Komentar

Testimoni Peserta Kelas Memahamai Makna Paskah 4

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Brenda Elizabeth Dominique

Shalom. Puji Tuhan saya dapat menyelesaikan kelas Memahami Makna Paskah yang diadakan oleh SABDA Ministry Learning Center.

Sudah beberapa kali saya mengikuti kelas yang diadakan oleh SABDA MLC. Setiap kelas yang saya ikuti selalu ada pelajaran baru yang saya dapatkan. Begitu juga dalam kelas Memahami Makna Paskah ini, sangat banyak pelajaran yang saya dapatkan melalui modul dan pertanyaan-pertanyaan dalam kelas diskusi WAG, me-refresh saya serta meneguhkan kembali dalam memahami makna Paskah dalam kehidupan, terlebih kelas ini diadakan dalam masa pra-Praskah sehingga apa yang saya dapatkan menjadi bahan perenungan untuk memasuki perayaan Paskah.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada Sdri. Roma dan Sdri. Rode selaku moderator dan admin WAG MMP 4 yang sudah membimbing saya mengikuti diskusi, juga semua teman-teman yang sudah berinteraksi bersama di dalam WAG MMP 4 ini. Dan seluruh tim SABDA MLC yang telah mengadakan kelas MMP ini. Kiranya pelayanan SABDA MLC semakin maju dan menjadi berkat bagi banyak orang yang rindu untuk terus belajar tentang kebenaran firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati SABDA MLC. Soli Deo Gracia.

2. Emi Soegiarti

Shalom. Puji Tuhan, saya bersyukur dapat mengikuti kelas MMP sampai selesai. Melalui diskusi ini, banyak dibukakan hal-hal baru yang selama ini saya kurang memahami tentang makna Paskah. Berkat yang saya dapat dari kelas MMP 4 ini ,dari berbagai pendapat teman-teman dengan referensi ayat-ayat firman Tuhan memperkaya ketika digali dari berbagai sudut pandang pengalaman iman seseorang. Apalagi di kelas MMP 4, ada banyak teman-teman yang pengetahuannya sangat luar biasa sehingga dalam kelas ini kita bisa saling belajar, saling melengkapi, dan saling memberkati. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Terima kasih buat tim SABDA yang selalu membuat saya diberkati dalam setiap kelas yang saya ikuti. Terima kasih untuk moderator, Kak Roma, dan admin, Kak Rode, yang sudah sabar membimbing kami. Terima juga untuk teman-teman MMP 4 yang turut serta memberkati saya dalam memberikan penjelasan-penjelasan di setiap materi diskusi yang ada. Sekali lagi, terima kasih semua. Tuhan Yesus memberkati.

3. Evan Sanjaya Libby

Sebuah ucapan syukur yang besar kepada Tuhan Yesus Kristus bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Karena kasih dan penyertaan Tuhanlah sehingga kelas MMP dapat terselesaikan dengan baik dan sekali lagi kita dapat mempelajari, merenungkan, dan mengingat kembali kasih agung Tuhan yang telah Ia rancangkan sejak kejaTuhan manusia pertama dalam dosa.

Sebuah rangkaian diskusi penelaahan akitabiah sederhana, tetapi mendalam mengenai makna Paskah zaman PL, PB, dan implikasinya terhadap kehidupan kita sebagai gereja Tuhan yang aktif dan dalam kehidupan bermasyarakat. Saya tersadarkan oleh banyak hal penting dalam kelas Paskah ini. Kiranya melalui kelas MMP ini, melengkapi pemikiran dan pengetahuan kita yang benar terhadap makna Paskah.

Terima kasih kepada SABDA, YLSA, para host, moderator, fasilitator, dan semua tim yang telah bekerja keras untuk kemuliaan nama Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

4. Laowo Ukur

Terpujilah Tuhan atas segala kebaikan kemurahan-Nya, telah menolong menuntun saya boleh ikut kelas MMP yang diselenggarakan oleh SABDA-MLC yang sangat luar biasa peduli akan kebutuhan-kebutuhan rohani, yaitu kebutuhan teologi bagi pelayan pekerjaan Tuhan bahkan kepada setiap orang percaya yang rindu diberkati lewat kelas-kelas yang diselenggarakan oleh SABDA-MLC dengan penuh pengabdian tanpa pamrih.

Selama mengikuti kelas, saya sangat terberkati oleh teman-teman yang ada di kelas MMP 4 di mana banyak hal yang dapat memberi saya pengetahuan, pengalaman, dan pandangan-pandangan terbuka perihal Paskah yang benar-benar menolong dalam pelayanan pekerjaan Tuhan di mana saya melayani. Paskah adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kekristenan di mana dengan Paskah, maka hidup ini berarti menjadi milik kepunyaan Tuhan, yang telah dimerdekakan dari belenggu dosa diselamatkan untuk kekekalan.

Terima kasih kepada tim SABDA-MLC yang telah berjasa memberi pelayanan yang sangat positif dan bernilai mulia dalam memberi pendidikan yang sangat menolong setiap peserta didik dalam menimba ilmu teologi yang bersumber dari Alkitab sebagai firman Tuhan. Salam kasih kepada Ibu Yulia Oeniyani, Kak Bima, Kak Roma, dan Kak Rode, dkk., serta semua hamba-hamba Tuhan yang telah mengabdikan diri dalam terselenggaranya kelas MMP ini. Kiranya Tuhan memberkati. God bless us all.

5. Lauren Ega Kristina

Menurut saya, saya suka dengan diskusi ini dapat menambah wawasan serta pengalaman saya dalam mempelajari Alkitab.

6. Linna Kusuma Wati

Saya sangat bersyukur dapat menyelesaikan kelas MMP sampai selesai. Awal saat memutuskan untuk ikut sempat merasa khawatir tidak dapat menyelesaikan karena kesibukan. Namun, Tuhan kuatkan melalui firman-Nya di Filipi 4:6. Semua karena pertolongan Tuhan bila saya dapat ikut sampai selesai.

Saya berterima kasih kepada Bu Yulia, Bu Roma, Mbak Rode, dan semua tim SABDA yang terlibat dalam tersediannya kelas MMP ini. Terima kasih pula kepada teman-teman MMP 4 yang sudah bergabung dan bersama-sama belajar. Saya bersyukur juga melalui ikut kelas MMP boleh lebih mempersiapkan hati untuk memasuki Paskah, tidak hanya mengikuti ibadah pra-Paskah di gereja.

7. Medi L. Sihombing

Puji Tuhan. Lewat pembelajaran ini, saya diberi kesempatan untuk lebih memaknai bagaimana kisah Paskah secara detail. Kadang sebagai umat Kristen lebih euphoria pada saat Natal padahal Paskah tidak kalah pentingnya daripada Natal. Supaya tidak kehilangan dari esensi Paskah. Bagaimana Tuhan Yesus yang sudah menebus kita dengan harga yang mahal untuk menebus dosa umat manusia dari gelap membawa kepada terangnya yang ajaib. Karena itu.

Materi yang paling berkesan ketika disuruh menanyakan apakah di luar orang Kristen tahu atau mengerti dari makna Paskah. Puji Tuhan, saya langsung teringat teman saya waktu SMP yang sudah mengenal saya sejak lama bahkan dahulu dia masuk ke gereja menunggu saya ibadah. Jawabnya hari kebangkitan Tuhan Yesus setelah mati pada hari yang ke-3. Naik ke surga, katanya. Semua itu di luar ekspektasi saya, begitu gamblang dia menceritakan.

Puji Tuhan. Tim SABDA yang luar biasa terus memberi inspirasi untuk tetap belajar dan terus belajar. Buat Roma juga ya. Terima kasih tidak jemu-jemu memandu kelas dengan baik. Begitu juga rekan-rekan, terima kasih buat masukannya yang sangat lugas. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

8. Ni Ketut Hesti Widiastuti Djadi

Shalom. Berikut ini testimoni saya, Ni Ketut Hesti Widiastuti Djadi.

Pengalaman mengikuti kelas Paskah MMP 4: puji Tuhan, merasa diberkati dengan pembahasan-pembahasan yang didiskusikan. Terima kasih sudah diingatkan secara pribadi kalau saya terlambat masuk kelas karena saat itu ada duka di keluarga kami. Saya merasa diberi semangat dan dimaklumi.

Berkat yang paling berkesan: tugas survei menolong saya untuk membuka pembicaraan yang baik tentang Paskah kepada teman saya. Aplikasi praktis: menceritakan apa yang saya peroleh melalui kelas SABDA kepada keluarga. Komitmen: mempelajari kembali materi Paskah ini agar lebih memahami. Terima kasih SABDA atas pelayanannya. TYM.

9. Ni Made Lidia

Puji Tuhan. Dia sungguh baik, menyelamatkan saya dari kebinasaan, memindahkan saya dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib dan menjadikan saya anak tebusan-Nya oleh darah Yesus Tuhan. Saya bersyukur, Tuhan membawa saya ke kelas ini untuk mendalami makna Paskah menurut Alkitab. Semula, saya kurang yakin bisa mengikuti semua tahapan dalam kelas diskusi MMP ini. Khawatir tidak ada waktu karena bekerja di kantor, khawatir diskusi akan seharian dan dalam bentuk Zoom. Namun, ternyata semua tidak seperti yang saya khawatirkan. Ketika saya berkomitmen menjadi murid, saya diminta untuk bersedia dahulu, lalu taat menjalani semua proses dengan terus melibatkan Tuhan.

Yang paling sulit bagi saya adalah ketika harus menjawab tes tulis berdasarkan materi dalam modul. Saya harus bolak-balik membuka link pertanyaan, mencatat pertanyaan setiap sesi, lalu keluar untuk membuka modul, menulis jawaban dahulu di kertas. Lalu, kembali ke link dan mengetik jawaban. Begitu seterusnya sampai materi 5. Itu tantangan bagi saya yang komitmen mau jadi murid.

Lalu, terakhir melakukan survei pada orang yang tidak percaya Yesus tentang mengapa orang Kristen merayakan Paskah? Saya putar otak, berpikir dan menimbang nimbang, orang siapa yang akan saya survei. Lalu, saya teringat ada seorang teman beragama Hindu, mereka pasti jarang mendengar tentang Yesus Tuhan yang bisa menyelamatkan dari dosa. Begitu pikir saya. Lantas saya hubungi dia. Beberapa bulan sebelumnya, saya dan suami sempat mendoakan anaknya yang sakit dan sembuh, yang saya yakin karena Tuhan Yesus ingin menyatakan kasih-Nya pada keluarga Hindu ini (bukan karena saya). Saya yakin, survei ini bukan kebetulan Roh Kudus ingatkan untuk pilih dia sebagai informan, tetapi Tuhan mau ingatkan dia lagi tentang kasih-Nya dan kuasa-Nya bukan hanya buat umat Kristen yang percaya saja, tetapi buat semua orang.

Metode andragogi yang kelas MMP pakai sangat menarik, menantang, dan saling keterkaitan, termanage dengan baik, tujuannya jelas, dan admin/moderator bekerja sama dengan baik untuk selalu memastikan tujuan kelas diskusi MMP tercapai.

Beberapa berkat yang saya dapat dalam kelas diskusi ini:

  1. Makna Paskah lebih jelas melalui materi yang diberikan.
  2. Pengetahuan saya diperkaya dengan membaca jawaban teman-teman grup dari berbagai sudut pandang dan latar belakang pendidikan dan profesi.
  3. Hal baru dan menginspirasi bagi saya juga adalah peran penting seorang laki-laki dewasa, dalam hal ini ayah dan atau kakek, untuk menjelaskan tentang makna Paskah kepada anggota keluarga.
  4. Tertarik untuk meninjau kembali tradisi perayaan Paskah yang gereja kami lakukan, khususnya telur Paskah karena mengaburkan makna Paskah yang sebenarnya. Efek negatifnya yang orang dunia ingat hanyalah telur Paskahnya, bukan mengapa Yesus, mengapa salib, mengapa Darah, mengapa bangkit, mengapa naik ke surga.

Komitmen saya :

  1. Menghidupi kuasa Salib dan kebangkitan Yesus lebih lagi.
  2. Mengomunikasikan/sharing makna Paskah yang benar berdasar firman mulai dari keluarga saya, dan gereja.
  3. Meninjau kembali tradisi Paskah yang dilakukan di sekolah Minggu serta mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang bisa menjelaskan tentang makna Paskah yang sesungguhnya.
  4. Mendorong suami dan anak laki-laki saya untuk lebih serius belajar makna Paskah.

Terima kasih buat Sdri. Roma dan Rode sebagai admin dan moderator kelas diskusi MMP yang selalu sigap, ramah, rendah hati, dan  konsisten. Terima kasih buat semua teman grup kelas MMP yang menambah wawasan dan semangat saya dalam pelayanan. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dari saya. Tuhan Yesus dimuliakan melalui program ini.

10. Parulian Simarmata

Puji dan syukur kepada Tuhan karena saya bisa mengikuti kelas Memahami Makna Paskah {MPP) dengan baik hingga selesai. Awalnya saya ragu untuk mengikuti kelas MPP karena 2 tahun sebelumnya sudah mengikuti kelas Paskah yang menurut pandangan saya materinya hampir sama, tetapi admin memberikan informasi bahwa materi dan pertanyaannya sudah direvisi. Setelah mengikuti kelas MPP, saya semakin memahami makna Paskah sesungguhnya dan semakin menambah pengetahun untuk diterapkan dalam pelayanan. Hal yang berkesan buat saya adalah Pelajaran 5: Makna Paskah bagi Dunia, Gereja, dan Saya, dari materi tersebut menjelaskan dengan rinci titik berat penerapannya masing-masing. Juga tugas survei kepada umat non-Kristen merupakan tugas yang sangat menantang untuk berkomunikasi menanyakan pemahamannya mengenai perayaan Paskah. Selama diskusi di kelas, saya juga mendapatkan pengetahuan terkait Paskah dan pengalaman yang di-sharing-kan oleh teman diskusi. Terima kasih kepada crew Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang sudah berjibaku dalam penyelenggaraan kelas MMP. Tuhan memberkati.

11. Patricks Reinaldo George

Shalom. Puji Tuhan atas berkat perkenan-Nya kelas MMP ini dari awal sampai berakhirnya berjalan dengan baik. Terima kasih juga buat tim SABDA yang boleh menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk memfasilitasi kami dalam berdiskusi dengan topik yang begitu menggugah. Kiranya Tuhan Yesus terus menopang pelayanan tim SABDA dan menjadi berkat buat banyak orang.

Kesan yang saya alami selama berdiskusi dengan rekan-rekan seiman, khususnya topik Paskah ini, yaitu:

1. Saya sangat diberkati dan dibangun mental kerohanian saya dengan pandangan-pandangan, masukan-masukan, atau pengalaman-pengalaman pelayanan dari rekan-rekan sekalian dalam menyambut Paskah yang sangat menginspirasi.

2, Banyak hal-hal baru atau wawasan-wawasan baru yang bisa saya dapatkan melalui diskusi ini.

3. Ada challenge/tantangan bagi peserta untuk mengaplikasikan makna Paskah itu lewat survei. Ini suatu hal yang menarik. Saya rasa ke depannya untuk dipertahankan.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih sekali lagi buat tim SABDA, terkhusus untuk Kak Roma dan Kak Rode yang setulus hati dan segenap tenaga, jiwa raga dengan sabarnya untuk terus membimbing, mengarahkan, dan menyemangati kami dalam berdiskusi. Kiranya Tuhan sebagai sumber berkat terus menopang pelayanan dan memberkati keluarga masing-masing. Kepada rekan-rekan sekalian, mari kita berjihad untuk Kristus di momen menjelang Paskah ini. Beritakan berita kebangkitan-Nya. Jadilah saluran berkat melalui kemampuan, kecakapan, dan talenta kita masing-masing sehingga banyak jiwa dimenangkan untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan. Tuhan Yesus menyertai kita semua. Salam sehat dan tetap semangat. Roh Tuhan terus menyala-nyala. Gbu all.

12. Riko Julianto

Puji Tuhan saya bisa mengikuti kelas ini hingga pada akhirnya. Saya katakan demikian karena saya dalam proses pemulihan kesehatan.

Apa yang disajikan oleh tim SABDA-MLC kali ini sangat menolong dalam pemahaman perihal Paskah. Hal ini juga semakin meneguhkan saya untuk semakin berprinsip dan tidak kompromi terhadap pengajaran-pengajaran yang tidak alkitabiah, khususnya tentang Paskah.

Hal lain yang saya berkesan dan pernah dilakukan adalah tentang metode survei. Saya rasa ini adalah hal sederhana tetapi bisa menjadi jembatan komunikasi ketika memulai kegiatan penginjilan. Metode survei tetap saya lanjutkan untuk memperkenalkan Kristus sampai bank nama rekan-rekan saya yang belum percaya Kristus habis. Saya sangat bersukacita akan hal ini.

Kiranya tim SABDA-MLC terus konsisten menjadi alat Kristus untuk memperlengkapi orang-orang percaya untuk menjadi corong pewarta Kabar Baik dan pengemban Amanat Agung. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pelayanan yang sudah diberikan oleh tim ini. Tuhan Yesus Kristus memberkati.

13. Shanty Gorudin

Shalom dan selamat sore Saudara/Saudari yang terkasih. Puji Tuhan karena masih mengizinkan saya untuk bisa mengikuti kelas MMP SABDA karena di awal saya rasanya tidak bisa karena kesibukan pekerjaan. Namun, Tuhan begitu baik sekali memimpin saya untuk menyelesaikannya sehingga hari terakhir meskipun dalam kesibukan.

Saya juga ingin berterima kasih kepada tim SABDA, moderator, narasumber, dan semuanya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Kiranya SABDA terus maju dan sukses dalam pelayanan.

Saya sangat bersyukur karena banyak pelajaran serta berkat yang saya dapat sepanjang mengikuti diskusi ini. Hasil yang saya dapat ialah saya mampu mengetahui serba sedikit sejarah dan tradisi bangsa Yahudi dan juga makna telur Paskah. Selain itu, saya juga mendapat banyak pengetahuan baru melalui modul yang diberikan dan juga melalui interaksi di kelas bersama teman-teman. Hal ini semakin membangun iman saya terhadap makna kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus yang telah rela berkorban sebagai penebus dosa umat manusia.

Saya berharap semoga mempunyai peluang lagi untuk mengikuti kelas diskusi seperti ini di hari lainnya. Semoga kita terus semangat berkarya dan memberitakan injil Tuhan kepada jemaat lain dan semoga kita semakin merendahkan diri dalam setiap pelayanan. Terima kasih dan Tuhan memberkati.

14. Simon Salasa

Segala puji dan syukur patut saya persembahkan kepada Tuhan, saya boleh diperkenankan mengikuti diskusi kelas Paskah.

Pengalaman dalam mengikuti kelas ini adalah sekalipun banyak kegiatan, tetapi tetap bersemangat untuk mengikuti pelajaran ini.

Berkat bagi saya dalam kelas ini adalah mengingatkan saya kembali betapa besar kasih dan pengorbanan Kristus yang telah mati menjadi korban tebusan bagi hidup dan semakin memperlengkapi saya dalam iman dan pelayanan.

Terima kasih yang tulus kepada admin, moderator, dan tim SABDA yang telah menyelenggarakan seminar ini. Harapan dan doa kami Tuhan memberkati. Salam sehat.

15. Suratman Aripin

Pengalaman mengikuti kelas ini sungguh menyenangkan. Walaupun kisah Paskah bukan hal yang asing, tetapi melalui pembelajaran di kelas ini ada hal yang baru yang dapat dipelajari. Khususnya, melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan yang membuat saya bisa lebih tajam memahami dan juga membuat saya untuk mencari tahu lebih banyak dari sumber lain.

Pelajaran yang paling berkesan: melalui survei sederhana ternyata banyak orang yang belum mendengar mengenai Kristus yang mati dan bangkit. Hal ini mendorong saya untuk giat membagikan berita ini. Akhir kata, terima kasih atas kerja keras tim SABDA dalam membimbing dan mengajar kami untuk memahami makna Paskah dengan benar. Terpujilah Tuhan.

16. Winarti Suryaatmadja

Setiap kali mengikuti kelas MLC selalu pengalaman tersendiri yang membawa berkat dan inspirasi baru. Khusus mengenai MMP ini saya di-refresh tentang makna Paskah yang membangun iman saya betapa firman Tuhan sungguh adalah Allah sendiri yang berkata-kata dan setiap yang difirmankan-Nya tergenapi. Setiap kejadian termasuk Paskah, semuanya sudah dirancangkan sempurna oleh Allah. Betapa detail sejarah Paskah yang dijelaskan di kelas ini membangun pengertian yang semakin dalam akan peristiwa Paskah.

Menarik mengetahui tradisi Paskah yang dilakukan bangsa Yahudi untuk para ayah dan kakek meneruskan makna Paskah kepada generasi berikutnya agar makna Paskah tetap terpelihara baik dan tidak menggeser esensi Paskah itu sendiri. Hal ini baik dan bisa diterapkan dalam keluarga kita masing-masing agar anak-anak kita tidak kehilangan makna Paskah di masa selanjutnya. Jadi, bukan saja tanggung jawab gereja untuk meneruskan makna Paskah, tetapi juga keluarga-keluarga Kristen bertanggung jawab untuk melanjutkan kebiasaan baik ini.

Setiap peristiwa dalam kehidupan Yesus Tuhan kita termasuk Paskah, semuanya mengarah kepada Kabar Baik akan kasih anugerah-Nya dan keselamatan hidup kekal yang harus kita kabarkan kepada orang-orang yang belum percaya atau belum mengenal Kristus. Saya percaya semua dapat kita lakukan dengan tuntunan Roh Kudus sehingga kita juga dapat diberi hikmat Tuhan untuk menyampaikan Kabar Baik tersebut.

Terima kasih kepada Roma yang selalu semangat mengarahkan di kelas MMP 4 dan juga teman-teman di MMP 4 yang menyampaikan jawaban-jawaban diskusi yang banyak menambah wawasan baru dan menambah kerinduan bagi saya untuk lebih lagi belajar firman Tuhan. Sampai bertemu di kelas MLC selanjutnya. God bless SABDA.