Komentar

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 - 3

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Natanael Apriyanto Tarigan

Shalom. Pengalaman saya selama mengikuti kelas DIK 1 ialah begitu banyak penyegaran-penyegaran yang saya terima berkaitan dengan konsep dosa, setan, dan kenosis. Khusus ketiga konsep itu, saat ini menjadi bagian pergumulan saya pribadi untuk bisa mengajarkannya kepada jemaat maupun peserta didik yang saya ajar. Dengan adanya kelas ini, banyak peserta di kelas DIK 1-3 yang memberikan pandangan-pandangan yang kaya akan pengetahuan dan perenungan yang mampu mengisi otak dan hati saya secara pribadi.

Keseruan yang lainnya juga karena adanya berbagai perbedaan pendapat yang mewarnai kelas diskusi, sehingga memicu semangat untuk menggali materi-materi. Pembelajaran lainnya, yaitu proses untuk saling menerima perbedaan dan mengakui apabila pendapat saya ada salah atau kurang tepatnya. Jadi, memang bukan hanya pikiran atau konsep saja yang disegarkan, tetapi pada kelas diskusi kali ini pembelajaran karakter pun saya dapatkan.

Akhir kalimat, saya mengucapkan terima kasih kepada segenap tim SABDA yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Saya juga ucapkan terima kasih kepada fasilitator dan moderator di kelas saya, yaitu Ibu Evie dan Kak Theresia yang sangat baik dalam mengingatkan, memandu, serta merangkumkan hasil diskusi-diskusi. Tuhan Yesus memberkati.

2. Marita Cut 'Nya Dien

Testimoni saya tentang kelas ini adalah: saya sangat diberkati selama mengikuti kelas ini. Pada awalnya, saya pikir kelas ini hanya mengulas tentang dasar-dasar kekristenan secara rohani saja. Namun setelah saya mengikutinya, ternyata juga membahas tentang ilmu sains yang berhubungan dengan materi pembelajaran DIK yang diberikan. Dan ini benar, sangat menambah wawasan saya. Apalagi di kelas DIK 3 ada banyak teman-teman yang pengetahuannya sangat luar biasa sehingga dalam kelas ini kami bisa saling belajar, saling melengkapi, dan saling berkati. Sungguh pengalaman yang luar biasa. Terima kasih buat tim SABDA yang selalu membuat saya diberkati dalam setiap kelas yang saya ikuti. Aplikasi saya ke depan: Semakin giat lagi belajar agar benar-benar bisa menjadi saksi bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus.

3. Anita Dian K.

Shalom. Awalnya saya ragu ikut kelas DIK ini karena saya pikir ini pelajaran basic (dasar-dasar iman Kristen) saja. Namun, akhirnya saya mendaftar juga di H-1. Setelah mengikuti Zoom sebelum kelas dimulai, saya lihat ternyata materinya menarik. Kemudian, pada saat kelas berlangsung saya semakin excited karena pertanyaan-pertanyaan yang diberikan seperti (teori penciptaan, teori evolusi, apakah Allah hanya menciptakan Adam, kenapa setan tidak langsung dihukum, inkarnasi) menimbulkan kontroversi, perdebatan, perbedaan pendapat, juga tidak semua jawaban tersedia lengkap di modul. Jadi harus mencari sendiri dan juga banyak membaca. Saya pikir ini terobosan baru dari tim SABDA dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang memicu pro kontra sehingga suasana diskusi jadi hidup dan seru. Ketika diberikan pertanyaan yang jawabannya ada di modul, jawabannya menjadi seragam dan agak datar. Namun, moderator bisa memantik api untuk menghidupkan suasana dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tambahan di luar dua pertanyaan wajib sehingga diskusi menjadi ramai lagi.

Saya juga mendapatkan banyak pengetahuan baru dan istilah-istilah baru dari modul dan juga dari rekan-rekan pada saat diskusi. Istilah ex-nihilo, kenosis, baru saya dapat pada saat kelas diskusi. Rekan-rekan dan moderator di grup juga banyak memberikan pengetahuan yang mendalam yang sangat memberkati saya, saling menajamkan, saling memberikan referensi. Luar biasa. Terima kasih rekan-rekan DIK1-3, moderator, Ibu Evie dan juga admin, Kak Theresia atas segala yang diberikan di kelas. Sampai berjumpa di kelas-kelas SABDA MLC berikutnya. Tuhan memberkati.

4. Adianto Silaban

Puji syukur dapat mengikuti kelas ini. Saya bisa me-refresh kembali doktrin-doktrin dasar dan mendapatkan pandangan-pandangan tambahan dari rekan lainnya. Saya juga mendapatkan pandangan yang bervariasi dari rekan di kelas 3 dengan bervariasi asal, usia, profesi, dll.. Saya sangat bersyukur dengan heterogenitas ini.

Saya juga minta maaf ke rekan-rekan di kelas 3 karena saya tidak bisa maksimal untuk diskusi. Namun, saya tetap membaca semua pendapat rekan-rekan meski terlambat. Saya masih tetap berkeinginan untuk mengikuti kelas berikutnya, khususnya DIK 2.

5. Jennylynn

Pertama sekali, saya bersyukur dapat menyertai kelas ini hingga selesai terima kasih kepada semua rekan grup, terutama Bu Evie yang begitu membantu memperjelas maksud dari jawaban yang saya berikan kerana jujur ini kali pertama bergabung dengan saudara seiman dalam pembelajaran seperti ini. Kelas ini telah membuat saya sadar betapa sedikit pengetahuan iman saya. Di sini juga saya merasa disegarkan dengan pendalaman iman banyak perkataan yang saya baru dengar diperbincangkan di grup perkongsian. Teman-teman juga sangat membantu memberi masukan dan kerana keterbatasan saya mungkin kali banyak memberi perkongsian, tetapi puji Tuhan kelas ini memberi saya banyak pengetahuan berguna, telah menguatkan saya untuk terus setia kepada Yesus Kristus Amin.

6. Mudjiarti

Puji Tuhan! Saya bersyukur sekali Tuhan memberi kesempatan lagi mengikuti kelas DIK 1 yang difasilitasi SABDA MLC. Dari pengalaman masuk kelas DIK 1-3 saya merasa senang belajar bersama dalam berdiskusi, dan bisa saling memberi pandangan serta melengkapi sehingga bisa berdiskusi dengan baik.

Pelajaran yang saya peroleh sangat memberkati. Karena mempelajari Dasar Iman Kristen, menurut saya pelajaran ini sangat mendasar dan penting yang harus dimengerti setiap orang Kristen. Saya berkesan saat mempelajari Manusia Kedua dari Tuhan Yang membuat saya kagum. Setelah saya menerima pelajaran DIK 1, saya rindu untuk membagikan ke sekolah minggu kelas remaja agar generasi muda juga mengerti Dasar Iman Kristen.

Saya sampaikan banyak terima kasih kepada tim SABDA MLC yang sudah memfasilitasi, Ibu Evie (moderator) dan Sdri. There ( admin) atas pelayanannya dan doa saya Tuhan memakai SABDA terus menjadi berkat.

7. Jouita Tongilan

Shalom Bapak/Ibu tim Ministry Learning Center dan juga para peserta MLC. Selamat pagi semuanya. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Sebelumnya, saya tidak tahu akan MLC ini. Namun, teman saya, Bu Feronica sharing di grup WA tentang adanya program pembelajaran dasar-dasar iman dan doktrin di MLC. Pada mulanya saya berpikir mau ikut gak ya, kerana kekangan waktu. Lagi pula programnya sebelah siang dan itu waktu bekerja ,tetapi kata Bu Feronica, Pak Honggo dan Pak Riko, itu bisa dilakukan lewat WA dan di YouTube bisa ulangkaji, kata teman-teman. Jadi, saya putuskan untuk mendaftar di MLC ini dan bergabung dengan teman-teman saya dari Indonesia.

Saya baru pertama kali mengikuti MLC ini dan melihat tema-teman yang dipelajari sangat bagus sekali, sangat mendasar kerana sebelum ini, saya belum pernah mengikuti secara khusus pelajaran tentang penciptaan alam semesta, penciptaan manusia, dosa, kejatuhan manusia, setan, dan manusia pertama dan manusia kedua, selain dari membaca Alkitab. Jadi melalui tema-tema pelajaran di MLC ini, banyak hal yang baru saya ketahui dan pelajari khususnya istilah-istilah teologi, seperti Creatio ex niliho, dll.. Lagi semuanya itu perkara baru buat saya secara pribadi.

Melalui diskusi dengan para peserta MLC juga sangat membantu secara pribadi saya untuk menambah wawasan pengetahuan tentang tentang firman Tuhan. Juga Bu Evie yang senantiasa membantu memberikan referensi-referensi dari pelbagia sumber untuk bisa menambah pengetahuan lebih luas lagi. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kristus kerana membawa saya maju selangkah lagi mengenal Dia melalui penciptaan dan kehadiran-Nya dalam hidup saya.

Terima kasih tim MLC kerana telah menyediakan pembelajaran yang begitu bagus dan mendasar sekali. Bagi saya, ini sangat-sangat penting untuk kita orang percaya mengetahui dasar-dasar doktrin dan iman kekeristenan kita dengan utuh. Terima kasih MLC. Tuhan Yesus memberkati.

8. Friska Pasaribu

Sungguh sangat bersyukur ikut kelas DIK ini. Fondasi iman saya semakin kuat dan saya semakin mengerti kebenaran. Belajar di kelas ini bukan hanya menambah wawasan saya, tetapi juga menguatkan iman saya. Luar biasa Allah kita dalam rancangan dan kasih-Nya. Saat manusia pertama gagal, Allah "mengutus" manusia kedua, Dia tidak ingin satu orang pun binasa. Saatnya bagi saya untuk kembali bersekutu dan memuliakan Allah. Sangat terberkati dengan materi, modul, dan diskusi yang berlangsung di kelas. Kiranya Tuhan semakin memakai SABDA menyampaikan kebenaran. Terima kasih untuk Bu Evie sebagai moderator dan juga Kak Theresia sebagai admin. Saya sangat diberkati dengan pelayanannya. Tuhan Yesus memberkati.

9. Juni Durace

Shalom untuk kita semua. Terima kasih pada Tuhan Yesus atas kesempatan ini. Saya dapat belajar di kelas DIK 1. Terima kasih buat Ibu Evi sebagai moderator dan Kak There juga. Tuhan memberkati semua tim SABDA.

Di kelas Dasar-Dasar Iman Kristen 1 ini, saya diberkati dengan materi dari pelajaran:

  1. Penciptaan Alam Semesta.
  2. Penciptaan Manusia.
  3. Setan.
  4. Kejatuhan Manusia.
  5. Manusia Kedua dari Tuhan.

Saya juga diberkati oleh jawaban-jawaban dari semua rekan-rekan di kelas DIK 1-3. Biarlah apa yang kita dapatkan dari pembelajaran ini semakin mendewasakan iman dan karakter kita. Terima kasih. Shalom.

10. Ervine

Shalom. Puji Tuhan dan syukur kerana diberi peluang untuk mengikuti DIK 1 ini sehingga selesai. Terima kasih kepada semua tim SABDA, DIK 1-3, admin, moderator yang sangat bijaksana untuk mengatur dan sangat aktif semasa kelas diskusi walau sehingga larut malam masih melayani. Saya sangat diberkati dengan pelayanan Anda. Terima kasih juga kepada teman-teman dalam kelas DIK 1-3, yang banyak membantu dan supporting.

Belajar bersama dalam DIK 1 ini banyak memberi saya pengalaman baru dan pengetahuan lebih mendalam tentang Dasar-dasar Iman Kristen. Lebih-lebih lagi, apabila teman-teman, admin, serta moderator memberi banyak perkongsian yang juga membuat saya lebih bersemangat untuk terus mau mendalami kebenaran firman Tuhan. Saya merasa diperbarui dengan mengikuti DIK 1 ini. Terima kasih MLC. Tuhan Yesus memberkati.

11. Marcel

Saya mengucap syukur dari DIK 1 ini saya mendapat peneguhan dari berbagai diskusi yang dilakukan, berkaitan dengan tema penciptaan, dan bagaimana kejatuhan manusia dalam dosa. Hal ini adalah bagian di mana saya sebagai seorang percaya mendapat refreshment. Saya mendapat refreshment di dalam basic Kristiani yang saya perlu ajarkan kepada orang-orang di sekitar saya.

Dari diskusi saya mendapatkan insight (angle pandangan) yang saling melengkapi satu sama lain. Hal ini membuat saya mengerti betapa kayanya firman Tuhan. Saya mendorong setiap orang untuk dapat mengikuti pembelajaran di dalam SABDA supaya kita sebagai orang percaya dapat semakin diperlengkapi. Terima kasih.

12. Albert Anin

Puji Tuhan melalui pembelajaran modul DIK 1 ini dan juga melalui diskusi yang berlangsung selama ini dengan teman-teman di kelas DIK 1-3, banyak hal baru yang saya dapat melalui modul DIK ini, semakin menguatkan iman dan keyakinan saya dan menambah wawasan iman kekristenan saya secara alkitabiah. Semua materi pelajaran yang diberikan sangat menguatkan keyakinan iman saya terhadap Tuhan Yesus Kristus terhadap karya keselamatan-Nya.

Berkat yang saya dapat di kelas DIK 1 ini adalah keteladanan ketaatan pribadi Yesus Kristus, bahkan taat sampai mati di kayu salib. Filipi 2:8, "Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib."

Terima kasih atas tim SABDA yang sudah menjadi saluran berkat buat saya melalui kelas diskusi ini. Terima kasih juga buat para moderator DIK 1-3 dan juga semua teman-teman diskusi di kelas DIK 1-3. Doa saya SABDA semakin diberkati dan menjadi saluran berkat. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

13. Trivena S.

Puji Tuhan dan bersyukur dapat mengikuti kelas DIK sampai selesai. Melalui diskusi, banyak dibukakan hal-hal baru yang selama ini kurang memahami tentang DIK. Berkat yang saya dapat dari kelas DIK, dari berbagai pendapat teman-teman, dengan referensi ayat-ayat firman Tuhan memperkaya ketika digali dari berbagai sudut pandang pengalaman iman seseorang.

DIK menolong saya untuk melihat rencana Allah kembali atas hidup manusia yang diciptakan-Nya untuk kemuliaan-Nya. Terima kasih buat teman-teman yang memberi pendapat dan respons yang menambah pemahaman saya. Tuhan memberkati.
Terima kasih pula tim SABDA, Ibu Evi, Kak There, dan semua yang terlibat acara ini. Tuhan memberkati.

14. Rossa M.M.L.

Bersyukur bisa kembali bergabung di kelas MLC - DIK 1. Bertemu dan belajar lagi bersama rekan-rekan sekelas yang luar biasa. Diskusi yang hidup karena satu sama lain saling melengkapi dan menajamkan setiap jawaban. Mau berbagi referensi yang semakin memperkaya pemahaman. Saya diberkati dengan beberapa diskusi yang membahas tentang istilah yang belum pernah saya dengar. Ini menjadi catatan tambahan bagi saya selain catatan rangkuman yang dibuat oleh moderator-admin.

Rindu membagikan apa yang sudah saya dapat kepada anak-anak yang saya layani (dengan cara: bahasa atau contoh sederhana), agar mereka pun memahami hal-hal penting tentang iman Kristen. Semoga. Tuhan menolong. Apresiasi buat tim SABDA yang telah melaksanakan kegiatan ini. Tuhan menolong dan memberkati serta terus setia menjadi alat Tuhan. Kerja buat Tuhan selalu maniseee ...

15. Riandi Dudut

Shalom selamat malam semuanya. Bersyukur bisa hadir kembali mengikuti kegiatan pembelajaran di SABDA MLC. Ini adalah kali pertama saya mengikuti lagi pembelajaran di SABDA MLC di tahun ini. Setelah sekian lama saya tidak mengikuti.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan testimoni dalam mengikuti pembelajaran dan diskusi bersama rekan-rekan satu grup (DIK1 -3). Setelah sekian lama menjadi orang Kristen, belajar firman Tuhan dan mendalaminya, selalu ada pertumbuhan yang baru dalam pengetahuan dan iman saya. Meskipun saya sudah pernah mengikuti kelas DIK ini, pada kesempatan ini saya terus merasa diperbarui. Ada banyak hal yang tidak menjadi perenungan saya, kini saya temukan dalam mengikuti diskusi di grup. Saya merasa semakin mengenal kebenaran Tuhan, mengasihi Dia, dan mencintai pekerjaan-Nya. Pengenalan mendalam yang dahulu belum pernah saya sadari, kini menjadi nilai yang sangat berarti.

Walaupun tidak bisa mengikuti diskusi dengan sangat aktif, saya tetap merasa bangga dan termotivasi sebagai anak muda. Sebagai yang paling muda di grup, saya belajar dari semangat Bapak/Ibu yang ada di grup untuk terus belajar banyak hal tentang kebenaran dan firman-Nya. Semangat muda mereka masih menyala-nyala. Walaupun di tengah kesibukan yang ada, mereka tetap aktif belajar dan berdiskusi.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besar kepada Yayasan SABDA MLC yang telah menjadi wadah untuk kami dididik bersama akan firman Tuhan. Terkhusus bagi para admin dan moderator yang memimpin kami dalam diskusi grup dan sepanjang kegiatan ini berlangsung.

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan 1 minggu kita bersama. Kiranya semangat belajar untuk lebih mengenal Allah Tritunggal kita terus bertambah bagi kita semua. Dan, lembaga SABDA MLC terus dipakai Tuhan menjadi sarana mendidik anak-anak Tuhan supaya memiliki iman yang terang. Bertumbuh terhadap pengenalan akan Allah, mencintai pekerjaan-Nya. Maju terus SABDA MLC. Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua. Amin.

16. Hardi Wiyono

Puji Tuhan sudah mengikuti pelajaran DIK 1 sampai selesai. Pelajaran ini memperkuat pokok–pokok iman yang selama ini kurang dibahas di ibadah gereja sehingga dengan mengikuti kelas ini saya bertambah wawasan. Meskipun kurang aktif dalam menanggapi diskusi dalam grup, saya menemukan bahwa pemahaman peserta ikut berperan dalam menguatkan iman dan mendorong untuk selalu belajar.

Kepada tim SABDA yang menjadi pemandu diskusi dan sebagai admin, saya mengucapkan terima kasih, karena sudah menjadi mentor yang selalu mendampingi dan mengingatkan untuk bergabung dalam diskusi grup. Saya tidak sabar untuk menunggu kelas DIK lanjutan, karena akan semakin diperlengkapi mengenai topik yang lebih mendalam dan lengkap.

17. Titik Kasih Herani

Puji Tuhan sudah bisa menyelesaikan kelas DIK 1 sampai hari ke-5. Terima kasih buat penyegaranya. Saya merasa dibekali lagi dengan Dasar-dasar Iman Kristen, walaupun sejak lahir Kristen, tetapi tetap saja ada hal-hal dasar yang ternyata kita belum tahu. Dan melalui diskusi juga pemaparan peserta yang lain, kita bertambah pengetahuan dan diperkaya dengan jawaban-jawabannya. Kesimpulan-kesimpulan dari diskusi akan saya bikin file tersendiri dan digabung dengan file pelajaran DIK 1. Nanti bisa saya baca-baca lagi buat referensi saya. Terima kasih semua tim SABDA. Tuhan memberkati selalu.

18. Kornelius

Shalom aleichem b'Shem Yeshua ha Maschiach. Puja dan puji syukur kepada Tuhan Yesus atas kasih dan anugerahnya sehingga saya boleh mengikuti DIK 1. Saya sangat terberkati dengan materi atau modul DIK 1 yang diselenggarakan oleh Yayasan SABDA MLC. Awalnya saya belum tertarik mengikuti kelas DIK 1 ini hingga teman komunitas saya merekomendasikan untuk saya ikuti. Setelah saya pertimbangkan, saya memutuskan untuk ambil bagian dalam belajar bersama beberapa teman komunitas saya dan teman-teman di DIK 1.

Selama mengikuti kegiatan belajar dan saling berbagi di kelas DIK 1 - 3, saya sangat terberkati dengan pemaparan atau referensi dari peserta DIK1 - 3 yang saling melengkapi walau ada juga pertanyaan balik yang diajukan para peserta. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Ibu Evie sebagai moderator dan Kak Theresia sebagai admin kami yang sudah memberi semangat dan mengingatkan kalau di antara kami ada yang belum menjawab tugas yang diberikan.

Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan SABDA MLC yang sudah berhasil membawa saya yang awam untuk boleh belajar bersama dan yang memberi pengertian bagi kami semua. Kiranya kasih karunia Tuhan Yesus Kristus memberkati seluruh agenda atau kegiatan Yayasan SABDA MLC ke depan dan semakin memberkati banyak orang. Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua.