, hanya Yesus yang bisa mengampuni semua dosa kita dan memberikan jaminan hidup kekal di surga. Kelahiran-Nya menjadi sukacita bagi semua orang. Selain itu, kita, saya juga harus bisa menjadi pembawa damai buat orang-orang di sekitar saya agar mereka bisa melihat bahwa Yesus ada dalam hidup saya. Harapan saya, terus maju buat SABDA MLC sebagai fasilitator untuk kami belajar Alkitab dengan benar. Terima kasih Bu Yulia dan semua tim SABDA, juga teman-teman di kelas-kelas diskusi.

10. Mudjiarti

Puji Tuhan! Bersyukur saya dapat berkesempatan mengikuti BNM_Lukas yang difasilitasi SABDA MLC. Saya merasa terberkati dengan BNM_Lukas yang diawali training dengan materi terkonsep dan tersusun, dan bisa mengerti dan saya mulai semangat bagaimana saya harus belajar Injil Lukas yang utama terkait dengan Natal. Selama mengikuti BNM_Lukas di kelas, saya bisa belajar dengan diskusi bersama teman-teman. Bagaimana dari teman saling menguatkan, memberi masukan, dan mendukung sehingga diskusi bisa berjalan baik dan menjadi berkat .

Bagi saya ringkasan dari Injil Lukas 1 - 2 menuliskan peristiwa yang penting adalah kelahiran Yohanes Pembaptis, yang nantinya akan mempersiapkan orang-orang untuk menerima Yesus. Harapan saya untuk kelas MLC berikutnya: MLC ke depan tetap ada kelas. Karena dalam kelas MLC inilah, saya bisa belajar menggali firman Tuhan yang sangat memberkati. Selanjutnya setelah saya belajar dari kelas BNM_Lukas, apa yang telah saya pelajari akan saya terapkan di mana saya dipercayakan membantu melayani Tuhan di sekolah Minggu kelas remaja. Akhirnya, saya sampaikan banyak terima kasih kepada moderator, Kak Andy, Ibu Mey, dan tim SABDA MLC yang sudah melayani di BNM_Lukas kelas 2 hingga selesai. Tuhan Yesus memberkati.

11. Nancy Gerungan

Saya mengucap syukur, berterima kasih kepada Allah Bapa di dalam nama Tuhan Yesus, sudah boleh mengikuti belajar membedah Kitab Lukas pasal 1 dan 2 s/d ayat 20. Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas: Saya banyak mendapatkan hal-hal yang baru dan terbaik dalam penggalian Injil, khususnya Lukas pasal 1 dan 2 dengan menggunakan metode praktis SABDA.

Kesan dalam Kelas Lukas 2: Menarik. Semua peserta aktif menggali dengan pemilihan ayat yang berbeda dengan gaya penggalian yang khas dari Lukas pasal 1 dan 2. Kami saling membagi dan melengkapi. Moderator dan admin sabar menunggu hasil penggalian yang terlambat karena peserta-peserta banyak yang muncul malam hari.

Ringkasan: Penggenapan Janji Allah akan lahirnya Juru selamat. Didahului dengan kelahiran Yohanes Pembaptis sampai dengan kelahiran Yesus di tempat yang hina, kandang domba. Dihadiri oleh para gembala yang datang menjumpai-Nya, melalui berita yang disampaikan oleh malaikat kepada mereka. Merekalah orang-orang yang sederhana, tidak diperhitungkan, yang dipakai untuk menyaksikan kelahiran Juru Selamat. Tuhan memakai semua orang untuk mengabarkan Kabar Baik, termasuk kita semua dipakai untuk mengabarkan Kabar Baik Injil Yesus Kristus sesuai Amanat Agung Yesus Kristus (Matius 28:19-20). Harapan untuk kelas MLC berikut: Akan diadakan lagi kelas yang akan membedah misalnya: kisah Paskah.

Aplikasi: Di momen Natal ini, saya mau belajar firman Tuhan tentang Natal dengan penggalian menggunakan sarana metode SABDA. Supaya lebih mendalam dalam menghayati firman-Nya. Akhirnya, saya sampaikan terima kasih kepada moderator Dimas Andi, Mbak Mey, dan tim SABDA, semua yang terlibat dalam BNM Lukas 1 dan 2. Tuhan memakai terus SABDA menjadi alat-Nya, memberitakan Kabar Baik Injil Keselamatan Yesus Kristus bagi banyak orang yang haus dan lapar akan kebenaran. Tuhan Yesus Memberkati.

12. Ni Ketut Hesti Widiastuti Djadi

Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas: Allah tidak main-main, serius merancangkan karya penyelamatan manusia secara langsung datang ke dunia dalam Yesus. Nubuatannya sangat detail dan ditulis sistematis oleh Lukas. Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas: Sekalipun sibuk, tetapi selalu dimotivasi oleh moderator sehingga meskipun sering lambat, tetapi bisa selesai sampai akhir, dan diberkati dengan PA teman-teman sekelas memperkaya makna yang saya dapat dari Lukas 1 dan 2.

Ringkasan pribadi dari pelajaran Lukas 1 -- 2: Allah mengutus Yohanes Pembaptis untuk mempersiapkan orang-orang saat itu bagi kedatangan Yesus. Yohanes lahir dari keluarga Zakharia dan Elisabet yang mustahil waktu itu untuk memiliki anak, tetapi tidak mustahil bagi Tuhan. Nubuatan kelahiran Yesus, setelah Yohanes terjadi, melalui perawan Maria. Roh Kudus berbicara melalui Elisabet, Maria, Zakharia tentang siapa Yohanes dan tugasnya serta siapa Yesus dan dinyatakan untuk kemuliaan Tuhan. Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Melakukan kelas bedah kitab lagi: Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas: Saya mau berdoa dan menolong orang lain untuk mempersiapkan orang-orang sekitar saya untuk mengenal Yesus.

13. November Laia

Terima kasih buat MLC dari lembaga SABDA yang dengan rela memikirkan, memfasilitasi, bahkan memberi kesempatan kepada saya pribadi mengikuti setiap pembelajaran di dalam kelas-kelas online MLC. Bagi saya ini kelas ke-2 yang saya ikut mulai dari kelas HUA dan kelas BNM_Lukas ini. Tuhan Yesus senantiasa memperlengkapi lembaga SABDA dalam pelayanan di ladangnya Tuhan khususnya pada perkembangan teknologi digital yang semakin pesat perkembangannya. Kelas ini sangat berkesan bagi saya, peserta begitu aktif, admin dan moderator begitu giat dalam mengingatkan setiap peserta yang kurang aktif dalam kelas sehingga setiap peserta begitu antusias mengikuti setiap penggalian ayat firman Tuhan maupun menanggapi setiap penggalian dari rekan-rekan yang lain. Luar biasa.

Hal yang paling berkesan bagi saya selama mengikuti kelas BNM_Lukas ini adalah tanggapan rekan-rekan mengenai hal-hal sensitif, misalnya ketika membahas minum anggur (Lukas 1:15), masalah sunat (Lukas 2:21) topik-topik ini sangat banyak rekan-rekan yang menanggapi dengan pandangan yang luar biasa sehingga memperkaya pengetahuan kita akan isu-isu tersebut. Wow. Amazing. Harapan saya, kiranya kelas-kelas seperti ini terus berkembang sehingga kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini dapat dimanfaatkan untuk memberitakan Injil kepada orang semua orang dan sekaligus juga membangkitkan semangat bagi rekan-rekan hamba Tuhan yang mungkin sudah lama tidak ada penyegaran akan firman Tuhan semakin diperlengkapi kembali dalam ladang pelayanan Tuhan Yesus. Terima kasih lembaga SABDA dan MLC. Tuhan Yesus memberkati. Selamat memasuki sukacita perayaan Natal 2021. "Cinta kasih Kristus menggerakkan persaudaraan" (1 Pet. 1:22).

14. Rimma Matruty

Saya sangat diberkati dengan materi Natal menurut Lukas: Saya bisa fokus pada kedatangan Tuhan Yesus ke dunia ini. Khususnya, saya lebih menghayati keberadaan Bunda Maria yang dipilih secara khusus oleh Allah untuk melahirkan Yesus. Kesan saya terhadap kelas diskusi: teman-teman semangat dalam membagi hasil bedahnya, merespons sharing teman-teman. Sungguh memperkaya saya. Ringkasan pribadi: Nubuatan kedatangan kabar keselamatan dinyatakan di Perjanjian Lama dan digenapi di Perjanjian Baru di dalam diri Tuhan Yesus. Allah datang ke dunia dalam rupa manusia.

Harapan untuk kelas MLC berikut: tetap gratis, tetap konsisten dengan peraturan selama ini. Aplikasi praktis: Menjadi orang yang lebih bersyukur kepada Tuhan. Tuhan lahir sebagai anak manusia maka di dalam Dia, kita manusia dimuliakan sebagai anak-anak Allah. Terima kasih untuk tim SABDA yang terus menerus mempertajam iman peserta.

15. Rudy Go

Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas: Berkat yang saya terima dengan penggalian kali ini adalah Tuhan bisa memakai siapa saja sebagai alat untuk pekerjaan-Nya dan janji Tuhan selalu terjadi dan digenapi. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas: Saya sangat diberkati dengan adanya BNML sehingga saya semakin memperkaya banyak ayat-ayat referensi dari materi yang dibahas dalam diskusi yang menopang serta meneguhkan dari berbagai sudut pandang para peserta membuat lebih memperkaya saya dan belajar dari mana tiap dari kita peserta diberi hikmat dalam membahasnya. Dengan tuntunan kuasa Roh Kudus, diskusi bisa berjalan dengan tertib dan saling mengisi satu dengan yang lain. Ringkasan pribadi dari pelajaran Lukas 1 -- 2: Tuhan Allah kita, Yesus Kristus, sangat mencintai kita dalam keberdosaan kita Tuhan selalu berusaha untuk menyelamatkan kita umat manusia dengan mengutus Anak-Nya yang Tunggal lahir ke dunia dan dengan darah-Nya yang mahal di kayu salib kita, dan kita manusia dapat beroleh keselamatan dan hidup yang kekal.

Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Tetap inovatif dalam memberikan pencerahan dan penjabaran dalam pekerjaan Tuhan di muka bumi ini sehingga banyak anak Tuhan rindu untuk menggali firman Tuhan dan mencari kebenaran-Nya. Aplikasi praktis yang akan dilakukan: Menjadi pelaku firman-Nya bukan hanya membaca dan mengerti, tetapi yang terpenting adalah mempraktikkan dalam kehidupan di dunia ini sehingga kita dapat mengimpartasikan kepada sekitar kita.

16. Rustam tanamas

Berkat dari materi bedah Natal menurut Lukas:
- Rencana keselamatan Tuhan Yesus bukan dimulai dari kelahiran-Nya, tetapi sejak dahulu kala dari nabi-nabi, seperti Maleakhi, Mikha, Yesaya sampai kepada Abraham bahkan sesungguhnya sejak Adam dan Hawa jatuh.
- Janji dan nubuat kelahiran Mesias, Sang Juru Selamat pasti ditepati. Rencana Allah tidak mungkin gagal. Dia bisa memakai Maria, seorang perempuan sederhana, memakai Zakharia, seorang imam yang punya banyak keraguan terhadap firman Tuhan. Tuhan bisa memakai Kaisar Agustus untuk memanggil Yusuf dan Maria ke Betlehem. Tuhan memberikan anugerah para gembala untuk menyambut kelahiran Yesus. Tuhan menguatkan Yusuf dan Maria lewat orang sederhana seperti gembala. Rancangan-Nya sempurna dan pasti ditepati.
- Belajar memahami perasaan dan pikiran para tokoh-tokoh di sekitar peristiwa Natal mulai dari Yesus, Maria, Elisabet, Zakharia, Yohanes Pembaptis, gembala-gembala, Kaisar Agustus, dll. yang berhubungan.

Kesan mengikuti diskusi BNML:
- Saya cukup pontang-panting untuk mempersiapkan bahan penggalian karena kesibukan pekerjaan. Sempat berpikir untuk menyerah, tetapi terima kasih untuk moderator dan terutama admin yang terus mengingatkan dan men-support. Setiap sore diingatkan untuk submit. Akhirnya saya kerjakan juga. Thanks untuk admin yang setia mengingatkan.

Format penggalian yang harus menghubungkan ayat di kitab Lukas 1-2 dengan ayat di PL cukup membuat saya kewalahan dalam mencari relevansi terutama bila ayat tersebut sudah banyak dibahas. Format yang dibuat sangat membantu sekali untuk dalam mengarahkan. Saya melihat penggalian beberapa teman yang cukup detail sehingga menambah wawasan dan semangat untuk belajar lagi. Rekan-rekan di kelas cukup aktif dan saling terbuka dalam bertukar pikiran. Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Mungkin link-link referensi silang dan alat bantu pengalian bisa dibagikan terlebih dahulu sehingga lebih memudahkan dari mencari ayat PL yang berhubungan, pengalian pun lebih terarah dan makin detail.

Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas BNML:
- Bersyukur karena Allah begitu mengasihi saya sehingga Dia turun ke dalam dunia dalam rupa Yesus Kristus.
- Memberitakan Yesus dalam hidupku.
- Terus belajar dan belajar menggali kebenaran firman Tuhan dan membagikannya kepada orang lain.

Terima kasih tim SABDA untuk segala support dan pelayanannya dalam pembangunan umat Tuhan. Tuhan memberkati Anda semua.

17. Simon Salasa

Berkat dari kelas ini: Puji syukur kepada Tuhan saya boleh mengikuti kelas ini dan memperoleh berkat-berkat rohani bahwa Natal memberi solusi atas pergumulan manusia. Kesan: Bisa berinteraksi dengan kawan-kawan dan saling melengkapi lewat melalui hasil penggalian. Ringkasan: Keselamatan telah dianugerahkan melalui Putra Natal. Untuk itu, kita harus sambut dengan pujian kepada Tuhan. Lukas 2:11, 14 (TB), "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya." Harapan: Saya berharap SABDA tetap membuka kelas-kelas berikutnya untuk memperlengkapi banyak anak Tuhan melayani dengan baik. Aplikasi praktis: Saya akan terus berkomitmen dalam belajar firman Tuhan dengan metode-metode yang SABDA berikan. Terima kasih kepada admin, moderator, dan tim SABDA yang telah memberikan pelayanan yang terbaik bagi kami. Tuhan Yesus memberkati.

18. Suratman Aripin

Saya bersyukur dapat mengikuti kelas ini, secara khusus melalui materi yang diberikan. Berkat dari materi: Bersyukur karena saya diajak untuk memperhatikan kaitan dengan PL. Sehingga saya dapat melihat betapa solidnya Alkitab dan tidak terlepas satu kitab dengan kitab yang lainnya. Kesan mengikuti diskusi: Saya bersyukur dengan penggalian yang dilakukan teman-teman sekelas sehingga saya semakin melihat betapa kayanya firman Tuhan. Bersyukur juga dengan Alkitab SABDA yang menyediakan referensi silang sehingga memudahkan saya ketika belajar firman Tuhan.

Ringkasan dari materi Lukas 1 - 2:20: Rencana Allah selalu tergenapi dan Allah yang menetapkan orang-orang yang akan dipakai-Nya. Rencana Allah menyelamatkan manusia terwujud dan tidak dapat dihambat oleh siapapun bahkan rancangan-Nya jauh melampaui akal manusia. Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Saya harap kelas pembinaan ini terus dilanjutkan dan dikembangkan sehingga banyak orang yang terberkati dan semakin mencintai firman Tuhan. Aplikasi praktis: Saya akan melanjutkan mempraktikkan penggalian Alkitab dengan menggunakan/memakai referensi silang. Akhir kata, terima kasih SABDA sudah memberkati saya. Khususnya, saya menjadi semakin menikmati belajar firman Tuhan dengan alat alat bantu yang disediakan.

19. Sutrisno Adi Chandra

Puji Tuhan kita selesai untuk melakukan kegiatan Bedah Natal Menurut Lukas. Bagi saya, kegiatan kali ini memberi pengetahuan baru tentang Natal. Selama ini, saya hanya sekadar mengikuti tradisi Natal tanpa pengetahuan Alkitabnya. Hasil penggalian di grup Telegram juga menambah wawasan dari peserta yang lain. Secara pribadi, Kitab Lukas 1 dan Lukas 2 membawa saya kepada kuasa Sang Penebus dan teguhnya penyertaan Tuhan YHWH dan ini menyadarkan saya untuk lebih taat lagi kepada Tuhan. BNML mengajarkan saya untuk lebih banyak merenungkan kehidupan dan berbuat lebih banyak kebaikan semata-mata hanya untuk kemuliaan Tuhan. Semoga MLC semakin menjadi berkat. Kasih karunia Tuhan menyertai.

20. Timbul Pardamean Hasiholan

Berkat dari belajar dan diskusi Bedah Natal Menurut Lukas: Terus terang ini berkat ke-2 yang sungguh indah yang Tuhan berikan pada saya melalui tangan SABDA MLC karena berkat sebelumnya saya bisa ikut HUA. Terima kasih buat SABDA! Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas: Tetap seru di sela-sela kesibukan sebagai karyawan dan kepala keluarga, waktu juga terbatas dan untuk kali ini saya sempat diingatkan juga oleh admin. Terima kasih Ibu Admin.

Ringkasan pribadi dari pelajaran Lukas pasal 1 -- 2: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kesukaan besar untuk seluruh bangsa, Yesus, Tuhan -- Juru Selamat telah lahir bagi seluruh bangsa di kota Daud." Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Belum terpikirkan. Saya ingin menikmati Natal bersama keluarga dan ibu saya yang sudah lanjut, menikmati, mengagumi rencana keselamatan yang telah direncanakan Allah melalui Sang Bayi Natal.

Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas: Menjadi gembala masa kini. Tentu yang terutama adalah menggembalakan diri sendiri kepada Sang Gembala Agung, menggembalakan keluarga, orang-orang di sekitar dan yang dijumpai. Terima kasih.