Komentar

Testimoni Peserta Kelas Memahamai Makna Paskah 2

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Andi Yunita

Saya sangat berterimakasih bisa ikut kelas ini. Banyak hal yang menjadi pembelajaran buat saya.

  1. Kembali diingatkan esensi Paskah yang sesungguhnya.
  2. Dibawa melihat dan memahami bahwa tidak semua orang Kristen sudah mengerti arti Paskah yang sesungguhnya.
  3. Ditolong oleh moderator dan admin yang luar biasa membuat saya bisa tetap mengikuti dan memahami materi ini secara maksimal walaupun waktu yang saya gunakan terbatas karena pekerjaan dan pelayanan.
  4. Sangat terberkati dengan teman-teman yang lain juga.
  5. Poin-poin penting yang sangat luar biasa dari kelas ini adalah hari terakhir yang membuat kita melakukan survei kecil yang memberi saya keberanian untuk menyampaikan Kabar Baik kepada orang yang belum percaya kepada Yesus.

Intinya luar biasa sangat memberkati dan memotivasi saya untuk terus belajar lewat wadah yang disediakan SABDA seperti ini.

2. Dedy Sudiarto

Bersyukur kepada Tuhan yang telah mengizinkan tim SABDA memperlengkapi saya dalam belajar dengan metode yang berbeda. Tema tentang Paskah bagi sebagian besar gereja sudah diajarkan, tetapi metode yang digunakan SABDA berbeda daripada biasanya. SABDA memiliki metode yang bagus dan menarik bagi peserta baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, keluarga yang rindu untuk diperlengkapi, dapat mengikuti kelas dengan waktu belajar fleksibel ini. Berharap minimal setahun dua kali tim SABDA dapat anugerah Tuhan menyelenggarakan kelas semacam ini.

Pengalaman saya mengikuti kelas MMP adalah komitmen. Meskipun kondisi letih, tetapi tetap saya harus mengerjakan semua tugas yang diberikan baik membaca materi-materi, menjawab pertanyaan dan juga diskusi. Semua materi pelajaran yang diberikan oleh tim SABDA sangat mendidik dan memberikan kesan, tetapi bagi saya yang paling berkesan adalah pelajaran pertama dan pertanyaan 6 MMP hari ke-3, Kematian Yesus. Ada pertanyaan yang begitu baik, yaitu: "Mengapa kematian Yesus harus bisa dibuktikan? Bukankah kita hanya butuh iman untuk percaya bahwa Yesus betul-betul mati?" Sedangkan, kesan mendalam yang saya dapatkan dalam materi pertama adalah "Pengertian Paskah", khususnya di masa pra-Paskah ini saya kembali diingatkan bahwa betapa pentingnya orang Kristen mengenal sejarah Paskah yang harus menjadi salah satu mandat budaya Kristen. Demikian sedikit kesaksian berkat yang Tuhan berikan dalam mengikuti MMP. Kiranya Tuhan memberkati kita semua. Soli Deo Gloria.

3. Deny Rochman Trimuljono

Terima kasih Tuhan atas anugerah-Mu sehingga saya bisa mengikuti kelas MMP ini sampai selesai. Paskah sungguh berarti bagi kita orang yang percaya akan karya kematian dan kebangkitan Yesus. Begitu besar kasih Tuhan akan pengorbanan-Mu Tuhan yang menguatkan kami untuk tetap menjaga iman kami. Dalam kelas ini, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. Selain menguatkan juga memberikan motivasi untuk kita bersaksi. Terlebih dari pertanyaan untuk kita survei tentang Paskah untuk kita berani bersaksi pada orang yang kita kenal, baik yang sudah kenal Kristus/arti Paskah untuk saling menguatkan dan mendoakan. Terlebih survei untuk orang yang belum mengenal/percaya pada Yesus arti Paskah bagi orang Kristen. Bisa jadi sarana untuk bersaksi melalui apa arti momen Paskah. Hari Jumat kita libur yang ada di kalender adalah Jumat Agung/kematian Yesus, sedangkan Paskah hari Minggu adalah kebangkitan Yesus dari maut sehingga iblis/dosa telah dikalahkan untuk menebus kita orang berdosa. Mari kita bersaksi melalui momen Paskah ini.

Terima kasih SABDA, Bu Evie sebagai moderator, Kak May sebagai admin yang selalu mengingatkan. Dan, teman-teman kelas diskusi, jawaban, serta sharing yang saling menguatkan. Saya tunggu kelas SABDA selanjutnya. Terima kasih. Tuhan memberkati. Amin.

4. Eben Madulu

Shalom! Terima kasih buat tim SABDA boleh hadir untuk memberikan pemahaman bagaimana memahami makna Paskah.

Pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti MMP 2:

  1. Saling berbagi tentang MMP mulai dari pelajaran 1-5.
  2. Saya mendapatkan pengetahuan, khususnya MMP.
  3. Secara pribadi banyak berkat rohani yang saya dapatkan bahkan ada hal-hal yang menegur saya.
  4. Melalui kegiatan MMP ada target yang perlu dicapai yaitu bersaksi tentang Kristus kepada orang lain.

Harapan: kiranya komunitas tim SABDA senantiasa dipakai oleh Tuhan untuk memperlengkapi anggota tubuh Kristus dan semakin banyak orang mengenal siapa Yesus.

5. Glorya Loloangin

Puji Tuhan. Saya jujur, materi kali ini tidak terlalu fokus karena ada online juga yang saya ikuti setiap malamnya dan tidak bisa ditinggalkan. Senang sekali admin, May, selalu mengingatkan untuk mengerjakan tugas. Selama mengerjakan tugas banyak pengalaman baru yang saya pelajari, dari materi 1-5 sangat memberkati saya. Tentu materi yang telah dibagikan wajib kita baca bersama untuk menjadi berkat bagi proses hidup yang kita jalani.

Terima kasih tim SABDA yang selalu men-support, mendukung kegiatan MMP ini, diberkati tim dalam segala hal untuk terus menjadi berkat bagi banyak orang.

6. Hardi Wiyono

Kelas ini membawa pemahaman baru bahwa Paskah seharusnya dirayakan dengan sangat besar, semarak, gegap gempita oleh orang Kristen, sama mewahnya dengan Natal. Karena Paskah merupakan puncak dan inti ajaran Kristen. Kabar baik lahirnya Yesus, Sang Juru Selamat tidak bisa melulu berhenti pada pemberitaan tentang Yesus yang terus menjadi bayi, tetapi seharusnya menjadi seluruh rangkaian proses kehidupan Yesus yang tumbuh, melayani, dan mati disalib. Kebangkitan Yesus menjadi pembuktian bahwa seluruh nubuat para nabi di PL digenapi. Tidak ada kekuatan yang mampu membantah fakta bahwa Yesus bangkit dari kubur, ini membuktikan Dia Allah yang berkuasa. Terima kasih kepada tim SABDA dan teman-teman di grup, yang memberi kontribusi sehingga pemahaman ini berkembang. Tuhan Yesus memberkati.

7. Julius Elat

Shalom dan selamat pagi. Puji Tuhan, saya dapat ikut belajar MMP. Saya sangat diberkati dan dapat belajar hal-hal baru lewat MMP. Terima kasih buat seluruh tim SABDA untuk pelayanannya. Tuhan Yesus memberkati.

8. Kornelius

Puji syukur kepada Tuhan Yesus yang telah memampukan saya mengikuti kelas MMP ini sampai selesai. Sebelumnya, saya belum pernah belajar tentang Paskah seperti yang saya dapat di SABDA MLC MMP ini. Setelah saya mengikuti belajar bersama teman-teman tentang Paskah, saya jadi lebih memahami dari pemahaman saya sebelumnya. Semua materinya sangat memberkati saya terutama materi kebangkitan Yesus. Pemaparan tentang Paskah dari teman-teman juga semakin menambah pengetahuan dan memberkati saya.

Saya akan belajar menjadi saksi dan memberitakan kebangkitan Yesus seperti yang sudah diajarkan dan ditulis oleh para murid Yesus dalam kitab Perjanjian Baru dan bapa-bapa gereja. Saya akan terus belajar untuk menambah pengetahuan dan membagikannya setiap ada kesempatan.

Kiranya Tuhan Yesus memampukan saya untuk melakukannya. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada moderator, Bu Evie, admin, Bu May dan seluruh tim SABDA MLC yang sudah menyelenggarakan dan membimbing saya untuk semakin memahami makna Paskah. Saya juga berterima kasih kepada seluruh peserta MMP 2. Kiranya Tuhan Yesus memberkati setiap pelayanan yang digagas tim SABDA MLC ke depan dan semakin memberkati banyak orang.

9. Mangatur Sirait.

Puji Tuhan atas kasih-Nya, saya dapat mengikuti kembali kelas yang diadakan SABDA MLC di tahun 2022 ini. Walaupun saya merasa tidak maksimal mengikuti kelas kali ini karena pekerjaan yang kebetulan sedang padat bertepatan dengan mengikuti kelas MMP ini, tetapi saya tetap bersyukur dan diberkati dengan materi, tugas, dan diskusi bersama rekan-rekan di kelas ini.

Semakin menambah pengertian dan wawasan saya memahami makna Paskah yang sesungguhnya secara alkitabiah. Paskah tidak kalah penting dibanding dengan peristiwa yang lain, malah sangat penting. Merayakan Paskah bukan sekadar seremonial semata, tetapi bagaimana memahami lebih dalam dan bagaimana kita menghidupinya dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkup keluarga, pekerjaan, dan pelayanan.

Kelas MMP yang saya ikuti kali ini sempat saya ingin mengundurkan diri karena pekerjaan, kebetulan sedang padat-padatnya. Namun, Tuhan yang memampukan dan memberi hikmat dan juga waktu untuk saya bisa belajar, belajar, dan belajar kebenaran firman Tuhan di tengah kondisi yang sibuk.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Evi, Ibu Mei, dan seluruh tim SABDA MLC  yang sudah mempersiapkan materi, tugas dan memfasilitasi kelas dengan baik dan juga kepada rekan-rekan semuanya di kelas MMP 2 ini. Salam sehat, tetap setia dalam Tuhan, mari kita tetap terus melayani Tuhan demi kemuliaan nama-Nya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

10. Melce Yonathan Lomi

Shalom semua. Segala kemuliaan bagi Tuhan Yesus Kristus. He is Risen. Yes, He Is Risen indeed.

Kelas MMP 2022 dari MLC SABDA ini sangat bagus dan bernilai bagi kaum awam Kristen yang selalu dibuat tiap tahun dalam memperingati Paskah. Alangkah indahnya, jika program seperti ini diadopsi oleh gereja-gereja Tuhan bahkan sinode-sinode untuk mempersiapkan jemaatnya menyongsong Paskah.

Kali ini, diskusi yang saya ikuti baik dan dinamis dalam Kelas MMP 2. Apresiasi buat admin, moderator, yang rajin, tertib, dan tegas mengatur kelas kami. GB full deh. Teman-teman diskusi dalam memberikan pendapatnya baik dan berkualitas walau kelas MMP 2 Malam-Mulai-Pesta-Paskah, artinya ramai saat malam hari diskusinya.

Tugas Tertulis kali ini dari MMP mudah diisi dan singkat aja jawabannya. Yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah diskusi yang melibatkan peserta harus survei ke orang lain (agama lain). Hasil survei, kalau saya lihat, ternyata masih banyak orang Kristen belum maksimal bersaksi pribadi, gambaran ini bisa mewakili gambaran gereja Tuhan juga sebenarnya yang hari-hari ini harus diakui kurang memperlengkapi jemaat untuk bermisi. Padahal ini adalah kekuatan Paskah sebenarnya. Kiranya semangat MMP ini bisa menulari hati kita semua untuk bermisi.

Tantangan yang saya hadapi seminggu ini sementara kelas diskusi berjalan adalah orang seisi rumah pada sakit (dimulai dari saya yang baru sembuh, kemudian menyusul anak saya, lalu suami yang sakit) sehingga beberapa pekerjaan harus di-handledan waktu yang ada terasa full. Namun Tuhan baik, Dia melihat kerinduan kita yang haus dan lapar untuk belajar kebenaran-Nya, maka kekuatan baru dan dorongan dari Roh Kudus menolong saya bisa melewati semua hal dengan baik. Puji Tuhan.

Kiranya SABDA terus dipakai Tuhan lebih lagi di era modern ini menjadi Tools Belajar Kristen yang update bagi kaum Kristen dan menjangkau lebih banyak orang. Tuhan Yesus memberkati. Selamat Paskah.

11. Michael O. Mait

Shalom. Terpujilah Kristus. Saya boleh mengikuti kelas Paskah oleh SABDA Ministry Learning Center. Saya bisa memahami dan mendalami arti kematian dan kebangkitan Kristus dalam Alkitab serta makna Paskah bagi gereja. Puji Tuhan ketika dalam penghayatan minggu-minggu sengsara, saya diberikan materi yang sangat memberkati saya dalam memaknai hidup dan kerja pelayanan saya sebagai penatua anak. Ketika saya dalam persiapan lokakarya cerita Paskah bagi guru sekolah minggu saya dibawa Tuhan untuk mengikuti kelas Paskah dan saya percaya melalui kegiatan ini akan menjadi berkat bagi banyak orang dan akan membawa berkat bagi kemuliaan Tuhan. Sangat memberkati saya untuk terus memberitakan Injil kepada anak-anak dan semua orang. Tuhan kiranya menolong kita. Terima Kasih SABDA Ministry Learning Center. Soli Deo Gloria.

12. Otinia Zega

Ada lagi ungkapan syukur yang saya panjatkan kepada Tuhan Yesus, di mana saya diberi kesempatan untuk ikut bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang makna Paskah sebenarnya. Terima kasih untuk fasilitator, moderator, dan semua rekan-rekan yang terlibat dalam kelas MMP.

Saya sangat senang bisa mendalami pemahaman baru tentang Paskah dan mendalami karya keselamatan Tuhan Yesus bagi saya dan kita semua. Dia rela mengorbankan Diri-Nya buat kita sehingga Dia disalibkan, mati, dan dikuburkan, dan pada hari ke-3, Dia bangkit di antara orang mati. Kini kita telah menerima kuasa kebangkitan dari Tuhan Yesus. Jadi, kita sebagai orang yang ditebus, mari kita beritakan Kabar Baik bagi semua orang.

Pengalaman saya selama 1 minggu dapat bersosialisasi kepada rekan-rekan semua, bahkan berdiskusi dengan baik dan aktif. Harapan saya sekarang dan ke depannya, yaitu kepada tim SABDA biarlah terus menyelenggarakan kelas-kelas seperti ini sehingga orang-orang yang mau belajar dapat memperdalam pemahaman. Harapan saya buat rekan-rekan semua tetaplah mau belajar lebih lagi mengenal Tuhan dan memberitakan kepada dunia bahwa hanya Tuhan Yesuslah Juru Selamat dunia. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

13. Rialdi Pasaribu

Bersyukur kepada Tuhan untuk berakhirnya kelas diskusi Memahami Makna Paskah. Terima kasih untuk fasilitator, moderator, dan semua rekan diskusi yang telah terlibat aktif dalam mengumpulkan makna Paskah.

Bersyukur juga kita makin bisa mendalami karya keselamatan yang Tuhan Yesus berikan bagi kita. Kita makin tahu bahwa harga yang harus dibayar itu sangat amat mahal, yaitu dengan darah-Nya sendiri melalui penderitaan dan kesengsaraan yang sangat amat kejam. Haleluya. Pada hari yang ke-3 Tuhan Yesus bangkit dan kalahkan kuasa maut. Haleluya. Kini kita menerima kuasa kebangkitan dan kita perlu beritakan Kabar Baik ini bagi banyak orang. Kiranya pelajaran yang kita dapat dalam kelas diskusi Memahami Makna Paskah dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tuhan Yesus memberkati.

14. Sry Artha Manullang

Syukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang memberikan waktu yang cukup kepada saya untuk menikmati momen ini. Syukur kalau momen Paskah kali ini menjadi sangat berbeda dari sebelumnya.

Saya komitmen menyelesaikannya dan tepat waktu, tetapi saya masih sangat kurang dalam diskusi. Namun, kalau boleh ikut sampai akhir, saya sudah bersyukur. Saya masih tetap belajar untuk komitmen waktu ke depan.

Saya menikmati pembacaan modul SABDA. Selain untuk membantu saya dalam diskusi, tetapi lebih tepatnya membantu saya memperkaya pengetahuan saya tentang Paskah dan sekali lagi fondasi saya tentang Tuhan Yesus terus diperbarui.

Belajar melihat bagaimana saya memandang Paskah dan bagaimana yang alkitabiah, saya dapatkan di sini. Dahulu, saya tidak peduli apakah orang merayakan Paskah dengan cokelat Paskah (cokelat berbentuk telur) atau cokelat kelinci (cokelat berbentuk kelinci), tetapi sudah saatnya saya mengambil ini menjadi hal serius. Untuk apa saya merayakan itu? Kenapa saya merayakan Paskah? Terlebih saya hidup dengan ritual ini di waktu ini.

Kesempatan ini juga menjadi momen bagi saya untuk secara spontan bertanya kepada keluarga, kenapa merayakan Paskah dan juga lingkungan kerja. Saya merasa siap untuk terbagi. Kiranya Tuhan menolong dan tunduk pada-Nya.  Amin.

Terima kasih buat SABDA untuk setiap kegiatan yang sudah dikerjakan. Saya bersyukur boleh mengenal SABDA. Kiranya makin banyak jiwa yang boleh mengenal Tuhan secara pribadi, melalui kesaksian kita, baik media sosial atau langsung. Terima kasih buat Bu Evie, Kak Mai dan Bapak/Ibu/Saudara di MMP 2. Tuhan Yesus memberkati perjalanan kita selanjutnya. Amin.

15. Tok Armanto

Saya sangat diberkati dengan adanya kelas MMP, terlebih lagi saat ini kita sedang memasuki minggu-minggu pra-Paskah. Modul yang dibagikan oleh SABDA sangat menolong saya untuk lebih sistematis belajar semakin mengerti akan Paskah. Diskusi dengan peserta lain menjadi berkat tersendiri bagi saya karena saya dapat mengetahui berbagai cara pandang saudara seiman. Saya sangat terkesan di hari ke-5 di mana kita diberi tugas untuk menanyakan arti Paskah dari sudut pandang teman kita yang belum percaya. Secara tidak langsung kita sudah memperkenalkan Yesus Kristus kepada mereka. Kiranya apa yang sudah mereka baca atau dengar dapat membangkitkan rasa haus dan lapar akan kebenaran dan keselamatan.

Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk tim SABDA yang tidak henti-hentinya menjadi berkat bagi anak-anak Tuhan, khususnya saya secara pribadi. Tuhan akan memakai tim SABDA lebih luar biasa lagi bagi hormat dan kemuliaan nama-Nya.

16. Veronica Saimon

Mencari ilmu sampai ke negeri Cina itulah ungkapan agar kita tidak berhenti untuk mencari ilmu walaupun usia kita sudah tua. Belajar tidak mengenal batas usia. Ilmu itu adalah harta milik kita yang tidak ada sesiapa dapat mencurinya dari kita. Atas kesadaran inilah, saya terus menerus mau menyertai apa pun pelajaran-pelajaran yang dianjurkan oleh MLC agar saya memperoleh ilmu yang membangun iman saya sebagai orang Kristen agar saya dapat bersaksi, supaya akan lebih banyak yang mengenal Kristus dan mengimaninya.

Memang tidak dapat dinafikan bahwa banyaknya kendala yang saya hadapi dalam mengikuti kelas MMP. Namun syukur dan puji Tuhan, karena sempat juga menyelesaikan pelajaran MMP. Terima kasih kepada tim SABDA yang begitu giat berusaha membimbing peserta MMP, menyediakan pertanyaan yang sangat membuka pikiran saya, serta menyedikan rangkuman hasil dari diskusi. Terima kasih juga dengan rekan-rekan diskusi. Dengan pendapat-pendapat dari teman-teman, saya memperoleh banyak pengalaman baru melalui kelas MMP kali ini. Akhir sekali, saya berharap agar pada masa yang mendatang ini saya masih mampu menyertai kelas yang dianjurkan oleh MLC.

Semoga kita semua diberkati.

17. Wennar

Senang sekali tim SABDA MLC sudah memfasilitasi kami untuk belajar lebih lagi arti/makna Paskah. Kali ini selain diskusi dalam kelompok, kami diminta untuk berbagi Paskah pada orang lain. Hal yang baru dan aplikatif, memberi kesan dan pesan untuk terus menceritakan Kabar Baik kepada dunia di sekitar kita. Paskah penting untuk diperingati oleh gereja-Nya, tetapi lebih lagi pesan Paskah harus diketahui oleh semua orang. Penderitaan, kematian, dan kebangkitan Kristus harus dibagikan. Amanat Agung harus terus dilaksanakan oleh gereja-Nya. Saya pribadi berkomitmen di momen Paskah 2022 ini untuk memotivasi teman-teman pelayanan bergerak bersama memenangkan jiwa bagi kemuliaan-Nya. Juga buat teman-teman di MMP 2 yang bersemangat untuk terus belajar guna memperlengkapi diri untuk berbagi Kabar Baik,Injil Kerajaan Allah. Maju terus dan pergunakan waktu dan kesempatan yang ada untuk menyelesaikan pekerjaan-Nya. Buat tim SABDA MLC. Tuhan memberkati berlimpah dalam pelayanan-Nya.

18. Yvonne Kaunang

Shalom. Puji Tuhan mendapat kesempatan untuk ikut dalam kelas ini. Saya sangat diberkati. Pendalaman tentang hari raya Paskah ini semakin diperlengkapi untuk dihayati, terlebih masukan dalam diskusi teman-teman di kelas. Terima kasih buat tim SABDA. Teriring salam dan doa selalu.