Komentar

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 - 2

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Testimoni Peserta DIK 1 - 2

1. Alessandro Gaspersz

Terima kasih untuk SABDA untuk pembelajaran yang diberikan. Banyak hal baru yang saya dapatkan, mulai dari diskusi yang menstimulasi pola pikir kritis, pembahasan-pembahasan yang bukan terpaku hanya pada pengajaran Alkitab saja, tetapi dengan ilmu pengetahuan lainnya. Dari pelatihan ini, saya lebih memahami mengenai karya Allah dalam penciptaan dan inkarnasi. Untuk saran mungkin ke depan pembahasan bisa mengenai Hermeneutik.

2. Billy Sasoloa

Saya mengucap syukur kepada Tuhan kita, Yesus Kristus karena sudah memberikan kesehatan, napas, dan sukacita dalam hidup saya, dan tidak lupa juga saya berterima kasih buat SABDA yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa menimba ilmu lewat diskusi di kelas DIK 1-2. Saya juga berterima kasih kepada Pak Bima sebagai moderator yang luar biasa. Selama saya mengikuti diskusi, ada banyak pelajaran yang saya dapatkan dari teman-teman sekelas saya. Mereka orang-orang-orang hebat.

Secara pribadi, saya mendapatkan pengalaman-pengalaman yang membuat saya lebih lagi untuk mengenal Allah semakin dalam. Tentunya, saya sudah mendapatkan ilmu ini. Saya akan pakai untuk memenuhi Amanat Agung untuk bersaksi dan saya pakai dalam pelayanan di mana saya bergereja. Amin. Tuhan Yesus berkati kita semua.

3. Damaris Br Sitepu

Shalom. Saya bersyukur kepada Tuhan, dan saya berterima kasih kepada tim SABDA yang telah melaksanakan kelas ini dengan baik dan saya mendapat kesempatan untuk belajar lebih tentang dasar-dasar iman Kristen. Banyak pelajaran yang saya dapat di kelas ini, terutama pelajaran-pelajaran yang diberikan kepada kami. Saya mendapatkan penyegaran, pengetahuan yang baru, dan banyak berkat yang saya terima, baik dalam modul maupun diskusi bersama dengan teman-teman dalam kelompok. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada pelayanan tim SABDA dan teman-teman yang sudah berbagi. Teruslah semangat melayani Tuhan dan memberi pengajaran buat banyak orang. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

4. David C.E. Lisapaly

Pengalaman selama saya mengikuti DIK-1 adalah semakin memperkuat iman keyakinan saya dan menambah wawasan mendalami iman kekristenan sejati. Pelajaran-pelajaran yang diberikan, khususnya tentang inkarnasi Allah di dunia dan karya keselamatan bagi manusia berdosa adalah dasar iman yang penting sehingga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus akan memperoleh anugerah keselamatan yang telah dipersiapkan Allah.

Berkat dari pelajaran ini adalah kita tahu dan semakin sadar bahwa tanpa pengorbanan Yesus di kayu salib maka apapun yang kita lakukan untuk beroleh keselamatan akan menjadi sia-sia. Inilah kebanggaan kita sebagai umat percaya yang telah diselamatkan dan jaminan memperoleh hidup kekal sehingga segala sesuatu yang kita imani dapat kita aplikasikan agar lebih banyak jiwa-jiwa yang dimenangkan bagi Tuhan.

Terima kasih buat tim SABDA dan semua teman-teman yang telah melakukan "sharing" sehingga kita boleh berbagi pengetahuan dan memperkaya pandangan kekristenan kita dari berbagai sudut pandang. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

5. Deny Rochman T.

Saya mengucap syukur bisa ikut kelas ini. Banyak sekali manfaat yang saya peroleh untuk lebih mengenal Tuhan dan memperkuat iman. Modul menambah pengertian akan kuasa serta kasih Tuhan pada kita. Kelas diskusi ini memperdalam renungan akan Alkitab melalui modul, serta adanya pendapat/perenungan dari teman-teman sehingga kita bisa saling sharing, berpendapat dengan teman seiman (berdasarkan Alkitab).

Saya ucapkan terima kasih kepada SABDA dan tim MLC, moderator, admin yang memfasilitasi kelas ini. Mari kita bersama mewartakan keselamatan yang telah kita ini untuk orang lain sehingga kemuliaan Tuhan semakin bersinar.

6. Julius Elat

Puji Tuhan, sudah mengikuti pelajaran DIK 1 sampai selesai. Pelajaran ini memperkuat pokok–pokok iman yang selama ini kurang dibahas di ibadah gereja, sehingga dengan mengikuti kelas ini, saya bertambah wawasan. Meskipun, kurang aktif dalam menanggapi diskusi dalam grup, saya menemukan bahwa pemahaman peserta ikut berperan dalam menguatkan iman dan mendorong untuk selalu belajar.

Kepada tim SABDA yang menjadi pemandu diskusi dan sebagai admin, saya mengucapkan terima kasih, karena sudah menjadi mentor yang selalu mendampingi dan mengingatkan untuk bergabung dalam diskusi grup. Saya tidak sabar untuk menunggu kelas DIK lanjutan karena akan semakin diperlengkapi mengenai topik yang lebih mendalam dan lengkap.

7. Jonathan K.

Selamat malam. Bersyukur kepada Tuhan dapat mengikuti DIK 1. Pelajarannya tidak hanya memberikan dasar, tetapi pelajaran yang sangat dIbutuhkan bagi anak-anak Tuhan untuk lebih mengenal Tuhan.

Terima kasih SABDA, Ibu Yulia dan tim SABDA, yang selalu memberikan program-program yang berbobot serta dorongan aktif bagi kami untuk berdiskusi dan berbagi, mengerjakan tugas-tugas. Terima kasih untuk pelayanan yang tak kenal lelah dari tim SABDA bagi Tuhan dan segala kemuliaan hanya bagi Tuhan Yesus Kristus. Salam damai.

8. Laowo Ukur

Terpujilah Tuhan kita, Yesus Kristus yang oleh karena kasih karunia-Nya, anugerah-Nya yang luar biasa memberi kesempatan yang baik untuk bisa bergabung belajar tentang kebenaran yang alkitabiah yang sangat berguna sebagai dasar pengetahuan tentang siapakah Allah dan bagaimana dia bekerja serta bagaimana hubungan-Nya kepada manusia ciptaan-Nya, sampai Dia dengan kasih-Nya, rela menjadi manusia hanya untuk menyelamatkan manusia berdosa kembali dalam rancangan-Nya yang semula.

Kelas DIK 1 oleh SABDA-MLC suatu anugerah bagi saya dan semua teman-teman yang berkesempatan belajar teologi secara sistematis, yang akan menjadi bekal dalam pelayanan pekerjaan Tuhan. Saya mengakui bahwa  SABDA - MLC sudah mengambil bagian dalam pelayanan yang bernilai tinggi dan mulia dan dengan sukarela melakukan pelayanan bagi kemuliaan nama Tuhan.

Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak, tim SABDA-MLC, teristimewa kepada Kak Admin, Kak Moderator dan kepada hamba-hamba-Nya yang lain yang cukup bersabar, bersemangat, dan telah memberi kontrIbusi yang baik dalam memberi arahan, bimbingan serta dapat mengasah pengetahuan berteologi secara alkitabiah.

Materi yang disajikan cukup baik dan mudah dicerna sehingga mudah dipahami dan bisa menjadi acuan yang baik dan mendasar tentang teologi menurut perspektif kebenaran yang bersumber dari Alkitab yang diyakini sebagai firman Tuhan. Terima kasih dan teriring salam dari kami sebagai siswa DIK 1 dan berharap bisa melanjutkan ke tingkat DIK 2 dan seterusnya sesuai program SABDA - MLC. Tuhan memberkati dan menyertai kita semua.

9. Medi L. Sihombing

Bersyukur bisa  menyelesaikan kelas ini. Saya kurang maksimal mengikuti diskusi kelas karena kesibukan. Namun, semua menambah materi dan wawasan saya. Terima kasih buat Tim SABDA yang terus membekali pesertanya dengan pembahasan pembahasan teologi dasar. Ini semakin terus diperkaya dengan pengetahuan secara alkitabiah.

10. Norlina E.A. Hauteas

Segala puji, hormat, dan syukur kepada Tuhan Yesus yang oleh kasih-Nya telah menolong saya mengikuti kelas diskusi DIK 1 mulai dari hari pertama hingga selesai dengan baik. Saya sungguh bersyukur atas kesempatan yang Tuhan berikan kepada saya untuk terus belajar firman Tuhan bersama keluarga besar SABDA MLC.

Betapa luar biasa kasih Tuhan yang tak terbatas oleh ruang dan waktu. Di sela sela kesibukan, Dia menuntun saya untuk memahami pokok-pokok dasar iman Kristen yang alkitabiah sehingga saya semakin mengerti dan dapat mempertanggungjawabkan apa yang benar kepada semua orang. Lebih dari itu, saya juga sangat diberkati dengan setiap jawaban, dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh moderator, setiap tanggapan yang bervariasi dari setiap peserta, sharing yang dibangun di dalam kelas sangat menolong saya.

Dari hasil diskusi ini, saya dapat belajar tentang dasar iman Kristen yang benar, mulai dari kisah penciptaan sampai kehadiran Manusia Kedua, yaitu Yesus Kristus, yang turun kedunia sebagai penebus bagi manusia pertama yang gagal menjaga ketaatannya kepada Allah, dan juga menjadi pribadi yang mengalahkan kuasa setan. Terima kasih banyak untuk tim SABDA MLC yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Tuhan Yesus memberkati.

11. Rachel Elizabeth Hosanna

Saat mengikuti DIK 1 ini, kondisi saya benar-benar sedang berantakan. Namun, sangat bersyukur karena melalui diskusi di kelas bersama teman-teman dan modul yang diujikan tertulis, saya menikmati kehadiran dan menyadari kebaikan Allah. Dalam hidup saya sebagai orang Kristen, ada banyak kebingungan, kesalahan, kegagalan, dan penyesalan yang saya alami. Puji Tuhan, melalui kelas ini saya diingatkan bahwa saya tidak mengalaminya sendiri. Semua orang Kristen sejak dulu mengalaminya juga. Dan, kita sama-sama mengalami kasih karunia Allah yang melampaui kebingungan, kesalahan, kegagalan, dan penyesalan kita.

Terima kasih kepada Kak Rode yang sudah mengingatkan dan menyemangati saya agar tetap "on track" dan tidak menyerah karena kesibukan. Juga kepada moderator, admin, dan seluruh pelayan di SABDA. Tuhan memberkati kita semua. Sampai jumpa di kelas-kelas selanjutnya!

12. Restu Pujangga

Shalom. Selamat malam Saudara yang terkasih. Segala puji syukur kepada Tuhan. Saya sangat bersyukur bisa ikut serta di DIK 1. Saya belajar banyak di sini dan lebih mengerti tentang firman tuhan yang ada di Alkitab. Saya juga lebih mengerti bagaimana cara mengikut Tuhan Yesus yang benar akan firman tuhan. Karena saya orang baru yang mengenal jalan Tuhan Yesus. Saya sangat bersyukur bisa belajar banyak di DIK 1 ini. Saya juga mengucapkan terima kasih banyak buat semua moderator dan admin atas bimbingannya dan dukungannya.

13. Rialdi Pasaribu

Bersyukur atas berakhirnya kelas diskusi Dasar Iman Kristen 1. Terima kasih kepada Tuhan, moderator, fasilitator, dan peserta diskusi yang sudah saling berbagi dan belajar. Mohon maaf juga atas kekurangan dan kesalahan saya selama proses diskusi.

Saya belajar banyak hal, khususnya mengenai setan, penciptaan dan Kristus sebagai Manusia Kedua. Oh, sungguh berkesan. Saya kembali belajar dan mendalami indahnya karya Tuhan dalam penciptaan, bahayanya si Setan, dan kuasa Kristus yang menyelamatkan kita. Kiranya kita semua dapat terus diperlengkapi, kuat dalam iman, menjadi pelaku firman dan membagikan kebaikan Tuhan bagi banyak orang setelah menyelesaikan kelas diskusi ini. Tuhan memberkati.

14. Shanty Gorudin

Shalom dan selamat sore Saudara/Saudari yang terkasih. Segala puji dan syukur hanya kepada Tuhan, di atas peluang untuk ikut serta dalam Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) ini. Saya juga berterima kasih kepada Ibu Yulia selaku narasumber, Pak Bima selaku moderator, dan Kak Rode selaku admin di DIK 1-2. Selain itu, saya juga mau berterima kasih kepada semua rekan-rekan dan saudara terkasih saya kerana banyak membantu dalam memperkaya dan serba sedikit memperdalam iman pengetahuan saya tentang dasar-dasar iman Kristen.

Saya rasa sangat terberkati dengan diskusi-diskusi yang sebelumnya belum pernah saya dengar. Saya juga sangat bersyukur dan berterima kasih dengan materi, modul serta diskusi yang berlangsung di grup kelas. Hasil daripada pemikiran kritis dalam diskusi-diskusi oleh rekan-rekan dalam DIK 1-2, bukan sahaja menambah wawasan diri saya, tetapi telah membantu menambah pengetahuan pengenalan mengenai ajaran kekristenan yang mendasar.

Selain daripada aspek pengetahuan, saya juga sangat terberkati kerana dapat mengenali dan mempelajari bahasa indonesia serba sedikit. Luar biasa sekali Tuhan kita dalam rancangan dan kasih-Nya kepada kita semua. Kiranya kita semua dapat menggunakan anugerah kebebasan kehendak yang diberikan Tuhan untuk menyampaikan sabda kebenaran kepada rakan jemaat yang lain atas dasar kemuliaan Allah kita.

Saya akan merindui kelas ini dan sekali lagi saya berterima kasih kepada tim SABDA yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan jayanya. Saya juga mau memohon maaf sekiranya pernah bertutur dalam bahasa yang kasar dan boleh menyakiti hati Saudara/Saudari. Saya juga mohon maaf sekiranya lewat bergabung dalam beberapa diskusi kerana kesibukan yang dihadapi.

Semoga kita semua terus diberkati dan semoga menjadi alat Tuhan yang setia menyampaikan kebenaran firman-Nya. Dan, semoga kita semakin sadar bahwa tanpa pengorbanan Yesus di kayu salib, apapun yang kita lakukan untuk memperoleh keselamatan akan menjadi sia-sia. Terima kasih dan Tuhan memberkati.

15. Supriyono

Shalom! Puji Tuhan! Bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Sang Juruselamat, Kepala Gereja, kalau saya bisa mengikuti kursus online Dasar-Dasar Iman Kristen yang diadakan oleh Yayasan Lembaga SABDA Ministry Learning Center/MLC mulai tanggal 9 - 16 Februari 2022.

Materi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 semakin memperkaya, menambah wawasan, dan memberkati saya pribadi, terutama dalam penggalian Alkitab/firman Tuhan: Penciptaan Alam Semesta, Penciptaan Manusia, Pelajaran tentang Setan, sang Penggoda, kejatuhan Manusia dalam dosa, Manusia Kedua dari Tuhan.

Komitmen setelah mempelajari tentang Dasar-Dasar Iman Kristen 1, saya akan lebih giat lagi dalam belajar, memahami, menggali, membaca, merenungkan firman Allah tentang Dasar-Dasar Iman Kristen yang terkandung dalam Alkitab. Baik untuk kepentingan pribadi, rumah tangga, keluarga, dan gereja.

Ucapan terima kasih kepada moderator, Kak Bima, admin, Kak Rode, dan tim SABDA yang telah bekerja sama dengan para peserta kursus online. Dasar-dasar Iman Kristen 1 yang memberikan saran, pendapat, semangat, motivasi, koreksi, jalinan korelasi komunikasi yang baik, dan masukan yang dapat membangun dan memperkaya lebih dalam tentang Dasar-Dasar Iman Kristen 1 sehingga jalannya diskusi semakin hangat dan memberkati semua peserta kelas DIK 1. Sekalipun hanya via Whatsapp, walaupun ada yang berhenti karena kesibukan pekerjaan dan kegiatan pelayanan lainnya.
 

Aplikasi praktis: sungguh menjadi berkat bagi saya pribadi melalui inkarnasi Tuhan Allah yang menjadi Manusia, yaitu Tuhan Yesus Kristus untuk menebus umat manusia, termasuk saya sehingga diselamatkan. Puji Tuhan! Akhirnya, Soli Deo Gloria. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

16. Tut Wuri

Segala puji, hormat, dan syukur, patut saya sampaikan kepada Tuhan Sang Pencipta langit dan bumi serta segala isinya.

Ucapan terima kasih saya kepada=

  • Yang pertama, Ibu Yuli selaku Narasumber
  • Yang kedua, Pak Bima selaku Moderator dan Ibu Rode Pardede selaku admin di DIK 1-2
  • Yang ketiga, Cecillia seorang sahabat yang menjembatani saya sehingga saya bisa mengenal SABDA dan mengikuti setiap sesi dari DIK 1 ini sampai tuntas.

Sungguh bersyukur bisa mengikuti Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) sehingga menambah pengetahuan pengenalan mengenai ajaran kekristenan yang mendasar. Karena jika ajaran dasar atau fondasi itu kuat, maka tidak akan mudah tergoyahkan dengan ajaran lain manapun juga. Dan, pelajaran yang paling berkesan dalam mengikuti kelas diskusi ini ketika mengupas masalah Tritunggal dan Manusia Kedua. Akan ada banyak pertanyaan, baik yang benar-benar ingin tahu tentang KeTritunggalan Allah, maupun yang berniat menjebak. Dengan bekal baru atau tambahan pengetahuan dari SABDA secara menyeluruh, teristimewa mengenai Allah Tritunggal dan siapakah pribadi Tuhan Yesus itu, diharapkan mampu menjawab pertanyaan yang disampaikan secara sederhana dan mudah diterima.

Akhir kata, saya juga rindu membagikan pengetahuan yang baru saya terima ini kepada anggota jemaat yang Tuhan percayakan kepada saya supaya iman dan kepercayaan mereka semakin dalam dan berakar kuat dalam Tuhan Yesus. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

17. Veronica Binti Saimon Eyuh

Syukur dan puji Tuhan. Saya merasa sangat terberkati menemukan laman MLC karena melalui laman ini saya sudah mengikuti beberapa kelas yang jalankan oleh MLC sejak tahun 2015 yang mana pada ketika itu PESTA. Pengalaman yang saya peroleh melalui pembelajaran dan diskusi dalam kelas sangat banyak. Sebelumnya, saya sudah pernah mengikuti kelas DIK 1. Modulnya memang sama, tetapi cara pembelajaran yang dulu dan kali ini agak berbeda. Dulu saya mengikuti kelas ini, diberi modul, kemudian menjawab pertanyaan, 10 pertanyaan berbentuk objektif dan 2 lagi pertanyaan berbentuk esai. Kemudian, diskusi dijalankan melalui Facebook. Kelas berjalan lebih kurang sebulan. Kelas DIK kali ini yang saya sertai, agak beda sedikit, diberi modul kemudian berdiskusi.  Melalui diskusi, saya belajar banyak dari teman-teman se-diskusi. Itulah sebabnya, saya ingin terus belajar di MLC yang telah banyak membentuk pribadi kristiani saya. Terima kasih tim MLC. Semoga Tuhan memberkati.

18. Yanse Arfinando

DIK 1 ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti diskusi Alkitab melalui grup WA. Menarik. Meskipun, tentunya perlu sedia ekstra waktu membaca respons seluruh anggota grup diskusi, khususnya untuk yang jawabannya panjang-panjang.

Saya merasa diberkati terutama dalam hal berusaha disiplin untuk selesaikan baca modul dan menjawab 2 pertanyaan tiap hari. Hal menarik, khususnya saat diskusi inkarnasi Allah menjadi manusia dalam Yesus Kristus. Usul untuk ke depan bisa ada pelajaran doktrin Tritunggal. Terima kasih kepada semua tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati.

19. Yeyen Surya

Shalom. Puji Tuhan untuk kesempatan yang diberikan bagi saya untuk bisa bergabung dalam kelas DIK-1 ini. Dalam banyak keterbatasan yang saya miliki, saya bersyukur bisa bergabung dalam kelas ini. Ada tambahan wawasan rohani yang saya terima dari pemaparan materi di awal oleh tim SABDA (Ibu Yulia) dan dilanjutkan dengan diskusi bersama dalam kelompok WAG DIK-1-2.

Iman saya semakin diteguhkan, dibukakan wawasan yang lebih luas tentang pemahaman akan ajaran Kristen yang benar terkhusus mengenai doktrin dosa, inkarnasi, misi, dan karya penyelamatan dalam Kristus. Melalui diskusi yang ada dalam kelompok DIK-1-2, saya bersukacita dan secara istimewa sungguh diberkati oleh pemaparan jawaban-jawaban yang disampaikan oleh teman-teman dalam diskusi kelompok 2 ini.

Terima kasih kepada tim SABDA, terkhusus untuk para moderator yang begitu setia mendampingi dan mengingatkan dalam "gently remainder"-nya untuk bergabung dalam diskusi kelas. Begitu juga semua teman-teman yang sudah berbagi pengetahuannya, yang sudah tentu akan memperkaya kekristenan kita dari bermacam pola dan sudut pandang. Saya akan mempraktikkan berkat rohani ini dalam pelayanan saya selanjutnya. To God Be The Glory.

20. Yokhebed Joy Suryana

Puji Tuhan dan terima kasih untuk tim SABDA yang setia mendidik dan mendampingi kami dalam belajar, khususnya di kelas DIK ini. Materi cukup lengkap, tetapi sederhana dan mudah dimengerti. Hal yang paling berkesan adalah bahwa Iblis sudah dikalahkan, kuasanya sangat terbatas, sehingga kita tak perlu terintimidasi. Kita adalah pemenang dalam Yesus. Kiranya SABDA terus menjadi berkat dalam pelayanannya. Tuhan memberkati kita semua.