Komentar

Testimoni Peserta Kelas Memahamai Makna Paskah 1

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Anita Dian Kristanti

Shalom. Puji Tuhan telah menyelesaikan kelas MMP bersama-sama dengan rekan-rekan di kelas MMP 1. Sangat bersyukur dengan relasi yang terjalin, diskusi berjalan dengan penuh rasa kekeluargaan. Pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh rekan-rekan juga sangat menambah pemahaman makna Paskah. Yang menjadi pembeda kali ini adalah kejutan survei kecil kepada orang non-Kristen yang secara langsung mengajari saya untuk berani bertanya kepada mereka dan ternyata reaksi mereka tidak selalu menolak bahkan tahu sedikit tentang perayaan Paskah. Terima kasih kepada moderator, Pak Bima dan admin, Kak May yang selalu membimbing dan mengingatkan seluruh anggota kelas agar menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.

Bersyukur mendapatkan pengetahuan lebih mendalam mengenai makna Paskah, menjadi lebih bersemangat dalam merayakan Paskah yang merupakan perayaan terpenting umat Kristen. Terima kasih SABDA dan rekan-rekan semuanya, sampai bertemu di kelas berikutnya. Immanuel.

2. David C.E. Lisapaly

Pengalaman berharga saat saya mengikuti kelas MMP adalah saya banyak mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru melalui modul yang diberikan maupun saat berinteraksi di kelas bersama teman-teman. Hal ini semakin membangun iman saya terhadap makna kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus yang telah rela berkorban sebagai penebus dosa umat manusia.

Pelajaran yang paling berkesan adalah membedakan Paskah Yahudi dan Paskah Kristen dan bagaimana Yesus menyempurnakan semua nubuatan secara sempurna di kayu salib. Karya Allah yang maha agung telah kita terima sebagai anugerah bagi orang yang percaya pada-Nya. Hal inilah yang dapat memberikan motivasi kepada saya untuk memberitakan karya keselamatan tersebut kepada semua orang agar lebih banyak jiwa-jiwa yang diselamatkan.

Terima kasih kepada seluruh tim SABDA MLC yang telah berkontribusi untuk memperlengkapi kami dalam pelayanan di bidang kami masing-masing. Tuhan Yesus memberkati.

3. Dora Ervine Otod

Syukur Puji Tuhan, karena diberi peluang mengikuti MMP ini. Walau diuji dengan kesibukan dalam pekerjaan sepanjang diskusi, tetapi sangat rasa diberkati dalam kelas diskusi yang banyak memberi pengalaman baru, daripada pertanyaan dan jawaban dan diperbincangkan banyak memberi saya pengetahuan, juga teguran dan juga ada peneguhan. Terima kasih tim MLC yang sangat kreatif dalam memberi pembelajaran ini. Terima kasih juga teman-teman MMP 1 yang banyak memberi inspirasi.

4. Feronica

Puji Tuhan, akhirnya dapat mengikuti kelas diskusi MMP ini hingga selesai. Pada awalnya saya ragu-ragu apakah saya masih bisa lanjutkan dengan kondisi tubuh yang sedang butuh istirahat. Namun, dengan semangat dan tekad setelah mendengarkan YouTube presentasi Ibu Yulia, jadi semangat untuk mencoba lanjut ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan diskusi kelas dan juga melalui  modul yang ada, menjadi semakin yakin Allah sungguh baik dan teramat baik. Roh Kudus menolong, menguatkan, serta memberikan pengertian lebih lagi mengenai arti Paskah yang sesungguhnya berdasarkan kebenaran firman-Nya. Terima kasih tim MLC SABDA yang telah menggodok materi MMP untuk kami. Agar kami dapat menularkan arti Paskah yang sesungguhnya berdasarkan firman-Nya. Juga dengan pertanyaan survei kepada sesama, memacu saya untuk dapat terus memberitakan anugerah kasih-Nya kepada rekan-rekan yang belum percaya Yesus. Terima kasih untuk tim MLC SABDA yang luar biasa yang telah memperlengkapi dan menyadarkan kami agar kami memiliki karakter seperti Yesus yang taat melakukan kehendak Bapa-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

5. Giovanni Pedro A. Pakpahan

Selama mengikuti kelas MMP, saya banyak mengevaluasi diri mengenai pemahaman saya tentang Paskah. Pelajaran/berkat yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi ketika teman-teman saling mengisi dan memberi pendapat dan mengemukakan pendapatnya yang mempertajam.

Aplikasi praktisnya adalah saya ingin menceritakan kepada rekan-rekan pemuda di gereja tentang topik Paskah ini. Komitmen yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas MMP adalah saya akan terus belajar dan memperdalam pemahaman tentang kematian dan kebangkitan Kristus dalam hidup saya, dan menceritakan kebaikan Tuhan kepada orang lain yang belum mengenal Kristus.

6. Indah Triani

Praise the Lord. Terima kasih sebelumnya saya sampaikan kepada SABDA MLC yang telah menyediakan pendidikan kelas secara online yang bertemakan: Memahami Makna Paskah.

Dalam kelas Paskah yang baru pertama kali saya ikuti, saya telah mendapatkan banyak sekali berkat. Dari yang saya tidak tahu menjadi tahu. Lebih mengenal akan sosok Yesus Kristus yang telah menjelma menjadi manusia untuk menjadi penebus dosa. Dalam kelas Paskah ini juga, saya termotivasi untuk lebih mensyukuri akan anugerah yang Tuhan sudah berikan karena karya-Nya yang agung melalui pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib.

Banyak hal yang saya pelajari dalam kelas Paskah ini mengenai tradisi bangsa Israel dalam menjalani Paskah dari materi-materi yang telah saya dapatkan.

  1. Pengertian Paskah
  2. Paskah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
  3. Kematian Yesus
  4. Kebangkitan Yesus
  5. Paskah bagi Dunia, Gereja, dan Saya

Selain banyak pelajaran yang saya ambil, saya juga mengambil manfaat dalam berinteraksi dengan teman-teman kelas yang mana awalnya kita tidak mengenal satu sama lain. Namun dengan mengikuti kelas Paskah ini, kita jadi semakin diingatkan, dibimbing serta dikuatkan.

Pelajaran yang sangat menarik adalah pembekalan praktik dengan cara survei di mana kita bisa termotivasi untuk menjelaskan makna dari Paskah bagi teman non-Kristen dan kita semua bisa menjadi pewarta Injil Kristus.

Di akhir kata, kiranya SABDA-MLC menjadi yang terdepan dan terus dipakai lebih lagi dalam pelayanannya. Saya ucapkan terima kasih kepada tim SABDA-MLC yang telah mengorbankan waktu dengan penuh setia, kesabaran dalam sharing dan diskusi selama berproses. Sampai di jumpa di kelas berikutnya. Tuhan Yesus memberkati.

7. Jennylenny Tudin

Sebelumnya, saya bersyukur berkat kasih Allah saya dalam keadaan sehat sehingga dapat ikut serta sampai tamat seisi perkongsian (diskusi) di MMP, karena diberi kesempatan dan bertemu sahabat-sahabat yang bersemangat dalam memberi perkongsian sungguh berkesan bagi saya biarpun hanya di grup WhatsApp. Pengalaman ini akan sangat saya hargai. Pengetahuan yang saya dapat dari modul dan sahabat dalam grup WhatsApp membuka pikiran dan membakar semangat, rasa syukur karena apa yang saya imani sungguh benar. Iman saya bertambah kuat karena perkongsian makna Paskah yang sangat padat, ditambah lagi dengan kesaksian banyak orang betapa besar karunia Tuhan yang telah saya terima. Puji Tuhan.

Harapan saya, ke depannya saya akan berpeluang untuk mengikuti kelas diskusi lainnya dan mendoakan pelayan-pelayan SABDA MLC diberkati terus menjadi jembatan ilmu pengetahuan rohani bagi kami seterusnya berkembang dalam iman yang teguh. Amin. Terima kasih juga untuk masa yang diluangkan untuk kami para admin dan pelayan SABDA di MMP.

8. Marganda Kristianto Purba

Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang sungguh mengasihi dan memberkati sehingga saya bisa mengikuti kelas MMP ini dengan baik.

Pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti kelas MMP 1 selama 1 minggu ini sungguh diberkati dengan sahabat Kristus yang luar biasa saling melengkapi dan menyempurnakan setiap pertanyaan yang diberikan oleh moderator.

Kesan yang saya terima selama mengikuti kelas MMP ini adanya rasa kekeluargaan dan kebersamaan sebagai anggota dari tubuh Kristus dalam menjawab pertanyaan yang diberikan dan juga saling berbagi pengalaman satu sama lain.

Pelajaran yang berkesan, yaitu saat diminta untuk survei kepada teman yang non-Kristen apakah mereka mengetahui mengapa Orang Kristen merayakan Paskah. Di situ terlihat bahwa teman-teman yang kami survei memberikan jawaban yang beraneka ragam menunjukkan kemajemukan masyarakat kita bangsa Indonesia dan hampir 75% dari hasil survei mengetahui tentang Paskah.

Saya sangat berterima kasih kepada lembaga SABDA yang telah memfasilitasi kami untuk terus belajar bukan hanya pengetahuan, tetapi penerapan ke dalam komunitas kita di gereja masing-masing. Komitmen saya akan terus mengikuti kelas MLC SABDA dan juga membagikan setiap hal yang saya dapatkan kepada semua orang yang mengasihi dan mencintai saya dan juga Tuhan Yesus. Amin. Tetap sehat semangat dan sukacita sahabat Kristus.

9. Mistin Pitasari

Bersyukur bisa bergabung dan belajar lagi di SABDA MLC. Saya bisa menggali lebih dalam tentang makna Paskah yang sesungguhnya. Saya semakin bersyukur dan merasa dicintai oleh Allah, Allah begitu mengasihi saya hingga memberikan Yesus mati buat saya. Betapa saya berharga di mata Tuhan. Saya sungguh bersyukur. Hal ini membuat saya semakin bersemangat untuk memberitakan Injil, semakin yakin bahwa Injil yang kita beritakan adalah berita sukacita, bentuk kasih, dan keadilan Allah bagi penghapusan dosa-dosa kita. Saya berdoa bukan hanya kita yang dapat kabar sukacita keselamatan tetapi juga untuk orang-orang yang belum mendengar berita Paskah ini agar mereka tahu tujuan Yesus mati buat kita. Terima kasih buat Kak Bima, Kak May, tim SABDA dan rekan-rekan di MMP 1. Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

10. Nancy Gerungan

Pertama, saya bersyukur berterima kasih kepada Tuhan Yesus yang sangat baik yang sudah memberikan kesempatan sehingga dapat mengikuti kelas MMP ini dengan baik sampai selesai.

Pengalaman dan kesan  di kelas selama seminggu bersama teman-teman belajar tentang MMP sungguh memberkati. Kami saling berbagi dan menyempurnakan setiap pertanyaan dari moderator yang harus dijawab. Ada rasa kebersamaan dan saling menyemangati satu dengan lain. Jadi, kelas menjadi  hidup dan ramai suasananya, dengan saling berbagi pengalaman hidup bersama Tuhan. Terima kasih kepada moderator, Dimas Bima dan admin, Dek May yang sabar menuntun dan menyemangati kami di kelas.

Pelajaran dan modul yang diberikan baik. Mudah dimengerti, dilengkapi dengan referensi. Pun pelajaran terakhir bagus, diberikan tugas untuk survei ke orang non-Kristen tentang Paskah. Ini salah satu cara memperkenalkan siapa Yesus yang penuh cinta kasih kepada umat manusia.

Terima kasih banyak kepada SABDA MLC dan tim yang sudah memfasilitasi kami semua sehingga boleh mengikuti kelas baik secara teori dan praktik praktis. Bagi saya pribadi, belajar Alkitab yang dilakukan oleh SABDA amat sangat memberkati dan berarti sekali, iman terus bertumbuh, berakar dan berbuah, dapat diaplikasikan di dalam pelayanan saya. Tuhan Yesus kiranya terus memakai dan memberkati SABDA MLC dan semua orang yang terkait di dalamnya menjadi kepanjangan tangan Tuhan di dunia ini.

11. Nelsiana Sidundu

Betapa saya sangat bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan saya kesempatan untuk ikut serta dalam diskusi yang dikendalikan oleh tim SABDA dan terima kasih kepada semua tim penyelenggara SABDA yang telah bersusah payah menyediakan soalan-soalan yang memang sangat penting untuk saya dan saya tidak akan menyimpan ilmu dan pengajaran yang saya peroleh dalam diskusi ini untuk kepentingan saya sendiri, melainkan saya akan membagikannya kepada orang lain supaya lebih ramai orang mengenal betapa dalamnya kerahiman Tuhan bagi dunia.

Harapan saya, semoga tim SABDA terus semangat menyelenggarakan kelas semacam ini lewat medsos sehingga lebih banyak orang dapat menikmati berkat Tuhan. Pengalaman saya mengikuti kelas MMP adalah dapat membimbing saya, mendidik, dan mendisiplinkan pribadi saya untuk membaca Alkitab, membaca materi-materi, menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menambah pengetahuan dan memperdalam iman saya kepada Tuhan Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat kita semua.

Penyediaan materi dan pertanyaan sangat baik mulai dari pertanyaan pertama sampai pertanyaan terakhir, tetapi pertanyaan yang sangat menyentuh hati saya dan menjadi renungan pribadi saya yaitu, pertanyaan 6: "Mengapa kematian Yesus harus bisa dibuktikan? Bukankah kita hanya butuh iman untuk percaya bahwa Yesus betul-betul mati?" Pertanyaan no. 1 juga sangat populer di kalangan orang Kristen karena setiap tahun kita merayakannya, tetapi banyak orang tidak tahu arti Paskah, bahkan teman-teman saya sendiri tidak tahu pengertian Paskah yang sebenarnya. Kemarin sempat saya kirim dalam grup WA, tetapi banyak yang tidak tahu. Maka melalui kesempatan ini semoga apa yang saya telah pelajari dalam diskusi ini akan saya bagikan kepada teman-teman saya.

Pengertian Paskah sangat penting. Orang Kristen perlu tahu dan juga harus mengenali sejarah Paskah lebih mendalam agar kita dapat membagikannya kepada anak-anak kita dan orang lain di sekitar kita. Semoga kita semua diberi kesehatan dan umur panjang sehingga dapat berjumpa lagi dalam diskusi-diskusi akan datang. Shalom. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

12. Oktovianus J.O. Karundeng

Haleluya, puji Tuhan, karena penyertaan-Nya, sehingga saya boleh menyegarkan kembali serta menambah ilmu pengetahuan tentang makna Paskah melalui materi yang telah dipresentasikan oleh tim SABDA MLC dan sudah didiskusikan bersama rekan-rekan peserta, bahkan ada metode baru yang sungguh indah, yaitu survei yang banyak memberkati.

Terima kasih saya haturkan kepada tim SABDA MLC semuanya, khususnya Ibu Mei yang rajin mengingatkan saya di tengah kesibukan dinas, kuliah profesi, dan pelayanan saya.

Akhirnya, saya memohon Tuhan Allah Tritunggal agar selalu menyertai dan memampukan saya mengaplikasikan Makna Paskah tersebut ke dalam hidup keseharian saya dan menyaksikannya kepada orang banyak. Amin.

13. Purwani

Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus, karena anugerah-Nya, saya secara pribadi masih diberikan kesempatan untuk belajar firman Allah melalui Yayasan SABDA yang tidak henti-hentinya memfasilitasi saya untuk saya diperlengkapi firman Allah melalui belajar demi belajar yang selalu baru bahkan semakin luas lagi sehingga pola pikir, cara pandang, wawasan saya dalam menggali firman Allah makin bertambah maju.

Terima kasih Yayasan SABDA melalui Bu Yulia dan semua tim SABDA. Saya sangat terima kasih melalui pemikiran juga dukungannya, dan banyak lagi. Terima kasih dan maaf kalau saya tidak sesuai dalam menggali firman Allah-nya. Terima kasih teman-teman MMP 1, penggaliannya yang memberkati dan memperlengkapi saya. Menjelang Paskah ini, saya sudah mendapatkan kado yang sangat indah sehingga Paskah tahun ini biar saya makin sesuai firman Allah. Sekali lagi terima kasih Kak Bima dan Kak May yang sudah mendukung, mendorong, dan mengingatkan saya untuk semangat dan maju di dalam mengenal pribadi Kristus. GBU.

14. Rossa M.M.L.

Seminggu mengikuti kelas MMP saya diberkati dengan materi yang diberikan dan teman-teman sekelas yang luar biasa saat berdiskusi. Materi yang saya terima membawa saya untuk melihat ke dalam (perenungan pribadi) dan juga melihat pada situasi saat ini (terkait makna Paskah dan sikap/respons hidup jemaat masa kini). Hasil perenungan tersebut mengingatkan saya untuk mengambil bagian dalam menyelesaikan PR-PR yang Tuhan berikan agar semakin banyak yang mengaku dan percaya kepada Juru Selamat. Hal yang berkesan adalah saat melaksanakan tugas hari terakhir, meminta saudara yang tidak seiman memberi pendapat tentang Paskah, tetapi saya pun belajar dari jawaban yang diberikan.

Komitmen saya setelah kelas ini adalah saya akan mengambil bagian dalam proyek memberitakan Injil Yesus, baik dalam pelayanan di sekolah Minggu maupun pekerjaan di kantor. Kiranya Roh Kudus menolong. Apresiasi untuk tim SABDA yang selalu setia menjadi alat Tuhan yang setia memperlengkapi setiap orang percaya. Tetap setia karena kerja buat Tuhan selalu manise.

15. Taru Nugroho

Pelajaran/berkat yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi MMP adalah saya dapat masukan dari berbagai sudut pandang dari teman-teman kelas MMP lainnya sehingga dapat saling melengkapi dalam memahami Paskah secara lebih lengkap dan alkitabiah.

Aplikasi praktis yang saya dapat setelah mengikuti kelas MMP adalah dengan pemahaman yang lengkap dan alkitabiah tersebut dapat mendorong saya memperingati Paskah secara lebih selektif di mana fokus Paskah adalah pada Yesus, sang Domba Paskah, yang telah mati guna menanggung hukuman dosa semua manusia yang percaya kepadanya.

Komitmen yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas MMP adalah mau menjadi orang percaya yang memiliki pemahaman yang mumpuni dan alkitabiah secara khusus tentang Paskah agar bisa lebih berani dalam memberitakan Yesus sebagai Pembebas semua umat manusia yang akan menuju kematian kekal. Terima kasih kepada semua tim SABDA, teman-teman kelas MMP. GBU.

16. Victoria Gracia Pontororing

Puji Tuhan. Saya panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yesus. Saya sangat bersyukur dan ucapkan terima kasih juga kepada gembala saya, Ps. Roma Solisa yang sudah memperkenalkan SABDA Ministry ini. Beliau salah satu murid dari Bu Yulia saat kuliah di STT Berita Hidup Solo. Sudah beberapa kali beliau sarankan untuk mengikuti setiap SABDA mengadakan program-program ini, tetapi baru kali ini hati saya tergerak dan mengikuti. Dan benar, pada awal saya ikuti, saat itu Bu Yulia membagikan presentasi Paskah ada beberapa yang belum saya pernah dengar dan itu sangat membuat saya bersyukur dan lebih lagi mau mendalami lagi perihal tentang Paskah itu.

Saat dalam kelas diskusi pun, jujur saya agak ragu, takut untuk menjawab karena memang inilah pertama kalinya saya mengikuti kelas diskusi seperti ini. Puji Tuhan semua pertanyaan ada dalam setiap modul-modul yang diberikan. Dan, saya pun akhirnya mengetahui juga tentang referensi-referensi yang diberikan karena sangat membantu sekali. Melalui refrensi-referensi ini juga mempermudah saya lebih memahami. Dalam kelas diskusi pun mengajarkan saya untuk bisa komitmen mengikuti terus, walau ada beberapa kali saya lalai tidak jalankan.

Program SABDA ini pun membuat saya jadi ingin terus belajar menggali kebenaran firman Tuhan itu. Ini semua baik buat saya dan bisa saya aplikasikan dalam hidup saya dan juga menjadi saksi Kristus. Sekali lagi, terima kasih untuk SABDA ministry, saya sudah dapat mengikuti program kelas MMP ini. Terpujilah nama Tuhan. Amin.