Testimoni Peserta Kelas Bedah Natal Menurut Lukas 4

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Anita Dian

Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas: Materi diberikan dengan runtut. Sangat membantu saya untuk menggali ayat-ayat dalam Lukas 1 dan 2. Banyak pengetahuan baru terkait Injil Lukas dan peristiwa kelahiran Yohanes Pembabtis dan Yesus. Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas adalah diskusi berjalan cukup aktif dan mengalir sepanjang hari dari pagi sampai lewat tengah malam. Hasil penggalian dari rekan-rekan luar biasa, banyak mendapatkan pengetahuan baru dari hasil penggalian tersebut. Pertanyaan dan tanggapan dari moderator dan rekan-rekan juga sangat bagus.

Berikut Ringkasan pribadi dari pelajaran Lukas 1 -- 2: Kelahiran Yohanes Pembaptis dan Yesus diberitahukan oleh malaikat Gabriel. Nubuatan para nabi digenapi dalam kelahiran Yohanes dan Yesus. Yohanes adalah Nabi Allah yang Mahatinggi yang diutus untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya. Kelahiran Yesus Raja segala Raja dalam kesederhanaan membalikkan tatanan dunia.

Harapan untuk kelas MLC berikutnya: ada dibuat kelas bedah kitab lagi karena dengan mengikuti kelas MLC itu mengkondisikan saya untuk membaca dan merenungkan Firman Tuhan dengan lebih mendalam. Dan aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas adalah melakukan aplikasi praktis yang dibuat selama bedah Natal kitab Lukas. Terima kasih kepada seluruh tim SABDA khususnya Kak Roma sebagai moderator dan Kak Pingkan sebagai admin yang telah mendampingi kami dalam kelas BNML_4. Tuhan Yesus memberkati. SELAMAT NATAL.

2. Destri Harianja

Saya hendak membagikan testimoni saya saat mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas. Saya diberkati lewat setiap penggalian yang diberikan oleh teman-teman rekan sekelas saya yang cukup untuk membangkitkan semangat saya, cukup menyadarkan saya bagaimana bukti kasih Allah dalam manusia. Saya merasa terkesan dengan sikap para rekan sekelas saya yang cukup aktif dalam berdiskusi di grup. Saya juga berterima kasih buat para admin khususnya admin BNML_4 Pingkan yang tetap sabar mengingatkan saya pribadi untuk segera bergabung dengan kelas.

Ringkasan pribadi yang sangat mengesankan bagi saya dalam Bedah Natal Menurut Lukas ini adalah saya menyadari bagaimana Kasih Allah dalam hidup manusia yang terbilang sangat luar biasa. Allah memberikan Putera yang Tunggal kepada manusia sebagai tebusan bahkan Yesus rela merendahkan diri serendah-rendahnya bahkan lahir pun di kandang domba dan mati di kayu salib demi mengangkat kita manusia setinggi-tingginya dari lembah gelap terdalam menuju terang dan dari maut menuju Hidup Kekal. Jadi, kita harus dapat mengaplikasikan bahwa kita memang benar-benar sudah ditebus kita harus dapat merendahkan diri kita dan meneladani kasih Kristus dalam hidup kita. Terima kasih buat semua Tim SABDA MLC semoga dapat terus memberkati banyak orang lewat kegiatan kegiatan yang diselenggarakan oleh SABDA. Saya akan menanti kelas berikutnya. Terima kasih.

3. Evelyn Aragae

Satu hal yang saya rasakan ialah Bedah Natal di Lukas ini membuat saya penasaran karena menggali satu ayat akan terhubung dengan ayat-ayat yang lain melalui penggenapan setiap nubuat membuat karya Roh Kudus dalam firman Tuhan begitu teratur dan sempurna. Rasanya kenapa satu bisakan dua ayat, tetapi satu saja membuat saya begitu mengagumi karya Allah. Setiap ayat mengandung arti dan saya sangat rasakan bahwa ada OTORITAS ALLAH dibalik setiap ayat yang dibaca dan direnungkan yang memaknai kehidupan ini. Amin.

4. Fransiskus Krismayandri

Luar biasa, semakin dalam mempelajari Injil Lukas ini tentang kelahiran-Nya dan detail-detailnya. Saya mendapatkan pengalaman luar biasa tentang pendalaman Firman Tuhan. Banyak metode yang digunakan. Kemudian pendalaman dari rekan-rekan yang lain juga cukup luar biasa mendalam dan menjadikan masukan yang luar biasa. Sungguh kelahiran-Nya memberikan makna yang luar biasa bagi setiap pribadi yang mencari-Nya. Dari kelahiran-Nya kita bisa memaknai lebih lagi arti kehadiran-Nya bagi setiap langkah kita. Harapannya saya bisa mendalami lebih lagi dari kitab-kitab yang lain. Aplikasi saya adalah mengetahui lebih detail bagaimana cara mendalami Alkitab.

5. Friska Pasaribu

Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas adalah saya sangat terkesan dengan penggalian di hari pertama, bahwa salah satu kegagalan orang tua dalam mendidik anak adalah tidak bisa duduk bersama (persekutuan bersama dengan keluarga) penting sekali kebersamaan dalam keluarga. Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas adalah sangat senang dan sangat memberkati saya. Banyak ilmu baru/pengetahuan yang semakin memperkaya saya. Tentu saja semakin menguatkan iman saya. Betapa luar biasa Tuhan dalam menggenapi janji keselamatan bagi umat manusia.

Ringkasan pribadi dari pelajaran Lukas 1 -- 2: Tuhan memiliki agenda bagi manusia dan tidak ada satu pun yang dapat menggagalkan agenda Allah terhadap manusia. Saya harus belajar percaya terhadap agenda Allah dalam hidup saya. Harapan untuk kelas MLC berikutnya: semakin dipakai oleh Tuhan memperlengkapi para hamba Tuhan dan kaum awam dalam pelayanan. Melalui MLC semakin banyak yang mengetahui kebenaran dan suka belajar Firman Tuhan. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas: duduk bersama (mengadakan persekutuan di rumah), bersaksi, memuji/memuliakan Tuhan, dan percaya bahwa Allah punya rencana dalam hidup saya. Terima kasih tim SABDA untuk segala pengorbanan dan ilmu. Jerih lelahmu dalam Tuhan tidak akan sia-sia. God Bless.

6. Glorya Loloangin

Puji Tuhan saya pribadi sangat-sangat bersyukur bisa ada di kelas Bedah Natal Menurut Lukas. Terima kasih tim SABDA yang sudah memfasilitasi sehingga saya bisa belajar dari Firman Tuhan menurut Injil Lukas. Terima kasih juga untuk admin BNML 4, Ibu Pingkan dan Ibu Roma yang selalu mengingatkan untuk menggali Firman Tuhan. Banyak hal yang saya peroleh dalam 5 hari terakhir dalam membedah dan menggali Injil Lukas dan dibandingkan dangan kitab Perjanjian Lama. Tentu merupakan hal baru bagi saya secara pribadi, mencari sendiri, dan menulis sendiri menurut pemikiran saya. Banyak hal yang saya tuangkan dalam tulisan saya, dan tentu kekurangan saya kelebihan teman-teman. Responsif teman-teman dalam kelas juga sangat-sangat membantu dan memberikan wawasan lebih untuk saya secara pribadi.

Pengalaman-pengalaman yang dibagi teman-teman sangat-sangat memberkati saya secara pribadi. Harapan saya untuk tim SABDA agar terus dan terus membuka kelas-kelas bedah Alkitab dari berbagai topik sehingga kami lebih dan lebih lagi mendalami Firman Tuhan karena jika kami sendiri yang menggalinya tanpa ada bantuan dari berbagai pihak tentu kurang menarik tentunya.

Semoga kita semua dimampukan untuk melakukan apa yang telah kita tuliskan, tidak hanya menulis dan orang senang melihat aplikasinya, tetapi harus benar-benar mengaplikasikan dalam setiap proses kehidupan setiap hari untuk merespons karya keselamatan yang dilakukan oleh Yesus. Dan, menunjukkan kepada semua orang bahwa Allah kita adalah Allah yang HIDUP, Allah yang terus memberkati kehidupan kita dalam suka dan duka. Tuhan Yesus terus memberkati tim SABDA untuk terus memberi berkat bagi kami semua. Untuk semakin mencintai Yesus Sang Juru Selamat.

7. Isaac Purwono

Berkat yang diterima dari BNM_Lukas adalah dapat menyaksikan momen istimewa dan besar meski saat itu hanya diterima beritanya oleh majus dan para gembala, tetapi pengaruh sukacitanya masih dirasakan dan diterima sampai hari ini. Bersyukur bisa bertemu dengan teman-teman yang menggali peristiwa kelahiran tersebut yang berkomitmen tinggi dan berusaha keras menciptakan hasil penggalian yang baik dan saya ada di dalam komunitas ini. Saya sangat senang dan terhormat bisa berada di lingkungan teman-teman BNML yang berjuang keras, penuh tanggung jawab, dan berdedikasi tinggi untuk menggali Kitab Lukas pasal 1-2 dengan cermat dengan bantuan tool SABDA yang luar biasa lengkap sehingga dapat menghasilkan penggalian yg baik dan saling melengkapi di antara peserta dan kekayaan hasil penggalian peserta dapat terlihat seiring berjalannya waktu.

Ringkasan pribadi: sukacita Imam Zakharia dan Elisabet lewat nyanyian pujian sungguh dapat menggambarkan sukacita umat manusia akan hadirnya Sang Imanuel. Meski Yusuf dan Maria harus berjuang dengan jarak yang jauh, tetapi tidak membuat mereka lelah dan putus asa sampai mereka tiba di kota Betlehem, sebuah kota yang telah dinubuatkan ribuan tahun lalu. Malaikat Tuhan yang membawa Kabar Baik kepada para gembala tampak juga sejumlah besar bala tentara surga memuji Allah dan Kabar Sukacita kepada umat manusia itu masih tersiar sampai hari ini. Saya berharap tim SABDA yang luar biasa sudah bekerja tanpa lelah menolong kami terutama yang baru ikut Bedah Alkitab dapat merencanakan materi yang dapat menantang peserta untuk menggali dengan lebih dalam dan baik.

Usul: peserta Bedah Alkitab tidak melebihi 10 orang saja agar respon dan tanggapan antarpeserta dapat berjalan baik dan lebih maksimal karena menurut pengamatan saya, bila hasil penggalian sudah dibagikan oleh peserta di awal waktunya menjadi tertutup oleh peserta lain sehingga tidak direspon dengan maksimal dan saling memberikan tanggapannya. Berbeda dengan peserta yang berbagi hasil penggaliannya di akhir waktu ditutup.

Saya berterima kasih dengan adanya BNML yang menantang untuk mengerti, merenungkan penggalian Kitab Lukas ini sehingga penggaliannya lebih serius lagi dan terus mau belajar serta mempraktekkannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam pelayanan yang kami kerjakan. Terima kasih untuk seluruh tim SABDA juga secara khusus untuk Kak Roma dan Kak Pingkan yang telah mendampingi kami selama penggalian Lukas 1-2. Terima kasih untuk teman-teman di BNML untuk perkenalannya, penggaliannya, dan responnya dan supportnya yang positif. Tuhan memberkati setiap hal yang sudah kita kerjakan dan bisa bertemu lagi di acara berikutnya.

8. Kurniawan Diwanto Wijaya

Dengan mengikuti BNML ini, sungguh Tuhan memberkati dengan hal yang luar biasa, pengetahuan yang baru, dan memperbarui khususnya berkaitan dengan Natal. Kelahiran Yesus Kristus yang diawali dengan kelahiran Yohanes, dangan tokoh-tokoh khusus yang luar biasa mengelilingi dan mempersiapkan akan kelahiran sang Bayi Juru Selamat. Maka sungguh ini adalah berkat dari Tuhan yang luar biasa dalam menyambut natal 2021.

Diskusi-diskusi yang ada khususnya di kelas 4 sungguh hidup, dan menarik bahkan sampai pagi, saat libur pun masih tetap melakukan diskusi. Mempertajam dan memperluas wawasan. Pengalaman-pengalaman iman yang luar biasa. Sekalipun masih ada kekurangan karena ada ayat yang sama digali oleh beberapa orang. Namun, hal itu tertutupi dengan hal yang baru terkait dengan pengalaman iman masing-masing anggota kelas. Terima kasih untuk teman-teman semuanya luar biasa.

Dari Lukas 1 – 2, peristiwa yang menjadi luar biasa oleh karena "PENGGENAPAN JANJI ALLAH" akan lahirnya Juru Selamat, didahului nabi yang luar biasa yaitu Yohanes dan melalui Imam Zakaria dan Ibu Elisabet. Bahkan satu tokoh penting yaitu Maria yang didukung oleh Yusuf, menginspirasi bagaimana sesungguhnya sikap hidup dalam menerima dan menyambut serta hidup dalam Kristus Sang Mesias. Mempersiapkan diri sebagai orang-orang yang percaya yang berkenan dihadapan Allah. Tetap semangat untuk tetap untuk mengabarkan Kabar Sukacita hingga semakin luar biasa dalam pendalaman dan penggalian kitab suci. Saya akan tetap melakukan penggalian, salah satunya menggunakan metode SABDA, khususnya dalam pelayanan-pelayanan yang ada. Terima kasih.

9. Lanita Cicilia

Bersyukur bisa mengikuti kelas BMNL ini meskipun saya tidak berniat mengikutinya karena waktunya sibuk sekali. Bersyukur saya dihubungi japri dan akhirnya jadilah ikutan daftar. Saya percaya Tuhan selalu membawa kebaikan untuk bisa mengikuti kelas yang luar biasa ini. Pemahaman yang baru selalu dicurahkan selama mengikutinya. Anugerah Tuhan yang besar mendapatkan pemahaman yang baru terutama teman-teman yang luar biasa di kelas ini. Terima kasih untuk Menara Kawanan domba (Migdar-Edel) yang dibagikan. Terima kasih kepada rekan-rekan menyampaikan dengan aktif dengan berbagai pandangan dengan sumber referensi yang lengkap, dapat melengkapi dan melalui ini banyak disingkapkan sisi-sisi pemahaman yang baru, mengubah paradigma yang kurang tepat dalam memaknai kelahiran Juru Selamat.

Ringkasan Pribadi: suatu rangkaian hidup yang ajaib mulai dari kelahiran Yohanes yang mempersiapkan jalan bagi Tuhan sudah dinubuatkan dalam kitab PL dan digenapi dalam kitab PB. Melalui kehidupan Zakharia dan Elisabet yang sudah tua. Apa yang mustahil bagi manusia tidak mustahil bagi Allah. Demikian juga kelahiran Yesus Kristus sebagai Juru Selamat dinubuatkan dalam kitab PL dan para saksi bersaksi bahwa Yesus adalah Mesias. Penggenapan dari nubuatan-nubuatan tersebut menguatkan iman kita bahwa Janji Allah selalu akan digenapi dan bahwa Rahmat-Nya diberikan tanpa bisa digagalkan oleh apa pun dari zaman dan ke generasi. Kiranya tim SABDA semakin dipakai Tuhan untuk menjadi berkat dalam membedah kitab-kitab yang lain. Terima kasih untuk seluruh tim SABDA. Saya bersyukur sejak dulu saya selalu memakai seluruh aplikasi SABDA dalam memperlengkapi pelayanan yang dipercayakan kepada saya. Tuhan Yesus tetap memakai SABDA sebagai alat perpanjangan tangan Tuhan jadi berkat bagi lebih banyak orang lagi. Amin.

10. Maria Marpaung

Berkat dari materi Bedah Natal Menurut Lukas adalah sangat terberkati dengan materi Bedah Natal Menurut Lukas ini. Banyak hal yang tidak Maria tahu ternyata bisa Maria ketahui melalui sharing teman-teman. Semakin memaknai arti Natal yang sebenarnya. Bahwa Natal bukan sekadar seremonial belaka yang dirayakan setiap tahun. Kesan mengikuti diskusi Bedah Natal Menurut Lukas ialah memiliki teman-teman baru yang memiliki banyak sudut pandang memaknai arti Natal. Alat bantu yang banyak yang disediakan SABDA sangat membantu Maria untuk menyelesaikan kelas ini.

Seperti Yohanes yang menyiapkan segalanya untuk menyambut kedatangan Yesus Kristus, begitu pun dengan Maria. Maria harus mempersiapkan diri Maria. Melalui peristiwa kelahiran-Nya, Maria diajarkan tentang kasih, pengampunan, kesederhanaan, rendah hati, kedamaian, dan sukacita. Dan untuk merasakan itu semua sepanjang hidup Maria, Maria harus mau membuka hati untuk-Nya dan tunduk kepada-Nya selalu. Semoga semakin banyak kelas dan bisa Maria ikuti. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas ialah membaca Alkitab dengan penggalian sesuai dengan yang sudah diajarkan. Memaknai Natal lebih jauh lagi. Terima kasih banyak buat tim SABDA, Tuhan Yesus memberkati pelayanannya. Semoga semakin banyak orang orang yang mengenal Yesus Kristus melalui SABDA.

11. Mariano Nathanael

Berkat yang saya dapat dari materi Bedah Natal menurut Lukas ini adalah tersingkapnya ayat-ayat di dalam Lukas pasal 1 dan 2, ayat-ayat yang jarang-jarang dikupas dalam khotbah gereja, terlebih lagi karena wajib dihubungkan dengan PL, semakin terbuka pemahamannya tentang ayat tersebut lebih dalam lagi. Saya sangat terkesan karena ternyata ayat-ayat yang terkait Natal ada banyak sekali yang bisa digali hanya dari Lukas 1 dan 2 saja, dan bukan hanya ayat-ayat tertentu yang sering dikhotbahkan saja.

Jadi, Kisah Natal ini adalah sejarah awal yang sangat-sangat penting yang menggenapi banyak sekali nubuat-nubuat dalam PL tentang janji keselamatan. Kisah ini bukan sesuatu yang terjadi secara spontan, tetapi semuanya sudah melalui agenda Allah yang tertata dengan rapi, tidak ada yang kebetulan di dalamnya, semua sudah ada dalam rencana-Nya, dan digenapi melalui Zakharia-Elizabeth-Maria-Yusuf-para gembala di padang dan semua tokoh-tokoh lain yang terlibat. Usul saya untuk kelas MLC berikutnya adalah membuat kelas Bedah Paskah menjelang hari kematian dan kebangkitan Tuhan. Aplikasi praktis yang saya lakukan adalah saya semakin bersyukur bahwa Kristus lahir ke dunia, itu adalah keajaiban yang tidak terpikirkan. Saya mau membagikan pemahaman yang saya dapat kepada rekan-rekan yang ada di sekitar saya dan semakin menikmati sukacita Natal bersama-sama. Terima kasih banyak tim SABDA, Tuhan Yesus selalu memberkati dan memperluas pelayanan tim SABDA.

12. Purwani

Saya bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada semua tim SABDA MLC untuk kesempatan dan fasilitas kepada saya selama ini untuk belajar banyak di Yayasan SABDA. Saya mengikuti kelas BNM_Lukas ini sangat banyak manfaatnya dan menperluas firman Tuhan dalam hidup saya untuk lebih mengerti dan memahami makna Natal di Injil Lukas pasal 1 dan 2 ini dengan metode yg bagus dan pengalian rekan-rekan BNM_Lukas 4.

Sungguh memperkaya firman Allah di dalam hidup saya untuk melayani Tuhan dengan benar dan berusaha menjadi contoh dan saksi banyak orang, atau mungkin ada orang yang tertarik sama-sama belajar di sini karena sangat menarik dan memberkati setiap harinya dalam diskusi sangat luar biasa antara PB Lukas pasal 1 dan 2 dengan PL. Ini kesan saya. Ringkasan saya adalah di bulan Desember ini sangat pas kita belajar tentang Natal ini. Maknanya sungguh dalam saya rasakan. Harapan untuk SABDA: Terus maju dan berkembang untuk menjadi berkat dan makin diberkati untuk hormat kemuliaan Tuhan. Puji Tuhan untuk menjadi perenungan saya, untuk jadi cahaya bagi keluarga dan sesama karena terang Tuhan selalu bercahaya di dalam hati setiap orang percaya. Natal di situasi covid ini, untuk kita semakin tinggal di dalam Tuhan Yesus Kristus.

13. Rossa M.M Latumahina

Saya semakin kenal dengan Allah yang saya sembah, saya kembali diingatkan dengan arti Natal sejati. Saya dipertemukan kembali dengan saudara/sahabat baru dan dapat kembali belajar bersama dengan saudara/sahabat lainnya (pernah bertemu di kelas-kelas sebelumnya).

Sangat diberkati dengan:
1. Penggalian dari teman-teman sekelas yang menunjukkan kekayaan dari bagian ayat yang digali.
2. Semangat menanggapi yang membuat hasil galian semakin dalam.
3. Kesaksian yang membuat iman semakin bertambah.

Senakal-nakalnya anak (manusia) kepada Bapa (Allah), kasih Bapa tidak pernah habis. Bahkan tersedia hadiah luar biasa untuk anak yang nakal. Kelahiran Yesus sebagai Penyelamat adalah hadiah yang yang luar biasa bagi setiap anak Tuhan. Bahkan rencana pemberian hadiah ini sudah diatur rapi dan detail dari masa-masa sebelumnya. Harapan untuk kelas MLC berikutnya: Tetap setia menjadi mitra yang memperlengkapi setiap orang percaya. Aplikasi praktis yang akan dilakukan: Saya akan mulai melakukan aplikasi2 yang saya dapat selama mengikuti kelas BNML (dengan pertolongan Roh Kudus).

14. Tok Armanto

Saya sangat diberkati dengan pemaparan materi yang telah disampaikan oleh Bu Evie. Materinya cukup singkat dan padat, tetapi tidak mengurangi bobot dari materi yang disampaikan. Contoh penggalian yang dilakukan juga sangat menolong. Sangat terkesan dan termotivasi dengan penggalian yang sudah dilakukan oleh peserta lain. Hal itu membuat saya harus lebih semangat lagi dalam melakukan penggalian, meskipun ditengah-tengah kesibukan, tetapi berjuang untuk dapat terlibat dalam diskusi.

Allah tidak pernah bekerja secara kebetulan dan tanpa rencana. Semuanya telah Dia rencanakan dengan sedemikian rupa. Demikian juga saat Yesus akan memulai pelayanan-Nya, Allah lebih dahulu mempersiapkan Yohanes untuk mendahului Tuhan. Demikian juga dalam hidup saya dan kita semua sebagai anak-anak Tuhan. Saya yakin Dia telah mempersiapkan segala sesuatu bagi kita untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Harapan saya kelas-kelas seperti akan terus dilakukan agar setiap orang percaya akan semakin bertumbuh dewasa dalam pengenalan akan Tuhan. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas ialah memberitakan Kabar Baik bagi sesama melalui kesaksian pribadi khususnya yang berkaitan dengan keselamatan yang dimulai dari kisah Natal.

15. Trivena Sriwidarsih

Bersyukur melalui BNML sangat diberkati, memaknai natal mengingatkan sekaligus membukakan bahwa Natal bukan sekadar seremonial, tetapi Natal memiliki makna dengan kelahiran Yesus Kristus, Juru Selamat berdampak bagi keselamatan umat manusia. Dan membutuhkan tindak lanjut kita sebagai penerima karya penebusan-Nya. Terima kasih kepada Bp/Ibu dan kakak2 yang menyampaikan berbagai pandangan dengan sumber referensi yang lengkap, dapat melengkapi dan melalui ini banyak disingkapkan sisi-sisi pemahaman yang baru, mengubah paradigma yang kurang tepat dalam memaknai kelahiran Juru Selamat. Melalui catatan aplikasi semuanya memberi pencerahan bahwa sebenarnya arti panggilan kita sebagai orang percaya yang menerima karya penebusan-Nya harus memberi makna untuk hidup bukan bagi diri sendiri.

Kelahiran Yohanes yang mempersiapkan jalan bagi Tuhan sudah dinubuatkan dalam kitab PL dan digenapi dalam kitab PB. Melalui kehidupan Zakharia dan Elisabet yang sudah tua, apa yang mustahil bagi manusia tidak mustahil bagi Allah. Demikian juga kelahiran Yesus Kristus sebagai Juru Selamat dinubuatkan dalam kitab PL dan para saksi bersaksi bahwa Yesus adalah Mesias. Penggenapan dari nubuatan-nubuatan tersebut menguatkan iman kita dalam Allah memberi kepastian bahwa rahmat-Nya diberikan dari generasi ke generasi. Harapan Kelas MLC: Tim SABDA semakin dipakai Tuhan untuk membedah kitab-kitab yang lain. Terima kasih untuk tim SABDA, fasilitator (Kak Roma), admin (Kak pingkan). Saya bersyukur melalui BNML saya akan memakai dalam pelayanan yang dipercayakan kepada saya. Tuhan memberkati.

16. Wennar

Berkatnya adalah dapat belajar PL dari PB. Kesan saya adalah salut buat semangat teman-teman untuk belajar dan juga tim SABDA yang selalu merespon dengan baik. Ringkasan: Tuhan punya rencana dan Tuhan berjanji, setiap nubuatan pasti akan Dis genapi. Penyertaan Tuhan buat orang-orang yang takut akan Dia. Kristus lahir bukti kasih-Nya kepada manusia. Harapan: Sebagaimana Allah menjadi sama dengan manusia, demikian hendaknya setiap kita mengosongkan diri untuk melayani Allah dan sesama. Saya mau untuk belajar lebih lagi menjadi hamba-Nya. Terima kasih SABDA MLC dan teman-teman di BNML 4 buat kebersamaannya. Tuhan memberkati berlimpah.

17. Wenny Riama

Saya sangat diberkati dengan materi yang telah diberikan tim SABDA dan penggalian dari rekan sekelas. Sangat terkesan dan terberkati dengan penggalian yang sudah dilakukan oleh rekan2 peserta lain. Hal tersebut membuat saya lebih semangat lagi dalam melakukan penggalian, meskipun ditengah-tengah kondisi badan kurang sehat dan kesibukan, tetapi berjuang untuk dapat terlibat dalam diskusi. Allah dapat memakai Maria sebagai alat-Nya. Demikian juga kita dapat dipakai sebagai alat untuk memuliakan Allah. Oleh karena itu, persiapkan jalan bagi Dia dengan mempersiapkan hati kita serta untuk dapat merasakan kesukaan besar lahirnya Kristus Juru Selamat, kita harus mentahirkan diri, memuji, dan menari bagi Allah kita. Sebab kegirangan yang besar telah terjadi.

Harapan saya kelas-kelas seperti ini perlu terus dilakukan agar setiap orang percaya yang rindu bertumbuh dapat belajar dalam pengenalan akan firman Tuhan yang tim SABDA boleh rancang. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas Bedah Natal Menurut Lukas: memberitakan dan berbagi Kabar Baik kepada semua orang tentang keselamatan, bahwa Sang Juru Selamat telah lahir membawa kesukaan dan kedamaian bagi seluruh bangsa.

18. Yvonne Kaunang

Sangat bersyukur pada Tuhan dapat mengikuti Kelas BMN_Lukas. Di mana saya mendapat banyak materi Natal yang sungguh bermanfaat untuk mendalami karya kelahiran Yesus. Dalam penggalian dari kitab Lukas ini, yang juga mencari ayat yang berhubungan dari PL membuat saya lebih yakin bahwa Yesus itu luar biasa. Nubuatan-nubuatan di PL banyak ayat yang berkaitan. Hal ini membuat saya lebih mengerti dan lebih mengerti. Ditambah dengan diskusi teman-teman di kelas menambah semangat. Terima kasih buat tim SABDA yg sudah mengarahkan dan membimbing. Luar biasa. Terpuji nama Yesus. Doa kami selalu buat tim SABDA.

19. Zet Sirra

Shalom! Saya bersyukur untuk kesekian kalinya mengikuti SABDA. Bersyukur karena Tuhan menolong dan memberkati di dalam semua program yang dilaksanakan oleh SABDA. Kesempatan kali ini bersyukur dapat mengikuti Bedah Natal Menurut Lukas. Banyak berkat yang saya dapatkan yang akan menjadi berkat Natal di tahun 2021. Materi kali ini mengangkat kisah kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang lahir demi manusia datang ke dalam dunia. Tentu berkat yang dapat diterima adalah bagaimana sikap dari manusia saat menyambut kelahiran Kristus dalam kehidupan kita. Sikap inilah yang akan menghiasi Natal di tahun 2021.

Saya dapat menyimpulkan bahwa sikap dari manusia tak kalah menyambut kelahiran Kristus adalah bagaimana dia merendahkan dirinya menyambut akan kelahiran Kristus tunduk pada otoritas kuasa Allah. Tentu sebagai orang Kristen kita memahami bahwa kelahiran Kristus bukan semata bersifat perayaan, tetapi kelahiran Kristus adalah bagaimana sikap dalam menyambut kelahiran Kristus. Bukan dengan kemeriahan saja, bukan dengan kemewahan, dan bukan juga dengan pesta pora. Namun, kelahiran Kristus adalah bentuk sikap ketundukan diri kepada kuasa Allah dan mau takluk merendahkan diri dibawa kuasa Tuhan sebagaimana sikap dari Maria dan Elizabeth yang senantiasa mau tunduk kepada kuasa Allah dan rencana Allah.

Harapan saya dalam kelas MLC, semoga teman-teman dari tim SABDA yang solit dan setia memberitakan kebenaran firman Tuhan melalui program-program yang sangat-sangat menolong para pendeta hamba-hamba Tuhan dan pelayan Tuhan untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi pelayanan yang dipercayakan. Semoga di kesempatan lain kita dapat kembali bekerja sama untuk memajukan pekerjaan pelayanan Tuhan. Terima kasih kepada tim SABDA, fasilitator Kak Roma, admin Kak Pingkan, dan semua teman-teman di kelas Bedah Natal Menurut Injil Lukas, terima kasih buat kerja samanya. Kiranya Tuhan Yesus memberkati.