Komentar

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 - 5

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Aireen Moidi

Secara pribadi, ini merupakan kali pertama saya mengikuti kelas seperti ini. Namun, saya sangat bersyukur. Berkat semangat dan dorongan dalam grup kelas, saya dapat menyelesaikan semua soalan dalam DIK 1. Kelas diskusi ini telah memberi pengalaman baru kepada saya lewat sharing rakan-rakan dalam grup. Sekali lagi, terima kasih kepada SABDA dan tim MLC, moderator, admin yang telah berusaha menjayakan kelas ini. Semoga berkat ilmu dan pengalaman baru yang kita pelajari berguna kepada pelayanan kita masing-masing demi kemuliaan nama Tuhan.

2. Darman Surbakti

Puji Tuhan, saya dapat mengikuti kelas DIK 1 sampai selesai. Saya sangat diberkati dengan materi ini, semakin menambah pengertian saya betapa besar kasih Allah bagi anak-anak-Nya. Hal ini menolong saya untuk terus bertumbuh dalam Yesus Kristus.

Saya juga mengucapkan terima kasih buat Ibu Yulia, Ibu Mei, semua tim SABDA dan juga buat rekan-rekan semuanya. Tetap semangat, terus melayani untuk kemuliaan-Nya dan hanya bagi nama-Nya Tuhan kita Yesus Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

3. Dassy Paulus

Shalom semuanya. Saya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan kita Yesus Kristus karena saya terus diberkati dan ditambah dengan pengetahuan baru yang menguatkan dan memperdalam lagi iman serta kepercayaan saya terhadap Tuhan. Terima kasih juga saya ucapkan kepada tim SABDA, terutama sekali untuk Kak Mei dan Bu Yulia yang banyak membantu dalam diskusi harian selama seminggu ini.

Begitu juga dengan rekan kelas DIK1-5, yang sudi berbagi pendapat dan memperbetulkan saya apabila pendapat yang saya berikan kurang tepat/sesuai dengan konteks pertanyaan yang diajukan. Terima kasih sekali lagi untuk tim SABDA karena menjadi alat Tuhan dalam menyampaikan ajaran-ajaran-Nya supaya kita terus bertumbuh dan dekat kepada-Nya. Semoga apa yang saya pelajari dari kelas DIK 1 ini, tidak saya simpan untuk diri sendiri, tetapi berbagi juga dengan anak-anak Allah yang lain. Selesai testimoni dari saya. Semoga bertemu lagi dalam kelas yang lain nanti.

4. David Tobias

Senang sekali bisa bergabung bersama rekan-rekan, khususnya untuk Bu Yulia dan Bu May yang sudah mendampingi kami. Terima kasih untuk kebersamaan rekan-rekan semua di grup kelas DIK1-5, sangat memberkati. Mungkin biasa bagi rekan-rekan, tetapi yang paling berkesan buat saya adalah kalimat: kehendak bebas adalah anugerah Allah bagi kita. Menyadarinya, kehendak bebas tersebut saya pakai untuk menyembah Allah, mengasihi-Nya, dan sesama manusia. Tuhan Yesus menyertai selalu.

5. Emi Soegiarti

Shalom. Puji Tuhan saya dapat menyelesaikan kelas diskusi DIK 1. Ini adalah pertama kali saya mengikuti kelas diskusi dari DIK 1. Saya sangat senang dapat belajar tentang Dasar Iman Kristen ini, salah satu doktrin yang sangat penting dalam kekristenan. Semua materi yang saya dapat dari pelajaran satu sampai lima dikemas dengan baik dan dapat dimengerti. Selain membaca materi yang sudah diberikan, saya juga mendapat pembelajaran dari pertanyaan-pertanyaan yang dijawab oleh para peserta dan rangkuman yang dibuat oleh moderator dan admin sehingga hal itu lebih menambah wawasan saya mengenai Dasar Imam Kristen.

Sebenarnya, di awal-awal diskusi saya ingin mundur karena malu akan kemampuan bahasa dan pengetahuan yang terbatas. Peserta lain sudah mahir dan sudah pernah ikut kelas ini, sedangkan saya jemaat biasa dan tidak pernah ikut sekolah teologi. Namun, ini kesempatan saya untuk bisa belajar lebih mengenal Tuhan dengan benar.

Terima kasih untuk moderator Ibu Yulia dan admin Ibu May, yang sudah sangat sabar membimbing kita semua, terutama saya dalam kelas ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang ada di kelas DIK 1-5 yang telah turut serta memberkati saya dalam penjelasan-penjelasan di setiap materi diskusi yang ada,sehingga banyak memberikan pandangan-pandangan dan menambah perbendaharaan saya. Sekali lagi, terima kasih.

6. Floriche Binti Pichara

Shalom, syukur puji Tuhan atas kebaikan-Nya sehingga saya dapat mengikuti kelas DIK ini sampai selesai. Seperti biasa, setiap kali ikut kelas kekangan masa yang membuat saya tidak dapat aktif berdiskusi pada siang hari dan hanya melakukannya pada malam bahkan sampai ke awal pagi.

Ini sedikit sebanyak membuat saya untuk berfikir untuk tidak mengikuti kelas seterusnya, tetapi hati ini sangat rindu untuk mempelajari Alkitab dengan lebih baik. Jadi, saya terus mendaftar untuk setiap kelas yang diadakan SABDA dan sangat berterima kasih kepada tim SABDA khususnya para moderator dan admin yang sangat supportive hingga saya dapat mengikuti setiap kelas dengan baik.

Pelajaran kali ini juga sangat menarik sesuai dengan tajuknya, "Dasar-dasar Iman Kristen". Saya merasa pelajaran ini harus dipelajari oleh setiap orang Kristen agar dalam menjalani kehidupan sebagai orang percaya, tidak ada lagi yang meragu-ragukan kewujudan Allah, ketuhanan Yesus dan keselamatan yang Allah janjikan.

Akhir sekali, kiranya YLSA melalui pelayanan SABDA akan menarik orang lebih ramai lagi untuk belajar mendalami Alkitab. Dan, dalam apa juga perancangan semuanya berjalan dengan baik dan lancar kerana Tuhan Yesus menyertai. Shalom. Tuhan Yesus memberkati.

7. Fransiskus Krismayandri Ekaristi

Luar biasa perkembangannya kelas DIK ini (DIK 1). Dulu saya pernah ikut kelas ini tahun 2000an, beda sekali mungkin beda zaman beda cara diskusi dan pembahasannya. Hehe. Kemajuan kelas: diskusi aktif, tanya jawab juga berjalan cukup baik. Sistem kelas: sangat luar biasa, ada reminder, ada rangkuman. Platform: cukup baik. Platformnya melalui WA, cuma agak kesulitan jika ada yang kelewatan baca (Telegram – ada pin message). Jadi, kita kadang harus search message untuk melihat pertanyaan selanjutnya dari admin/moderator atau menanggapi pertanyaan rekan yang lain.

Admin cukup baik dari proses administrasi dari awal sampai akhir kelas. Moderator baik sekali dalam membahas dan memberi referensi-referensi tambahan pada saat diskusi. Materi ke depan dengan DIK 2, dilengkapi dengan referensi yang lebih lagi dan mungkin ada tambahan-tambahan buku secara fisik yang bisa kita bagikan/diskusikan terkait DIK 2.

8. Giovanni Pedro Aprista Pakpahan

Saya mengucap syukur dengan mengikuti kelas DIK, saya banyak belajar dari materi dan diskusi di dalam grup yang sangat membangun iman. Aplikasi praktis terutama saya akan membagikan materi dengan orang terdekat dan belajar bersama. Tuhan memberkati.

9. Linna Kusuma Wati

Saya bersyukur dapat mengikuti kelas diskusi DIK sampai selesai. Awal saya pikir diskusi diadakan 2 minggu. Terima kasih buat Bu Yulia dan Bu Mei yang mendampingi kami. Terima kasih juga buat teman-teman kelas 5, bisa belajar bersama kalian sungguh menyenangkan.  Ada hal-hal baru yang saya pelajari dalam diskusi kali ini. Dan, saya juga belajar untuk "tidak menolak" kata evolusi. Pengetahuan perlu diuji dengan kebenaran Alkitab dan tidak perlu "dikesampingkan" karena pengetahuan juga bagian dari hikmat Allah yang diberikan kepada manusia. Kiranya apa yang saya pelajari kali ini, dapat melengkapi pelayanan saya ke depan. Tuhan memberkati kita semua.

10. Mangatur Sirait

Puji Tuhan atas kasih-Nya, saya dapat mengikuti kembali kelas yang diadakan SABDA MLC di tahun 2022. Saya sangat bersyukur dan diberkati dengan materi, tugas, dan diskusi di kelas DIK 1 ini. Semakin menambah pengertian dan wawasan saya dengan rangkaian materi yang disampaikan dan diskusi kelas mulai dengan penciptaan alam semesta, penciptaan manusia, setan, kejatuhan manusia dan akhirnya sampai pada keselamatan yang kita dapatkan atas kasih anugerah dari Tuhan kita, Yesus Kristus.

Kelas DIK 1 ini, selain menambah wawasan membuat saya sekaligus bersukacita dapat mengikutinya sambil tetap melakukan pekerjaan di tengah kondisi pandemi saat ini. Tuhan yang memampukan dan memberi hikmat dan juga waktu untuk saya bisa belajar, belajar, dan belajar kebenaran firman Tuhan.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Yulia, Ibu Mei, dan seluruh tim SABDA MLC  yang sudah mempersiapkan materi, tugas dan memfasilitasi kelas dengan baik dan juga kepada rekan-rekan semuanya di kelas DIK1-5. Salam sehat. Tetap semangat dalam Tuhan. Mari kita tetap terus melayani Tuhan demi kemuliaan-Nya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

11. Melkianus Imanuel Londong

Selamat pagi. Tuhan memberkati. Pengalaman saya: Berupa diskusi yang sangat menarik, sebab rekan-rekan yang mau saling menanggapi. Dasar-Dasar Iman untuk menjadi pondasi yang kuat sehingga tidak menjadi goyah, karena di dalam kebenaran. Adapun seperti Kak May, admin yang senantiasa mengingatkan, pasti lelah, tetapi mencintai pekerjaan untuk membagikan kasih Allah.

Dan ketika saya yang dikuatkan ini, menjadi bertanya apakah sudah semua bisa diambil maknanya? Jawaban saya adalah masih berkurang. Karena setiap hari saya lupa dan untuk mengingat saya harus tetap dalam firman. Terima kasih untuk materinya, pengaplikasian saya akan dibagikan pada teman-teman seiman untuk mengerti akan iman dari orang Kristen. Juga akan direfleksikan untuk setia pada Tuhan, apapun yang terjadi dalam kehidupan ini.

12. Oktovianus Jullip Oldie Karundeng

Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Mashiakh. Salam damai sejahtera dari Tuhan Yesus untuk kita semua.

Selama mengikuti diskusi kelas DIK 1, saya mendapat banyak pengalaman dan suasana baru dari rekan-rekan peserta, moderator dan admin yang baik hati. Demikian juga, selain refreshing banyak juga pelajaran/berkat baru yang berharga dan berkesan dalam diskusi kelas kali ini. Setelah mengikuti kelas DIK1 ini, saya harus semakin giat mentransformasikan semua yang telah saya peroleh melalui kelas ini, mulai dari kehidupan diri saya sendiri hingga kepada banyak orang dalam pekerjaan dan pelayanan saya. Haleluya, Amin.

13. Ramses Sihite

Puji Tuhan melalui pelajaran Modul DIK 1 dan dari diskusi-diskusi yang berlangsung selama pelajaran ini, semakin memperkuat iman keyakinan saya dan menambah wawasan mendalami iman kekristenan yang alkitabiah. Pelajaran-pelajaran yang diberikan, khususnya tentang inkarnasi Allah di dunia dan karya keselamatan bagi manusia berdosa adalah dasar iman yang penting sehingga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus akan memperoleh anugerah keselamatan yang telah dipersiapkan Allah.

Berkat bagi saya dari kelas ini adalah kita tahu bahwa pengorbanan Yesus di kayu salib adalah penebusan yang benar bagi umat manusia di dunia untuk beroleh keselamatan. Dalam Kisah Para Rasul 4:12, "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Terima kasih buat tim SABDA yang sudah menjadi berkat buat saya dan terima kasih juga buat semua teman-teman yang telah melakukan diskusi sehingga kita boleh berbagi pengetahuan dan memperkaya pandangan kekristenan kita dari berbagai sudut pandang. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

14. Robert Kurniawan

Bersyukur dapat mengikuti kelas DIK 1, dengan 5 modul: penciptaan alam semesta, penciptaan manusia, setan, kejatuhan manusia dan ditutup modul Manusia Kedua dari Tuhan. Kiranya dari kelas ini, saya boleh makin teguh dalam mengenal dan mengalami Allah dalam kehidupan sehari-hari. Akhir kata, terima kasih untuk tim SABDA, khususnya Ibu Yulia Oeniyati dan Kak Mei. Tuhan Yesus memberkati.

15. Purwani

Saya secara pribadi bersyukur kepada Tuhan Yesus yang sudah beri kesempatan dan diizinkan untuk belajar dengan bimbingan Yayasan SABDA yang membuka kesempatan untuk saya difasilitasi untuk memperdalam firman Allah dalam kehidupan saya. Terima kasih Bu Yulia dan Bu Evi dan tim SABDA yang lain. Dalam mengikuti belajar di DIK ini dan juga rekan-rekan DIK 1-5 yang saling membangun dan mengisi dan saling memperlengkapi pengetahuan firman Allah dalam hidup saya, luas lagi akan pengetahun firman Allah untuk saya pakai untuk menyaksikan kebesaran firman-Nya.

Terima kasih Bu Yulia dan Kak May yang dengan sabar membimbing, yang mengingatkan, juga terima kasih rekan-rekan semuanya. Kita akan sama-sama belajar lagi di Yayasan SABDA ini yang makin membuka hati rohani dan pikiran rohani kita untuk selalu di isi firman Allah supaya iman kita berakar, bertumbuh, dan berkembang menghasilkan jiwa-jiwa mengenal Tuhan dan mau belajar dengan kita lagi. GB.

16. Sianam Binti Kiring

Saya amat bersyukur dapat mengikuti kelas ini. Banyak sekali pengetahuan yang saya peroleh, khususnya mengenai penciptaan, manusia, setan, dosa dan lain lain. Walaupun pada mulanya saya ragu-ragu ketika diajak oleh teman-teman untuk mengikutinya. Terima kasih kepada tim SABDA MLC.

17. Suyati

Pengalaman saya mengikuti kelas ini adalah sangat bersyukur di mana saya mendapat pengertian yang lebih lagi karena pelajaran yang diberikan dari Pel. 1-5 dengan materi dan referensi baik dari Alkitab atau ilmu pengetahuan yang diberikan sangat-sangat menarik dan memberkati. Saya semakin diperkokoh dalam iman dan pengetahuan yang semakin benar sesuai Alkitab dan juga sharing dari rekan-rekan yang semakin memperkaya sudut pandang saya. Pelajaran yang paling berkesan adalah tentang ketaatan dan kehendak bebas yang Tuhan berikan kepada manusia, pelajaran tentang setan. Setelah saya mengikuti kelas ini, saya semakin tahu tentang malaikat yang jatuh itu (setan).

Aplikasi praktis yang saya akan lakukan: membagikan pelajaran yang saya dapatkan dalam pelayanan komunitas saya. Terima kasih buat moderator, Ibu Yulia dan admin, Ibu May atas pertanyaan-pertanyaannya dan juga arahannya, dan juga semua rekan-rekan di kelas. Maaf saya masih belum bisa menjadi rekan diskusi yang baik, tetapi saya akan terus belajar. Terima kasih seluruh tim SABDA.

18. Winarti Suryaatmadja

Mengikuti kelas MLC kali ini cukup bergumul mengingat kondisi saya sedang terpapar COVID-19 dan isoman di rumah. Dalam kondisi gejala awal berbarengan dengan dengan dimulainya kelas DIK 1 ini, hampir membuat saya menyerah untuk mundur. Hanya karena kekuatan dari Tuhan dan semangat dari Roh Kudus yang memampukan saya untuk bisa tetap mengikuti kelas ini sampai selesai.

Seseorang yang terpapar COVID biasanya diserang dengan pikiran-pikiran negatif dan kekhawatiran yang tidaklah baik bagi proses kesembuhan. Puji syukur kepada Tuhan dan terima kasih kepada tim SABDA yang mengizinkan ISOMAN sambil ISIMAN (Isi dengan Firman). Saya percaya setiap modul-modul DIK 1 ini menguatkan bahwa saya adalah manusia berharga yang diciptakan Allah dengan kehendak bebas dan setiap kesempatan hidup yang masih Tuhan berikan adalah pilihan ketaatan kepada Tuhan sehingga hidup kita berkenan kepada-Nya.

Tuhan sangat baik, mengadakan kelas DIK 1 tepat waktunya untuk membangun semangat saya dalam proses kesembuhan sehingga pikiran-pikiran saya terus diisi oleh firman Tuhan yang pastinya membangun iman saya untuk terus percaya dan berharap pada-Nya.

Terima kasih juga kepada Ibu Yulia selalu mentor di DIK 1-5 dan teman-teman di kelas yang telah banyak memberi wawasan dan pengalaman baru bagi saya tentang firman Tuhan. Saya nantikan berkat-berkat berikutnya lewat kelas DIK 2. Percaya setiap kesempatan yang Tuhan berikan bagi kita untuk belajar firman-Nya, membangun relasi dengan-Nya yang membuat kita semakin menyadari betapa besar Tuhan sungguh mengasihi kita. Tetap dan terus menjadi berkat buat tim SABDA.

19. Yonece Modouw

Puji Tuhan, saya diberi kesempatan dan waktu untuk belajar Dasar-Dasar Iman Kristen. Terima kasih Tuhan Yesus, terima kasih tim SABDA, terutama moderator, Ibu Yulia dan admin, Mbak May yang setia mengingatkan saya ketika saya belum sempat menjawab pertanyaan-pertanyaan diskusi.

Dasar-Dasar Iman Kristen sangat penting untuk kita ketahui. Mungkin secara umum kami sudah mempelajarinya, tetapi tidak sedetail yang kami pelajari. Yang sangat terkesan dari saya pada materi tentang setan. Selama ini, kami hanya mempelajari secara garis besar saja, tetapi di sini lebih mendalam lagi tentang asal muasalnya sampai dengan kuasanya sehingga kita tidak takut menjalani hidup ini bersama Kristus. Pelajaran lain yang terkesan tentang manusia pertama dan Manusia Kedua, perbedaan antara manusia pertama dan manusia kedua. Itu menjadi bahan diskusi di kelas sekolah Minggu saya.

Terima kasih buat teman-buat di kelas DIK -5 juga yang memberikan masukan dan referensi yang sangat berharga. Senang sekali ada di kelas ini, hanya sayang belum mengenal satu persatu dengan baik. Karena kesibukan kantor, kadang terlambat untuk merespons diskusi teman-teman. Puji Tuhan. Akhirnya, kami semua bisa menyelesaikan kelas dengan baik. Semua hanya karena kasih karunia Tuhan buat kita semua. Tuhan baik. Sampai ketemu di kelas-kelas berikutnya. Salam kasih buat tim SABDA, Ibu Yulia, dan Mba May, juga teman-teman semua. Tuhan Yesus berkati.

20. Yvonne Kaunang

Puji Syukur pada Tuhan saya bisa ikut dalam DIK 1 ini, yang sangat memberkati dalam mengiring Yesus. Materinya bagus dan membuat saya mengerti dan memahami dasar iman Kristen yang benar. Di tengah dunia saat ini yang sangat tidak menentu dan banyak ajaran-ajaran yang menyimpang dalam hal keselamatan, materi DIK ini akan menguatkan iman kita bahwa hanya melalui Yesus Juru Selamat dunia. Kita mendapat penebusan dan beroleh keselamatan. Terima kasih buat tim SABDA yang luar biasa membimbing dengan tulus dan sudah menjadi berkat untuk kami semua.

21. Zet Sirra

Shalom. Selamat malam. Segala puji, hormat, syukur dan kemuliaan bagi Tuhan kita, Yesus Kristus, sang Penyelamat dunia.Terima kasih kepada Ibu Yulia dan May yang siap mendampingi sehingga kelas dapat berjalan dengan baik, bersama dengan Tim SABDA. Terima kasih untuk kesempatan dalam program ini sehingga memperoleh referensi baru yang dapat digunakan dalam pelayanan. Terima kasih kepada teman-teman kelas DIK1-5 yang sudah menjadi teman kelas dalam men-share-kan firman Allah. Semoga kita dapat bertemu dalam kelas-kelas berikutnya di kelas DIK 2. Amin. Terima kasih untuk semuanya. Terima kasih atas doa kita semua. Kiranya Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. Shalom.